11 Lagu Slipknot Terbaik Sepanjang Sejarah

Slipknot adalah suatu Band Nu Metal asal Iowa yang terkenal dengan penampilan panggungnya yang selalu menggunakan topeng menyeramkan sesuai lagunya yang juga menyeramkan. Slipknot disebut-sebut sebagai salah satu band Nu Metal terbesar sepanjang sejarah, karena mereka berhasil menciptakan gaya mereka sendiri dalam sub Genre Nu Metal seperti menciptakan lagu dengan gaya Rap namun bukan memakai clean vocal, namun berteriak ! dan juga mereka memiliki cukup banyak personil yang masing-masing memegang Gitar, vocal, perkusi, turntable, keyboard dan, alhasil mereka berhasil menyatukan semua elemen itu menjadi suatu lagu yang berkelas dan 'Gila'.
Selama karirnya sejak tahun 1999 mereka telah menghasilkan 5 album studio, dan saya dalam postingan kali ini menuliskan tentang 11 Lagu Slipknot terbaik sepanjang sejarah yang telah saya rangkum dari banyaknya lagu yang telah mereka ciptakan.



11. (SIC)
Judul lagu yang cenderung aneh dan saya sendiri belum mengerti apa arti dari kata SIC sendiri dan mengapa di kasih tanda kurung ? apakah singkatan atau sesuatu sindiran ? entalahlah, namun lagu ini menurut saya menceritakan tentang konflik yang banyak disebabkan manusia karena disebutkan dalam bait “I’m Sick of it, you’re going down, This is a War !!” yang berarti sang penulis menyebutkan bahwa ia lelah dengan semua ini dan ini hampir menuju perang, dengan pembawaan yang keras dan cepat lagu ini membuat kita terbawa dengan sendirinya oleh iringan musiknya.


10. Disasterpiece
Lagu yang satu ini adalah salah satu lagu paling ‘Heavy’ yang pernah ditulis oleh Slipknot, Liriknya fokus membahas berbagai keadaan sosial dengan bahasa yang kasar sama seperti alunan musiknya yang sangat keras dan hard listening, saat pertama kali meluncurkan video klipnya, Disasterpiece dapat menduduki angka 1 billbord chart di negara Finland, sebuah prestasi yang membanggakan band metal sekeras Slipknot bisa menduduki chart nomor 1 pada tahun itu di rilis.


9. The Negative One
Datang Dari album barunya The Gray Chapter, The Negative One langsung menjadi hits pada billboard musik metal dunia, karena setelah sedikit ‘longgar’ dalam album sebelumnya All Hope is Gone, dalam album ini Slipknot kembali menunjukan sisi agressive nya yang maksimal seperti pada album Slipknot dan salah lagunya adalah The Negative One ini dengan tempo yang lebih cepat serta gak ada clean vocal dari Corey Taylor sepanjang lagu ini dan lagu ini juga yang satu-satunya menjadi dobrakan bagi Slipknot kembali seperti masa-masa mudanya dulu karena mendengar vocal Corey Taylor pun saya sudah sangat kagum ia masih sekuat itu.


8. Eyeless
Dalam lagu Eyeless terdapat banyak hal yang menarik dan gila seperti Final Riff-nya yang tak henti-hentinya menggempur yang mendengarnya untuk mengajak headbang dan hal yang paling gila adalah performa Corey Taylor yang terdengar menyanyikan seperti benar-benar gila, menurut saya Corey Taylor sangat total dalam Scream dan ciri khasnya betul-betul diperlihatkan dalam lagu ini karena saat teriakan “Motherf*cker !!” yang sangat terkenal itu menjadi klimaksnya kegilaan dalam lagu ini.


7. Vermillion & Vermillion, Pt.2
Slipknot memperlihatkan sisi emosionalnya pada Album Subliminal Verses dalam lagunya yang mempunyai 2 Bagian, Vermillion adalah versi Nu Metalnya dengan alunan yang berat dan lirik yang memeras emosi dan Vermillion Part 2 adalah masih bagian dari kisah Vermillion atau ada yang menyebutkannya lanjutan cerita dari kisah di Vermillion. Berbeda dari ‘kakaknya’ yang kental akan Nu Metal dengan alunan yang berat, Vermillion Pt.2 adalah lagu yang di iringi dengan akustik, violin dan keyboard serta kita bisa mendengar jelas vokal baritone nya Corey Taylor, perlu dicatat bahwa dalam lagu Vermilion sangat terasa emosi dan depresifnya pada saat menit-menit akhir yang menurut saya part terbaiknya.



6. Spit it Out
Mungkin hanya lagu ini yang live concertnya selalu lebih asik ketimbang studionya, karena saat Corey Taylor meneriakan "Jump the F*ck up !!" disitulah klimaksnya lagu ini dan pasti penuh dengan riuh kegilaan, sebuah pengalaman Epic bagi yang pernah nonton show mereka. Semua member Slipknot dalam lagu ini semua berperan dominan, sepertinya juga Sid Wilson (Turn Table) dan Craig Jones (Keyboard) sangat menggila dalam lagu ini, penuh dengan efek electon. Corey Taylor pun dalam lagu ini unjuk gigi akan kemampuan Scream sambil nge-Rap. Pokoknya ini lagu wajib Slipknot deh, karena semua orang pasti menunggu saat-saat JUMP THE F-CK UP !!!!


4. Wait and Bleed
Simple dan Singkat, adalah lagu Wait and Bleed meski berdurasi sekitar 2 menit setengah Slipknot berhasil membuat pendengarnya Headbang sepanjang lagu, karena lagu ini termasuk lagu yang mudah digemari oleh siapapun yang suka genre keras dan saya sangat menyukai saat setelah Scream nya Corey Taylor dan masuk clean vocalnya yang begitu intresting.


5. People=Shit

“Are you Ready ?? I said, are you fucking ready ??? We’re all going down in history, People, Equal, Shiiiiittt !!!!” ucap Corey Taylor sebelum membawakan lagu ini, lagu yang artinya orang-orang sama dengan kotoran ini mempunyai arti tentang kritik sosial terhadap pemerintah atau orang-orang yang melakukan tindakan yang melahirkan musuh untuk dirinya sendiri, liriknya sendiri di tulis oleh sang ‘Badut’ Shawn Crahan yang sedang merasa frustasi tentang keadaan dunia saat ini seperti korupsi, peperangan dan kebodohan.


3. Duality
Duality adalah lagu yang paling digemari oleh para metalhead sekalipun ia bukan penggemar Nu Metal, lagu ini sangat mudah dinikmati oleh semua metalhead karena banyak hal seru dalam lagu ini diantara lain rap nya Corey Taylor yang terdengar datar-datar saja namun menjadi keunikan dalam lagu ini yang mungkin lagu ini adalah clean vocal terbaiknya Corey Taylor dan jangan lupakan suara gentong pada Riff-riff nya yang menjadi suatu ciri khas nya Duality.


2. Psychosocial
Menurut saya Psychosocial adalah Riff terbaik dalam Slipknot yang menggunakan teknik Pinch Harmonics, karena dari awal kita sudah dikejutkan dengan Riff awal dan di buat Headbang oleh Riff selanjutnya, dan yang paling ‘edane’ di Psychosocial adalah saat Corey Taylor dan kedua Backing Vocalnya (si Tengu dan Badut) meneriakan “The Limit Of the Dead !!!” bersamaan pada tengah lagu dan akhir lagu.


1. Surfacing
Dalam posisi puncak dalam lagu terbaik sepanjang sejarah karir Slipknot diisi oleh Surfacing, karena semua personil band ini dari mulai drum, perkusi, gitar, bass, turntable, keyboard dan vocal menurut saya semuanya mempunyai peran dalam lagu ini, semuanya sangat menonjol dan semuanya menunjukan kegilaan mereka masing-masing dalam lagu ini. mungkin jika yang belum biasa mendengar lagu-lagu seperti Surfacing yang tergolong Hard Listening akan terasa aneh, namun percayalah saya gak salah masukin Surfacing ke yang terbaik karena sempurnanya lagu ini yang mungkin hanya Slipknot saja yang bisa membawakan Surfacing.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

7 comments:

  1. keren brad, jika butuh refrensi silahkan kunjungi blog saya 😁 INFO SEPUTAR DUNIA METAL http://adiariadi5.blogspot.com , kumpulan brita musik metal terupdate

    ReplyDelete
  2. Spit it out kok gak ada.. Padahal itu populer banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kseukaan gua tu.. lagu favorit

      Delete
    2. Susah sih bro nentuin 11 besar lagu terbaik slipknot, next time saya pikir2 lagi deh emang asik banget tuh si corey sama ai craig jones mainnya

      Delete