10 Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Sejarah

Terdapat ratusan bahkan ribuan yang memiliki kemampuan secara techincally hebat seperti kecepatannya bermain gitar atau bisa menguasai berbagai teknik-teknik bermain gitar, namun sedikit diantara mereka yang memiliki kemampuan khusus yaitu feel dan kreatifitasnya membuat nada-nada yang unik bahkan terdengar aneh.
Dalam list Gitaris terbaik dunia ini saya merangkumnya bukan hanya dari kehebatan doi secara teknik dan kecepatan jari-jarinya, melainkan point penting yang saya masukan adalah bagaimana hebatnya ia menulis lagu dan menciptakan feel bagi yang mendengarkannya sekuat apa karena hal ini yang mungkin seorang gitaris bisa disebut legend maupun dewa.


10. Slash

Siapa yang gak kenal dengan Slash ? yup, mungkin Slash adalah gitaris rock yang paling populer/terkenal sepanjang masa, alasannya cukup simpel, ia berhasil membuat orang mudah jatuh hati karena nada-nada rock yang catchy dan memorable karena itulah spesialis dari Slash, sebut saja karyanya seperti Sweet Child o’ Mine, Anastashia ataupun November Rain. Tak lupa dengan teknik pentatonic yang selalu melekat dalam setiap solonya.


9. Michael Angelo Batio

Kalo ngomongin dia tuh bawanya emosi, selalu pengen ngata-ngatain F Word atau kata-kata kasar lainnya, coba aja liat video diatas dan lihat kecepatan tangannya yang impsibru banget buat kamu tiru, itu mengapa ia sering disebut sebagai Speed God atau dewanya kecepatan tangan gitar. Gak sampai disitu kebangsad-an yang ia lakukan, dia bisa bermain dengan 4-neck gitar sekaligus !!! yang bener aja lo kamvret, gila banget nih orang !!


8. Randy Rhoads

Namanya mungkin gak seterkenal Steve Vai ataupun Jason Becker, namun setelah Ozzy Osbourne, vokalis Black Sabbath mengajaknya nge-Jam bareng ia menjadi sangat terkenal setelah mengisi solo-solo di band barunya, Ozzy Osbourne karena gak hanya masalah kecepatan, ia mempunyai nada-nada yang dalam serta kickass banget, membuat lagu-lagu yang diisi oleh ia terasa begitu megah dan berat.


7. Yngwie Malmsteen

Sosok inilah yang pertama kali membuat saya ‘nafsu’ banget sama gitar, yup waktu umur 15 tahun saya dicekok om saya sama video arpeggio gila dari Yngwie Malmsteen. Bukan hanya kecepatannya yang membuat saya kagum, scale nada yang jauh-jauh membuat saya terpaku diam menatap tangan kirinya bermain kesana kemari sesukanya. Bagi pecinta Neo-Classical pasti setuju jika Yngwie Malmsteen adalah gitaris yang paling difavoritkan, karena doi mainnya ­feeling banget, ditambah efek gitarnya yang catchy serta gak kalah menariknya dengan gitar fender kuning yang selalu lekat dalam tangannya.


6. Joe Satriani

Orang mengenalnya sebagai guru dari para shredder dunia, bagaimana tidak gitaris Metallica, Kirk Hammet dan sang soloist gila, Steve Vai pernah berguru padanya sebelum ia menjadi sekeren sekarang. Ciri khas-nya selalu membawakan Rock-fusion, entah di-fusion dengan apa itu pokoknya ia seperti bereksperimen sendiri dengan musik-musiknya.


5. David Gilmour

Mungkin kecepatannya gak secepat seorang shredder, namun ia memiliki nada-nada yang selalu ‘ngena’ ke dada, itu alasan mengapa banyak orang yang hanya mendengar ia memetik senar langsung dibuat terdiam karena kalo makanan tuh kerasa banget nikmatnya, dari aroma hingga rasanya dengan komposisi yang simpel namun memiliki rasa yang dalam bahkan jika yang sudah kena feelnya banget katanya solo David Gilmour dapat membawamu ke fantasi lain.


4. Steve Vai

Saat pertama kali muncul sebagai shredder yang digilai banyak orang saat itu, banyak orang juga yang nge-judge “Steve Vai hanya main ribuan nada tanpa perasaan, hanya sekedar kecepatan yang ia punya” namun setelah ia merilis solo gitar ciptaannya yang berjudul For the Love of God, ia menerka semua orang yang mengatakan hal tersebut, dan saya sangat yakin jika kamu mendengar lagunya saat detik pertama pun kamu sudah merasakan perasaan yang nikmat dalam nada-nadanya meskipun jeritan gitar dan permainan wah yang super masih ia gunakan. Intinya Steve Vai, guitar technical Ok ... feeling Ok abisss ... Wah Insane !!


3. Eddie Van Halen

Ingin belajar tapping guitar ? coba tiru dulu permainan om Eddie ini deh, bukan hanya soal teknik tapping yang cepat, namun nadanya selalu terasa epic dan membuat kita berapi-api dibuatnya karena penampilan doi yang selalu membara dengan hanya menekan-nekan string dan memainkan tremolo. Berkarir bersama band Van Halen, Eddie berhasil membuat sebuah karya yang luar biasa bahkan katanya The Greatest Guitar Solo of All Time dalam lagu Eruption.


2. Jimi Hendrix

Disebut-sebut sebagai musisi terpenting di dunia dalam sejarah musik rock, Jimi Hendrix adalah seorang kidal yang berhasil membuka mata dunia terhadap musik rock berkat kehebatannya ia menciptakan gitar ditambah kemampuan dan kecepatannya ia bermain, mungkin seperti umumnya yang kita tau gitaris-gitaris yang memiliki kecepatan, terlahir pada era 80an namun siapa sangka Jimi Hendrix pada era 60 memiliki kecepatan yang luar biasa bermain gitar meskipun gitar listrik masih terdengar baru saat itu dan ada 1 teknik yang paling unik yang pernah diciptakan oleh gitaris dunia yaitu teeth picking atau memetik gitar menggunakan gigi atau bahkan menjilatnya. Kalo soal Feel mungkin gak usah ditanyakan ya sang bintang rock terbesar dunia ini.


1. John Petrucci

Coba saja jika John Petrucci lahir di sebelum abad ke-20 mungkin ia akan diingat sebagai komposer klasik yang disandingkan dengan Mozart, Vivaldi ataupun Rosini karena di era elektrik sekarang, dia berhasil membuat musik-musik yang luar biasa yang jarang banget bahkan sangat langka mempunyai gaya bermusik yang seaneh, segila dan sebaik Petrucci. Mungkin Shredder dunia umumnya membuat lick gitar dan mengisinya dengan solo, namun Petrucci gak sekedar itu, musiknya jauh dari nalar manusia biasa, terutama time signature nya yang terdengar seenaknya sendiri mengganti ketukan ataupun transisi nada namun tetap gokil dan gila, gak percaya ? coba cek video dibawah yang ditunjukan oleh Mike Portnoy.
Meskipun kalem-kalem aja waktu manggung, tapi secara teknik dan kecepatan pun dia sangat sangat sakit, mungkin karena itu gak ada yang berani duelin John Petrucci dengan gitaris lainnya soalnya feeling dapet, teknik dapet, composing music­-nya hebat banget, dan yang paling penting adalah signature-signature-nya yang imposibru kita ikutin.
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment