11 Lagu Burgerkill Terbaik Sepanjang Sejarah

Burgerkill adalah sebuah band yang mengusung genre Metalcore asal Bandung, Jawa Barat yang aktif sejak tahun 1995. Nama Burgerkill sendiri diambil dari nama restaurant cepat saji asal Amerika yang selalu kita dengan dengan sebutan Burgerking namun divariasikan atau diceletukan menjadi Burgerkill.
Burgerkill yang beranggotakan Ebenz (Gitar), Agung (Gitar), Ramdan (Bass), Alm. Ivan Firmansyah A.K.A Ivan Scumbag (Vocal) dan Andris (Ex. Drummer) mereka berhasil menjadi pelopor band Metal Indonesia dan menjadi Band no.1 di Indonesia yang mengusung genre Metalcore karena Burgerkill adalah band yang satu-satunya pernah memenangkan penghargaan Internasional seperti yang paling terkenal Metal as Fuck ! di Inggris dan pernah melakukan tour dunia bersama band metal dunia lainnya.
Setelah meninggalnya sang vocalist, mereka tetap aktif dan menggantikan posisi vokalist oleh Vicky sejak tahun 2007. Sampai saat ini mereka telah merilis sebanyak 4 album studio, di antara banyaknya lagu yang mereka ciptakan, saya merangkumnya dalam 11 Lagu Burgerkill Terbaik versi Freak List.



11. We Will Bleed
We Will Bleed menghadirkan variasi permainan gitar yang sangat Intresting dan ganas terutama pada bagian pertenghan lagu yang saya sukai, meski lagu berbahasa inggris ini Burgerkill masih tetap konsisten dengan gayanya dalam bermusik sebelum di rilisnya album Venomous dengan gaya bermusik yang baru.


10. House of Greed
Salah satu lagu yang menurut saya agak bergaya Slipknot, karena permainan gitarnya mirip dengan Mick Thompson dan Jim Root namun tetap konsisten dengan diberikan gaya mereka sendiri juga di dalamnya. Kita pun dapat mendengar suara teriakan yang sangat berbeda dari album sebelumnya atau tidak seperti dalam lagu Under the Scars karena album ini juga menjadi perkenalan untuk anggota barunya Vicky yang menggantikan posisi Ivan, mungkin bagi kamu yang udah biasa dengerin teriakannya Ivan agak aneh denger lagu yang satu ini.


9. Darah Hitam Kebencian
Mungkin Darah Hitam Kebencian lagu Burgerkill yang memiliki Intro paling lama sekitar hampir mendekati 3 menit, dengan drum yang mirip dengan gaya Death Metal karena dentuman snare drum yang cepat namun pada menit ke 4 kita di ajak untuk mengikuti ayunan lagunya dengan tempo yang lebih lambat.


8. Under the Scars
Datang dari album barunya Venomous, Under The Scars yang dijadikan single hits-nya Burgerkill berhasil membuat penjualan albumnya terjual sekian ribu copy di Indonesia dan pada album ini juga di rilis oleh salah satu label rekaman milik Australia, Xenophobic Record setelah meninggalkan label Revolt! yang juga di Australia. Gak salah lagu ini dijadikan hits, karena lagu dengan permainan gitar yang cepat dan terdapat gitar solo yang gak kalah cepatnya menjadikan Burgerkill tampil semakin baik apalagi dari sisi permainan duo gitarisnya dengan menciptakan solo yang semakin baik juga.


7. Angkuh
Lagu yang ayunannya membuat kamu mengangguk-nganggukan kepala, gak terlalu cepat namun alunannya berat dengan Riff yang sangat enak di nikmati oleh Metalhead dan Teriakan dari mendiang Ivan Scumbag yang sangat khas.


6. Atur Aku
Termasuk kedalam salah satu lagu signature nya Burgerkill, karena Atur Aku memiliki Riff gitar yang sangat digemari oleh penggemarnya, pada lagu ini Scream Vocal nya terdengar lebih cepat dan permainan teknik gitar Sweep Picking pada sebagian part yang memperlengkap hebatnya lagu Atur Aku.

5. Resah Dera Jiwa
Lagu yang sangat saya sukai pada bagian Intronya karena dimulai dengan suara keyboard yang diikuti petikan gitar dilanjut dengan solo gitar yang terdengar Power Ballad banget lalu dilanjutkan dengan teriakan yang sangat keras dari Ivan Scumbag yang mungkin memberikan efek ‘kejut’ bagi yang pertama dengernya.


4. Tiga Titik Hitam Ft. Fadly from Padi
Dalam pembuatan lagunya Burgerkill mengajak Fadly bergabung untuk menyanyikan Clean Vocalnya pada lagu ini, dan ini suatu keputusan yang tepat karena perpaduan vocal dari Fadly yang sangat maksimal powernya dan teriakan dari Ivan Scumbag yang membuat lagu ini begitu hebat yang menjadikan warna baru musiknya Burgerkill. Diawali dengan petikan gitar yang diiringi drum dan diikuti dengan vocal dari Fadly yang seperti bersyair hingga paruh lagu kita dengar teriakan dari Ivan dan permainan arpeggio dari sang gitaris Agung yang membuat klimaksnya lagu.


3. Shadow of Sorrow
Tau Burgerkill pasti tau Shadow of Sorrow karena lagu ini termasuk lagu Burgerkill paling populer. Dengan gaya musik Metalcore ala Band Barat, mungkin pada lagu ini Burgerkill agak meninggalkan gaya bermusik lamanya dan lagu ini mungkin lagu yang liriknya berbahasa Inggris yang pertama mereka ciptakan namun jangan kecewa karena gaya musik baru ini menjadi warna baru karena terdapat gitar solo yang memanjakan kamu dengan Rythym yang keras dan cepat yang bikin kamu gak bosen dengernya.


2. Penjara Batin
Lagu yang terkenal karena ‘meludah’nya pada bagian awalnya yang menjadi ciri khas dan menurut saya lagu ini adalah lagu terbaik pada album Berkarat. Yang membuat lagu ini sangat baik di banding lagu lainnya adalah teriakan dari Ivan Scumbag yang terdengar sangat maksimal pada lagu Penjara Batin ini yang mungkin performa terbaik dari Ivan Scumbag ada pada lagu ini.


1. Anjing Tanah
Awal belum kenal sama lagu ini saya kira lagu ini hanya instrumental acoustic saja karena dengan durasi yang lumayan lama sekitar 2 menit penuh dengan petikan acoustic, namun saat selesai memetikan gitar lagu berubah drastis 180 derajat dan mungkin kamu akan dikejutkan dengan tiba-tibanya terdengar teriakan yang sangat keras. Tapi bukan itu yang menjadikan lagu ini di posisi Terbaik, Fill-in drum yang lebih rumit di banding lagu lainnya, Riff gitar yang sangat ‘Gila’, teriakan yang terdengar lebih insane dan kasar bikin kamu sangat menyukai lagu ini, meski gak ada solo gitar kamu akan dimanjakan ‘Kegilaan’ yang terdapat pada lagu ini.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment