11 Band/Musisi paling Berpengaruh dalam Sejarah Musik

Musisi hebat adalah selain perlu kehebatan dalam ilmu musik itu sendiri, mereka yang memberikan pengaruh besar terhadap musik yang dibawakannya hingga musik tersebut menjadi Leader untuk musik-musik yang lainnya adalah musisi yang hebat. Diantara musisi hebat tersebut, beberapa dari mereka memberikan kontribusi terbesar bagi dunia musik dari tahun ke tahun, dekade ke dekade bahkan hingga sepanjang masa.
Dalam tulisan ini saya merangkum nama-nama musisi atau grup musik tersebut dalam 11 Band/Musisi paling berpengaruh dunia, namun mohon maaf dalam list ini saya hanya merangkum musisi di era elektrik, jadi saya gak membahas tentang pengaruh dari komposer besar seperti Mozart, Antonio Vivaldi maupun Beethoven.


Led Zepplein

Nama Led Zepplein sering disebut sebagai band klasik rock terbesar sepanjang masa berkat ide-ide hebat dari membernya sendiri yang udah pantes banget disebut master-master musik, hingga tersebut nama besar seperti Robert Plan pada vokal, Jimmy Page pada gitar dan tentu saja sang drummer inspiratif, John Bonham. Lagu-lagu Rock yang enak dengan solo-solo klasik yang lembut dan kadang juga garang ditambah dengan vokal tenor dan permainan drum yang selalu asik, menjadikan lagu-lagunya selalu ngehits sepanjang masa. Band-band besar semacam AC/DC maupun Gun’s n Roses disebut-sebut sebagai ‘anak asuhan’ dari Led Zepplein yang sama-sama mengembangkan nama klasik rock.

The Rolling Stones

Rasanya berdosa jika tidak memasukan The Rolling Stones sebagai band paling berpengaruh di dunia, bukan hanya dari musik-musik rocknya yang asik tapi lebih dari itu, misalnya majalah musik terbesar di dunia yang terpampang besar nama The Rolling Stones atau logo ikoniknya yang menunjukan bibir dengan lidah yang menjulur yang katanya terinspirasi dari sang vokalis, Mick Jagger.

Michael Jackson

Siapa yang gak kenal dengan Michael Jackson ? sosoknya yang lovely dimata masyarakat dunia menjadikan Michael Jackson bintang pop terbesar sepanjang masa atau ikon dari musik pop yang sebenarnya. Pengaruhnya sangat besar di era musik dulu maupun sekarang, contoh umumnya saja seperti bintang rock remaja sekarang, Bruno Mars, Katty Perri, Michael Buble dan lainnya yang jelas-jelas pengikut dari sang raja pop, Michael Jackson dengan menggabungkan vokal dan tari sebagai pengiringnya.

The Ramones

Ingat nama-nama band punk seperti Nofx, Green Day atau The Clash ? mungkin mereka gak bakal lahir jika gak ada peran penting dari Ramones, maksud dari peran penting disini adalah Ramones lah yang membesarkan musik-musik alternatif rock bergaya oldschool yang lebih dikenal dengan genre punk atau sekarang lebih berkembang dengan sebutan Emo (saya gak tau perbedaaannya haha). Bertemakan lagu tentang perlawanan, politik dan anti pemerintah menjadikan Ramones begitu digemari bagi kaum-kaum muda maupun kaum menengah kebawah karena lagunya yang ‘aku banget’ bagi mereka.

Black Sabbath

Jangan ngaku Metalhead kalo gak tau bapak dari bapaknya para band metal sedunia, yup mereka adalah Black Sabbath yang berhasil menciptakan sebuah genre yang lebih keras dari musik rock. Distorsi yang tebal dan tempo drum yang lambat namun dengan fill-in yang memburu gila menjadikan Black Sabbath berhasil melahirkan sebuah genre baru di era 70an, yup Heavy metal dan pengaruh Black Sabbath ini bisa terasa banget sampai sekarang mengingat begitu banyak band metal maupun subgenre dari metal sendiri yang berpangkal dari Heavy metal begitu meraja lela.

