10 Grup Musik / Band Terbaik di Indonesia

Sebelumnya saya minta maaf karena dalam tulisan atau list ini gak memuat band Indonesia sebelum tahun 80an karena saya sendiri lahir pada dekade 90 jadi saya gak terlalu mengenal band Indonesia angkatan Koes Plus, The Rollies ataupun Godbless. “loh tapi kok tau Black Sabbath dan Mayhem ?” iya alasan itu karena saya sekarang hidup di zaman Internet jadi tiap saya cari lagu-lagu kriteria saya munculnya mereka-mereka deh.
Ok kembali ke pembahasan utama, jadi saya membuat list ini tujuannya untuk mengurutkan band-band dengan pencapaian yang luar biasa (khususnya yang berjalan di Major Label) mulai dari karya nya, penampilan panggung hingga kekompakan mereka menjadi satu kesatuan dibawah nama band mereka masing-masing dan yang pasti band-band dibawah ini gak pernah lekang oleh zaman. So, langsung aja simak Listnya, 11 Band Indonesia Terbaik !


10. Naif
Terkenal dengan musiknya yang kalem-kalem adem, Naif adalah grup musik asal Jakarta yang dibentuk pada tahun 1993. Mereka berhasil menciptakan Hits-hits yang terdengar begitu sederhana, berisi namun sangat harmonis. Naif pun memberi warna berbeda dengan adanya lagu seperti Mobil Balap dan Piknik 72 yang menonjolkan sisi komedi dan enjoynya lagu-lagu mereka. Setelah membaca sejarah terbentuknya Naif, ternyata mereka awalnya hanya iseng-iseng loh dimulai dari mahasiswa yang malas mengerjakan tugas malah gigitaran dan akhirnya menciptakan sebuah karya dan boom !! mungkin dari ini juga kita bisa belajar bahwa mimpi terkadang terwujud dari iseng-iseng dan berlanjut menjadi kegigihan seperti mereka.

9. Nidji
Konsep nama Nidji sungguh kreatif, karena memiliki analogi merefleksikan warna musik mereka yang beragam namun bisa membiaskannya kedalam satu warna musik dan jika yang belum tau arti kata Nidji diambil dari bahasa Jepang yang berarti pelangi, Wow ! menurut saya warna musik Nidji seperti musik-musiknya Coldplay dan The Calling karena bisa dirasakan sendiri permainan keyboard dan suara vokal Giring sama kriterianya seperti Chris Martin, kecuali pada liriknya yang sering bertemakan cinta. Saya pun sempat dikagetkan oleh masuknya lagu Nidji yang berjudul Laskar Pelangi masuk kedalam 500 lagu Indonesia terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone, Wow !

8. Padi
Dari semua nama band dalam List ini, saya paling suka nama Padi karena kata yang singkat dan simple itu mengandung begitu banyak arti dan filosofi didalamnya. Jika kamu suka musik-musik Radiohead, Oasis atau Pearl Jam pasti kamu suka musik Padi juga dengan mengusung genre Pop-Rock, Padi sering disebut sebagai Oasisnya Indonesia. Ditanya soal penghargaan ? hampir tiap tahun khususnya diacara AMI awards ada Padi di tiap nominasi dan hasilnya memuaskan, segudang prestasi hingga berkolaborasi dengan musisi luar negeri pun sudah pernah ia jalani berkat musik-musiknya yang berisi dan kompleks dalam permainan gitarnya.

7. Kahitna
Kalo kata project pop sih “gara-gara Kahitna kita punya cerita cinta” haha memang benar jika diasumsikan begitu karena mulai dari musik galau, jatuh cinta hingga patah hati semua ada di Kahitna maka jika kamu mengikuti lagu-lagu Kahitna itu semacam kisah-kisah cinta atau perjalanan cinta. Dimuat dengan lirik yang padat dan simple, aransemen musik romantis berkat adanya sang keyboardist atau pianis handal Indonesia, Yovie Widianto serta suara vokal sopran dan alto yang selalu menggugah hati, jadi tak jarang jika musik-musik Kahitna cepat disukai oleh orang-orang karena komposisi musik yang begitu memikat dan gayanya pun sangat original punya Kahitna sendiri.

6. Sheila on 7
Berawal dari mimpi sekelompok anak-anak SMA di Yogyakarta, berkat kegigihan dan kecerdasannya dalam meramu lagu sederhana menjadi luar biasa dan memorable itulah Sheila on 7, ngomongin diluar itupun Sheila on 7 adalah band yang sangat kompak karena mereka jarang mengubah-ubah formasi personil mereka. Alunan musik yang kalem, drum yang agak jazzy dan permainan gitar yang ngeblues banget menjadikan genre musik Sheila on 7 sulit dijelaskan, yang pasti mereka bermain sangat baik sebagai sebuah kesatuan band dan musik-musiknya sangat mudah dicerna dan dinikmati.

5. Gigi
Gigi terkenal dengan personilnya yang sangat hebat, mulai dari sang vokalis Armand Maulana yang suaranya ala2 Myles Kennedy dan Kurt Cobain, Drummernya juga yang masuk kedalam salah satu drummer terbaik Indonesia dan jangan lupakan sang gitaris Dewa Budjana yang menurut saya gitaris Indonesia terbaik sejauh ini karena jika ia mulai nge-Kromatik beuhh, bahkan saya berani menjuluki John Petrucci nya Indonesia. Dilihat dari nama band yang nyentrik, musik-musiknya pun ikut nyentrik dengan mengusung genre Rock, Gigi mempunyai warna lagu Rock sendiri dan sangat berciri khas hingga kamu jika mendengar beberapa detik lagu Gigi yang kamu belum tau, pasti kamu udah nebak “Ini pasti lagu Gigi nih”.

4. Jamrud
Lahir dari kota tempat tinggal saya, Cimahi pada tahun 1990 namun mereka awalnya terbentuk pada tahun 1984 dengan nama Jamrock sebelum mengganti personil dan nama menjadi Jamrud. Jamrud adalah salah satu band yang banyak mengambil genre musik dari mulai Thrash Metal, Hard Rock, Alternative Rock, Slow Rock hingga Hardcore namun yang pasti mereka mempunyai gaya musik yang Catchy yaitu banyak dari lagu-lagunya yang mengandung unsur komedi dari liriknya yang sedikit menyeleneh seperti di lagu telat 3 bulan. Dan menurut saya puncak jayanya mereka ada pada lagu Pelangi Dimatamu yang menurut saya adalah salah satu lagu terbaik Indonesia sepanjang masa, dengan lirik yang romantis namun kuat dan gak lebay, Pelangi dimatamu berhasil menjadi lagu paling populer di Indonesia sepanjang masa, gak cukup sampai disitu mereka pun mendapat predikat sebagai band dengan penjualan album musik rock terlaris sepanjang masa !

3. Peterpan
Yang lahir tahun 90an pasti deh dulu pernah punya kaset atau vcd nya ya kan ? bagaimana kita gak jatuh cinta sama musik-musik dari peterpan mengingat mereka membuat lagu dengan sederhana namun sangat enak di dengar, liriknya pun ditulis dengan begitu puitis, sederhana hingga kita mudah mengingatnya dan Peterpan mempunyai vokalis yang sangat berkarakter dengan serak dan beratnya siapa lagi jika bukan Ariel. Dibentuk pada tahun 2000, mereka ber-6 berhasil menjadi grup band nomor 1 di Indonesia pada saat masa puncak kejayaannya tepatnya pada era album Taman Langit, Bintang di Surga dan Alexandria hingga pada tahun 2006 mereka mengalami perpecahan yaitu keluarnya sang Keyboardist dan Bassist namun mereka masih merilis album yang saya sangat suka yaitu Hari yang Cerah, hingga tahun 2012 mereka mengganti nama dengan nama Noah dan kedatangan Keyboardist baru, David memberikan warna baru juga untuk musik-musik mereka namun saya kurang suka musik Noah sekarang, saya tetap lebih menyukai musik orisinilnya Peterpan.

2. Dewa 19
Rolling Stone menempatkannya kedalam 25 artis Indonesia terbesar sepanjang masa dan banyak yang mengakui bahwa Dewa 19 adalah ikonnya sejarah musik Indonesia karena bisa dianalogikan bahwa Dewa 19 adalah akar berkembangnya musik-musik pop Indonesia hingga saat ini karena terbukti dari banyaknya penghargaan atas nama Dewa 19 yang telah dicapai, saking banyaknya saya gak bisa nyebutin satu per satu hanya yang paling bergengsi menurut saya adalah albumnya masuk kedalam majalah Rolling Stone di kategori album Indonesia terbaik sepanjang masa. Meski saat ini mereka sudah bubar, namun karya-karya mereka selalu menjadi hits lagu pop Indonesia karena dilihat dari sejarahnya pun mereka sangat sering merubah-ubah formasi band namun dalam lingkup perorangan, mereka tetap sukses dengan karirnya seperti Once dan Ari Lasso yang berhasil menjadi penyanyi papan atas Indonesia, gitarisnya Andra Junaidi yang sukses dengan band barunya Andra and the Backbone dan masih banyak lagi.

1. Slank
Mungkin seluruh penjuru Indonesia udah gak asing sama yang namanya Slank, dari mulai acara dangdut, konser band lain, acara selebrasi apapun itu pasti ada bendera Slank berkibar bahkan tak jarang saya lihat di stadion pun bendera Slank masih berkibar. Ngomongin soal musiknya, memang Slank gak ada abisnya ! epik, dalam, bermakna dan komposisinya berkualitas dunia ! gak salah jika saya menempatkan Slank di peringkat pertama dalam list ini. Di Gawangi oleh Kaka, Bimbim, Ivanka, Ridho dan Abdee Negara mereka berhasil menjadi band Rock terbesar di Indonesia yang berkarir sejak 1983 yang musiknya dipengaruhi oleh gaya-gaya Rolling Stones dan Kiss. Yang saya salut lagi sama mereka adalah musik-musiknya yang gak akan termakan oleh zaman mengingat musisi Indonesia selalu naik daun cepet dan turun lagi juga cepet tapi Slank engga, itu sebabnya Slank adalah ikon musik Indonesia.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

47 comments:

  1. Replies
    1. Menurut saya sih musik2 Slank pengaruhnya lebih besar bro

      Delete
  2. Mantap review-nya gan. Kesepuluh band trsbut kren2. Btw, sya suka sma Noah, Gigi, and Nidji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan *brofist mereka memang merajai era 2000

      Delete
  3. Btw Sheila on 7 lh islam the best

    ReplyDelete
  4. Kalau dr sisi skill si gigi dan dewa berada diatas rata dhani, andra, yuke, once, dan tyo udah kyak dream team aja. Gigi ada dewa bujana, armand, thomas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yea bener banget, Dewa Budjana tuh Petrucci nya Indonesia

      Delete
  5. menurut band paling keren dulu peterpan slankz dewa19 band sangat berkualitas

    ReplyDelete
  6. slank tetep no 1,, lagu nya merakyat banyak ngajarin orang tentang kehidupan,, pokoknya slank tetep mantep.. Hidup SLANKERS

    ReplyDelete
  7. Slank tetep no 1 dan berpengaruh besar terhadap tanah air..dan selalu menebar virus perdamaian
    #piss#slankers

    ReplyDelete
  8. Maaf, saya rasa semua setuju jika SID dan burger kill dimasukan ke daftar, lagu mereka mengharumkan nama Indonesia di Kancah internasional sampai eropa dan amerika, yang disebut diatas mentok2 cuma australia dan asia tenggara aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh slank sejak tahun 2000 bahkan hingga 2008 dan 2009 udah tur australi tur amerika bahkan rekaman album internasional di amerika

      Delete
  9. Noah ttp paling kren
    Ga ada saingan nya

    ReplyDelete
  10. Slank f13 penggerak peradaban musik indonesia

    ReplyDelete
  11. Dewa musiknya paling berkelas.
    Yg lain 1.dewa 2.slank yg lain musikalitasnya masih standart. Yg bilang noah itu anak jaman now gak paham musik. Pahamnya cuman coli

    ReplyDelete
  12. Dari segi penghargaan mungkin Dewa 19 yang unggul. Tapi dari epiknya musik dan lirik, saya rasa Noah atau Peterpan yang layak menjadi nomor 1. Ini menurut orang-orang yang suka memperhatikan dari segi musik dan lirik. Dari segi ketenaran, Peterpan pun masih unggul. Terbukti sampai sekarang pun masih sangat anfusiaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. What?? Noah?? Jauh bngt bro di bandingin sm dewa dr segi lirik & musik contoh lirik & aransemen musik roman picisan, Trs lagu kangen usia tuh lagu sampai 50thn gw rasa msh enak di dngr, Noah atau pun Peterpan di album pertama aja, gw udh bosen ngedengernya..

      Delete
    2. Jauh bos liriknya dewa banyakan puitis, ngawur kli di bandingin dari musik

      Delete
    3. Peterpan/Noah juga puitis bos dia juga masih terbaik

      Delete
  13. hanya slank group band yang beda lagu.ada sosial, politik, cinta. Kalau yg lain lagu cinta mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewa juga sama kyk slank lagunya yg lu sebutin,pasti ndk pernah denger album dewa

      Delete
  14. Bukan baladewa tp kyknya yg lbh cocok no 1 dewa 19 deh

    ReplyDelete
  15. Sekali Slank selamanya tetap Slank no 1

    ReplyDelete
  16. Perasaan dari 2005 sampai 2014 ungu sering mendapatkan penghargaan dari ajang musik award, harga panggungnya juga melampaui nidji, jamrud. Wkwk

    ReplyDelete
  17. Sheila on 7 yang no 1👍👍👍

    ReplyDelete
  18. Semua Band Band indonesia Tersebut memang punya banyak lagu yang enak didengar. Tapi jika dilihat dari semua karya" tersebut mungkin lagu lagu dari Band Peterpan/Noah yang kebanyakan lagunya ditelinga enak di dengar.

    ReplyDelete
  19. harusnya ada Ungu, ungu adalah salah satu band terbaik juga di indonesia, lagu ungu banyak yang jadi hits ketimbang band-band yang di tulis di urutan 6 ke atas

    ReplyDelete
  20. mestinya ini artikel ditambahi kata pop karena musik tidak hanya satu genre.

    ReplyDelete
  21. Sheila on 7 is the best. Band yg kaya prestasi tp miskin sensasi

    ReplyDelete
  22. Band band lain emang bagus,tapi gw pribadi lebih suka warna musik nya sheila on7.
    Suara vokal duta yg khas,di barengi suara gitar eros yg renyah. Enjoy nyaman !!

    ReplyDelete
  23. Band band lain emang bagus,tapi gw pribadi lebih suka warna musik nya sheila on7.
    Suara vokal duta yg khas,di barengi suara gitar eros yg renyah. Enjoy nyaman !!

    ReplyDelete
  24. Slank lagu nya teriak2 melulu nada nya nggak jelas... Ketukan nya monoton, lirik ny awut2 an.... Chord nya mudah di tebak... personel nya Baca not balok partitur aja mungkin nggak bosa

    ReplyDelete
  25. Peterpan/Noah tetap di hati :)

    ReplyDelete
  26. Dewa 19 is the best , ga ada matinya!

    ReplyDelete
  27. Kangen Band, Coklat, Kotak, Wali
    Meski tidak masuk versi freaklist, atleast mreka terbaik juga bagi saya.
    hehe, Nice info btw min.

    Makanan Khas Imlek

    ReplyDelete
  28. ni saya kasih tahu, band yg musikalitasnya berkelas, liriknya berkelas, vokalnya berkelas, Dewa, padi,gigi, kalau slank itu enak di melodi

    ReplyDelete