11 Rekomendasi Lagu Petikan Gitar untuk Pemula

Dewa Budjana
Bermain gitar pada umumnya ada 2 cara memetik, dengan pick/klaber atau memakai jari kita sendiri karena dengan pick gak memungkinkan kita memetik dua nada sekaligus dengan string skipping yang cukup jauh. Memetik memakai jari memberikan kita suasana yang lebih adem dan menikmati nada yang lembut karena sentuhan jari menghasilkan nada yang gak senyaring saat memakai pick. Ok, jadi bagi kamu yang ingin belajar memetik dengan lancar dan baik, saya merekomendasikan lagu-lagu yang saya gunakan juga untuk latihan memetik gitar dalam tulisan ini 11 Rekomendasi Lagu Petikan Gitar.


Nothing Else Matters by Metallica

Kayaknya lagu ini udah sejuta umat bagi orang yang sedang belajar memetik gitar karena petikan yang simple dan soulful banget banyak orang yang memilih lagu ini untuk mempelajari petikan gitar. Alasan lain, Nothing Else Matters pun mendesak bagi pemetik gitar untuk menggunakan 4 jarinya, hal ini membuat jangkauan petikan menjadi lebih luas dan jangan lupakan juga natural harmonic-nya yang meng-icon banget lagu ini.

Dust in the Wind by Kansas

Ada cerita gak penting dulu, waktu saya metik gitar lagu milik Kansas ini banyak temen saya yang bilang atau langsung masuk nyanyi lagu andra & the backbone, wait a minute, this is minor key man !! memang lagu ini gaya petikannya mirip banget sama lagu Sempurna, tapi lagu ini jauh lebih menarik menurut saya karena dari awal sampai akhir kita seperti dalam sebuah perjalanan menuju sesuatu yang indah, semakin berjalannya durasi lagu ini semakin enak apalagi saat masuk solo biola aaahh that’s the climax !! kamu hanya perlu 3 jari untuk menguasai petikan lagu ini selebihnya tangan kiri kamu hanya bermain chord biasa ko.

Perahu Kertas by Maudy Ayunda

Perahu Kertas, lagu yang sempat populer banget karena perilisannya bareng bersama film adaptasi novel dengan judul yang sama juga dan dibawakan oleh penyanyi remaja yang fresh banget, yap Maudy Ayunda. Lagu perahu kertas ini cocok untuk melatih tangan kamu untuk nge-grip string yang banyak dan chord variasinya bagus untuk dipelajari.

One Last Breath by Creed

Everyone must know One Last Breath ! karena nada-nada yang dibuat Tremonti gak pernah bikin bosen bagi yang udah bisa metik lagu ini, juga lagu ini sangat mudah dimainkan, bagaimana tidak dalam petikannya hanya terdiri 4 chord dasar saja lalu dilanjutkan dengan ‘genjrengan’ power chord biasa pada chorus dan walaaaa kamu bisa menguasai One Last Breath !!

Akhirnya by Gigi

Diantara lagu-lagu di list ini, petikan yang diciptakan Dewa Budjana dalam lagu akhirnya terasa lebih sedih dan lebih mudah diterima oleh siapapun karena kayak wajahnya yang kalem-kalem menghanyutkan haha. Gak ada chord variasi yang terlalu ribet seperti lagu Incubus, lagu ini direkomendasi bagi siapapun yang mau bisa memetik gitar, lagu wajib lah pokoknya :D

When the Children Cry by White Lion

Bagi yang suka aroma ballad, ada rekomendasi nih dari White Lion. When the children cry, seperti namanya lagu ini termasuk lagu sedih karena scale minor sama seperti lagu Gigi yang kerasa banget feelnya dengan petikan gitar sederhana dan gaya rock klasik banget lah, pasti bikin nagih jika kamu sudah mempelajari seluruh petikan gitar lagu ini.

With Arms Wide Open by Creed

Mark Tremonti memang jagonya dalam menciptakan petikan gitar dalam nuansa yang kental dengan alternative rock. Selain one last breath, jangan lupakan juga with arms wide open yang gak ketinggalan keren petikan gitarnya. Selain sekedar memetik, kamu juga dapat melancarkan teknik pull-off dan hammer-on mu pada lagu ini.

Pulang by Float

Dan laluuuu… pasti bait lirik itu selalu terngiang di telinga kamu juga. Salah satu band indie yang sukses dengan musik yang kalem-kalem ini menciptakan lagu dengan petikan dengan chord biasa namun dengan sedikit variasi di transisi chordnya yang cukup menarik salah satunya ada pada lagu Pulang ini yang didukung oleh permainan ukulele juga.

More than Words by Extreme

Gak salah lagi, More than Words adalah lagu yang gak lekang oleh zaman karena mempunyai irama yang lovely banget dan petikan gitar yang mengayunnya selalu nyaman ditelinga meski lagu ini hanya bermodalkan 1 gitar sebagai pengiringnya. Rekomendasi juga buat yang baru megang gitar sekalipun karena chord-nya pun hanya memakai chord dasar biasa yang mudah dimengerti oleh yang pemula banget

Stairway to Heaven by Led Zepplein

Nah kalo ini adalah lagu pertama saya belajar petikan, sama seperti Nothing else matters punya Metallica, Led Zepplein pun meramu tiap nada yang dipetiknya menjadi soulful hingga siapapun yang udah menguasai petikan gitarnya gak pernah bosen untuk mengulang-ngulang lagi dari intro. Lagu ini pun melatih tangan kiri kamu yang belum biasa nge-grip string banyak untuk menstabilkannya seperti perahu kertasnya Maudy Ayunda.

Untuk Perempuan yang sedang dalam Pelukan by Payung Teduh

Pasti lagu ini sudah pada tau karena dengan nada yang merayu dan perasaan sejuk membuat lagu ini menjadi banyak digemari oleh anak-anak muda sekarang karena liriknya pun kaya akan kata-kata puitis indah yang gak lebay. Selain itu, petikan gitarnya dari mulai intro, chorus, bridge bahkan solonya terbilang mudah untuk dipelajari karena seperti yang kalian tau lagu-lagu Payung Teduh selalu simple dan bikin ‘teduh’.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. kok lagu dari Eagles-Hotel California gak masuk ya..

    ReplyDelete
  2. Lagu daerah : Lampung Sai Sang Bumi Ruwa Jurai juga enak tuh 🤭

    ReplyDelete