The Beatles

Beranggotakan 4 laki-laki tampan asal Britain, The Beatles berhasil menguasai dunia musik pada dekade 60an dengan gaya rocknya yang lebih modern dibanding era sebelumnya. Dengan kemampuan bermusik setiap member yang kreatif dan asik dalam menciptakan lagu, The Beatles menjadi salah satu nama band yang gak akan terlupakan sepanjang masa. Lagunya yang sederhana dan mudah dipahami sebagian besar orang menjadikan 4 sekawan ini sangat di idolakan mulai dari kamu muda hingga tua sekalipun, karena hal tersebut lagu The Beatles pun gak pernah lekang oleh waktu.

Nirvana

Nirvana adalah sebuah gebrakan baru musik rock pada dekade 90, pasalnya berbeda dari dekade sebelumnya yang menunjukan gaya musik rock dengan distorsi yang masih nyaman ditelinga cewek-cewek, Nirvana mengubah citra rock itu ke gaya yang lebih kasar dan powerful sehingga mereka menamakan aliran mereka dengan sebutan grunge, yaaa meskipun terdengar gak sekompleks dibanding musik GnR, Pink Floyd dan kawan-kawannya namun hal unik dan gaya musiknya yang cathy ini membuat Nirvana menjadi band paling berpengaruh selama umur bandnya hingga terlahir band-band hebat seperti Alice in Chains, Pearl Jam dan lainnya yang diakui sebagai pengikut terobosan alternatif rock baru dari Nirvana.

Bob Marley

Gak tau Bob Marley ? berarti kamu masih terlalu kecil ! karena siapa coba yang bisa menolak lagu-lagu santai reggae-nya Bob Marley seperti No woman, No Cry ataupun One Love. Seorang musisi yang selalu lekat dengan warna kebesarannya, merah-kuning-hijau dengan lambang (sorry) ganjanya yang ikonik ini berhasil mengembangkan musik tradisional di wilayahnya menjadi musik yang sampai sekarang bersebaran dimana-mana. Dengan selalu mengangkat tema yang ringan seperti cinta atau kehidupan disekitarnya menjadikan lagu-lagu ciptaan Bob Marley selalu easy loving saat pertama kali denger.

Metallica

Metallica adalah penerus dari Black Sabbath yang paling sukses malah secara komersil, Metallica lebih mendominasi dibanding Black Sabbath karena Metallica sering bereksperimen dengan lagu-lagu mereka atau mengganti-ganti gaya musik namun tetap konsisten dengan ‘nyawa’ dari Metallica yang menjadikan gak itu-itu aja. Terobosan Metallica sebagai band Thrash metal berpengaruh besar terhadap kemajuan dunia metal, sebut saja nama-nama seperti Anthrax, Slayer, Annihilator bahkan band-band modern seperti Linkin Park, Avenged Sevenfold atau Rage Against the Machine mengakui bahwa inspirasi terbesar mereka dalam bermusik adalah Metallica. Saya pun sempat kaget saat raja dari dewa gitar, John Petrucci sering menyebutkan nama Metallica dalam setiap wawancara saat ditanya tentang pembuatan lagu.

Jimi Hendrix

Jangan ngaku kenal Rock atau Blues jika kamu gak tau siapa kakeknya, Jimi Hendrix adalah seorang yang sangat pantas mendapatkan predikat tersebut karena dengan tangan kidalnya dan dengan distorsi yang terdengar masih sederhana di era 60an dia membuat lick-lick­ gitar yang selalu terdengar soulful dan ‘berapi-api’ disetiap nada yang ia mainkan. Pengaruh dari Jimi Hendrix udah gak terhitung jumlahnya, dari mulai band se-hits Smashing Pumkins atau band-band indie semacam Foals terbukti seorang pengikut jejak dari Jimi Hendrix.

Queen

Mungkin udah gak perlu diragukan lagi jika musik Queen sangat berpengaruh dan mungkin gak akan lekang oleh zaman meskipun pengikut gaya musik Queen masih dapat dihitung jari, mungkin karena uniknya dari masing-masing member Queen yang sulit untuk diikuti, bukan dari permainan musiknya saja namun aura panggung mereka yang selalu meriah dan penampilan Freddy Mercury yang begitu good lookin dengan penguasaan panggung saat bernyanyi maupun berinteraksi dengan penontonnya, hal itu mungkin yang terberat bagi musisi dunia sekalipun untuk mempunyai kharisma sebaik member-member Queen. Kepopuleran Bohemian Rhapsody sebagai karya terbesar sepanjang masa mereka menjadikan lagu-lagu Queen selalu ada di playlist setiap orang.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment