10 Penyanyi Perempuan Terfavorit

Hayley Williams
Ada banyak sekali penyanyi perempuan yang hebat di dunia ini, dari jaman Billie Holiday hingga Taylor Swift terdapat ribuan penyanyi yang berhasil unjuk gigi dengan kemampuannya yang diatas rata-rata serta sebagian mempunyai karakteristik yang unik. Namun diantara semuanya pasti setiap orang punya selera berbeda-beda dalam memilih siapa salah satu diantara mereka yang akan selalu ada di playlist mereka, dan dalam tulisan ini saya hanya sharing tentang penyanyi/vokalis perempuan yang selalu ada di playlist saya sendiri, mungkin salah satu penyanyi favoritmu pun ada disini ? isikan pendapatmu tentang mereka juga ya !


10. Gita Gutawa

Salah satu penyanyi negeri sendiri yang saya paling sukai karena keunikan suaranya yang selalu lembut menggunakan falsetto-nya dan transisinya pun sangat transparan seperti mengalir mudah saja ia meloncat-loncat nada. Tanpa memanfaatkan kepopuleran ayahnya sebagai komposer, Gita Gutawa berjalan menuju sukses di Indonesia dengan mudah berkat kehebatannya melompati nada-nada dan jangkauan vokal yang tinggi pun menjadi modalnya mendongkrak namanya kedalam salah satu penyanyi perempuan terbaik Indonesia.

9. Avril Lavigne

Anak-anak 90an pasti dulu pernah mengidolakan penyanyi pop-punk yang dulu sangat digilai remaja 90 atau bahkan sampai sekarang ? nah saya adalah salah satu kategori yang masih mengagumi Avril Lavigne sampai sekarang karena cara ia menyanyikan lagu-lagunya itu yang bisa membuat kita dengan mudah menyukai sosok Avril Lavigne. Awalnya saya biasa aja dengan performa Avril diatas panggung selain keunikan dari sisi karakter vokalnya, tapi iseng-iseng saya searching yang live di Budokan ketika itu juga saya lebih menyukai Avril dan saya dibuat terpaku saat teknik head voice dinyanyikan. Gak sampai disitu aja, Avril pun ternyata memiliki power yang luar biasa meskipun jarang ia tunjukan di beberapa lagu serta vokal range yang tinggi pula menambah alasan saya menyukai Avril.

8. Amy Lee

Dibanding penyanyi perempuan lainnya, Amy Lee memiliki karakter vokal yang lebih berat dan sering menggunakan nada rendah yang mungkin ini adalah salah satu keunikan dari Amy Lee yang berkarakter berat dan gelap karena untuk seorang wanita sangat jarang yang mempunyai tipe suara seperti Amy Lee. Berkarir bersama Evanesence, ia menjadi inti dari personil Evanesence karena tanpa kemampuan vokalnya mereka gak mungkin menciptakan hits seperti My Immortality ataupun Lithium. Style nya pun sangat Catchy, dengan gaya gothic-nya dan tak jarang banyak orang yang menyebutkan bahwa Amy Lee adalah ratu dari lagu-lagu gothic rock.

7. Elda Suryani

Nama Elda Suryani mungkin nama penyanyi folk atau pop yang paling populer pada dua tahun terakhir karena kehebatannya menciptakan lagu yang bisa bikin kita melayang-layang dan tak lupa dengan suaranya yang menggemaskan namun tetap berani dan dengan gaya bernyanyi yang sangat catchy membuat siapapun yang mendengarnya langsung bisa menikmati. Berkarir sejak 2011 bersama Stars and Rabbit yang terlahir di Yogyakarta, Elda Suryani berhasil memikat hati penikmat musik Indie yang kelasnya pun sudah bisa disebut kelas dunia.

6. Hayley Wiliams

Diantara penyanyi atau vokalis yang tersohor di dunia, mungkin Hayley William adalah salah satu bintang panggung yang jarang diketahui betapa hebatnya ia di atas panggung, karena sungguh saya pun sebelum mengenal Paramore saya mengira Hayley William adalah vokalis band punk rata-rata saja, tapi setelah menyusuri Paramore saya dibuat tercengang dengan kemampuan vokalnya yang selalu membayar lebih ekspektasi saya, kamu bisa langsung cek dalam lagu All I Wanted atau Ignorance milik Paramore sendiri yang cukup membuktikan jika Hayley William adalah penyanyi yang sangat luar biasa. Selain itupun parasnya yang cantik dan tomboy, rambut warna-warninya yang catchy banget serta penampilan yang sangat menguasai panggung membuat Hayley mudah digemari.

5. Yui Yoshioka

Penyanyi senior solo asal jepang ini pasti gak asing lagi buat para pecinta Anime karena faktanya Yui banyak mengisi soundtrack Anime jepang salah satu yang paling terkenal adalah saat ia mengisi vokal di soundtrack Full Metal Alchemist yang nunjukin kualitas rock dari suaranya yang lembut. Meski vibrato bukan tipe yang melekat pada suaranya, namun suaranya yang halus dan manja bikin siapa aja rindu pengen denger lagi dan lagi.

4. Patsy Cline

Mungkin sebagian besar dari pembaca gak tau siapa sih Patsy Cline ? namun penggemar musik klasik pasti akan mengenal dengan baik nama itu, Patsy Cline adalah penyanyi Country yang sangat terkenal di tahun 50an. Selama ini saya mengenal Patsy Cline adalah penyanyi yang mempunyai ekspresi emosional yang luar biasa, tone suara yang kaya, dan suara yang tebal. Bukan hanya itu ia mempunyai keunikan sendiri pada vokalnya yang gak dimiliki penyanyi lainnya dan cara ia menyanyikan setiap lagu Country yang ia nyanyikan mempunyai gaya sendiri, jadi jika ada yang muter lagu Patsy Cline yang saya belum denger pasti saya bisa langsung ngeklaim “ini pasti Patsy Cline nih !”. karena saking luar biasanya Patsy Cline dimata saya, jika ada yang bertanya siapa penyanyi Country terbaik sepanjang masa ? saya akan jawab Patsy Cline.

3. Celine Dion

Disebut-sebut sebagai The Voice of an Angel karena suaranya yang begitu indah dan menggetarkan hati apalagi diiringi aransemen musik yang indah nan megah serta lirik romansa klasik yang selalu bikin memorable, Celine Dion adalah Diva pop dunia yang akan membuat kamu jatuh cinta bahkan saat pertama kali mendengar vokalnya. Vocal range yang tinggi, suara yang powerful namun sangat merdu, malah menurut saya diantara seluruh Diva dunia Celine Dion lah yang paling lembut, gak salah jika ia selalu membuat terperanga di setiap kali perform dan setau saya  Celine Dion gak pernah gagal atau membuat kesalahan setiap ia perform diantara ribuan mata.

2. Suzuka Nakamoto

Dari semua nama yang ada di list ini, Suzuka Nakamoto adalah penyanyi pendatang baru banget ya meskipun dia dari bocah udah gabung idol grup jepang bernama Sakura Gakuin. Ceritanya dari idol grup tersebut, mereka memecah kembali menjadi sub grup, salah satunya BABYMETAL dan Suzuka berperan sebagai lead vocal. Dari mukanya sih emang gak meyakinkan kalo dia penyanyi yang fantastis tapi itulah twist dari Suzuka, dengan muka ‘Baby’ namun power dari suaranya begitu hebat sampai saya terkagum-kagum kok bisa kuat banget sih seorang penyanyi yang dasarnya J-pop jatuh kedalam genre metal yang penuh dengan ‘kengerian’. Pertama lihat doi bawain lagu Amore, saya menduga akan terjadi voice crack tapi saya salah, selama ia berkarir bersama BABYMETAL gak pernah satupun saya denger suaranya crack atau suara ‘capek’ gila gak tuh powernya ? padahal sebagian lagu menyangkut range dan power yang sangat tinggi untuk dicapai, hmmm ternyata dibalik muka polosnya …

1. Björk

Jika kamu googling tentang Bjork, pasti kamu akan berpendapat “ini mah Melly Goeslaw banget !” memang soal style ia mirip dengan Melly Goeslaw yang membuat saya berpendapat ini pasti inspirasinya Melly Goeslaw, namun gaya musik yang dibawakan oleh Bjork sangatlah berbeda, karena ia membawakan musik Pop Experimental atau Art Pop layaknya lukisan Abstrak, lagu yang dibawakan oleh Bjork pun jarang banyak orang yang mengerti apalagi menikmati musiknya, namun saya adalah salah satunya yang sangat menikmati musik-musiknya Bjork. Dari segi vokalnya sendiri, Bjork adalah contoh sempurna dari seorang penyanyi, karena semua teknik bernyanyi ia sangat matang menguasainya, nada rendah, tinggi, head voice dan teknik lainnya yang jarang atau bahkan gak pernah digunakan penyanyi lainnya (saya kurang tau nama tekniknya) yang bukan suatu masalah lagi baginya, hal ini membuat Bjork sangat digemari oleh sebagian orang karena keunikan yang dimilikinya. Selain itu lagunya pun terkenal dengan lirik yang gak mudah dimengerti dan perlu penalaran lebih lanjut untuk mengerti apa yang disampaikan oleh Bjork. 

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment