11 Lagu Green Day Terbaik Sepanjang Sejarah

Green Day adalah sebuah grup musik Punk/Rock asal Berkeley, California yang aktif sejak tahun 1987 bersama 3 sekawan setelah keluarnya Drummer pertama mereka yang hingga saat ini masih utuh yaitu Billie Joe Armstrong (Vocal, guitar), Tre Cool (Drum) dan Mike Dirnt (Bass). Green Day disebut sebagai band beraliran Punk tersukses sepanjang sejarah, lagu-lagu nya yang sederhana namun berkelas menjadikan Green Day salah satu band yang menghidupkan kembali genre Punk/Rock.
Mereka telah merilis sebanyak 11 album studio, diantara banyaknya lagu dalam album tersebut yang telah mereka tulis, Freak List ! akan merangkumnya menjadi 11 Lagu Green Day terbaik sepanjang sejarah :



11. Welcome to Paradise
Lagu yang menceritakan tentang pengalaman personil Green Day sendiri yang berpindah dari rumah orang tua mereka dan tinggal bersama-sama di suatu rumah di Oakland yang bisa disebut mereka seperti di‘buang’ namun mereka menikmati proses tersebut seperti judul lagunya yang cenderung memberi kesan tentang kebahagiaan. Dalam lagu ini kita bisa dengar bass solo nya dari Mike Drint yang menjadi inti ciri khas dalam lagu ini dan menurut saya permainan bass terbaiknya ada dalam lagu ini.


10. Brainstrew/Jaded
Brainstrew/Jaded seperti perpaduan dua lagu yang disatukan namun sangat pas dan membuat semacam hentakan, karena pertama kita mendengar bagian Brainstrew-nya yang cenderung memainkan chord yang sederhana dan sesekali memainkan guitar mute dengan tempo yang lebih lambat maka pada bagian Jaded, Green Day membuat hentakan yang tiba-tiba membuat tempo menjadi cepat hingga lagu berakhir, menurut saya sangat cerdas menyatukan dua lagu seperti ini karena jika Brainstrew tidak di dampingi Jaded akan menjadi lagu yang sedit membosankan.


9. Longview
Lagu yang meceritakan tentang orang-orang yang ‘mager’ ini berhasil menyabet banyak nominasi di Amerika tahun saat album Dookie di rilis, Liriknya sendiri tentang orang yang hanya duduk dirumah, ngelakuin sesuatu yang gak penting seperti merokok, fap-fap sampai hari berakhir dengan begitu saja. Namun jauh dari cerita ‘mager’ tersebut Green Day membuat lantunan Longview gak bikin kita mager, karena saat bagian Riff sang bassist menunjukan permainan bass nya yang Intresting lalu menghentak pada bagian Chorus hingga lagu berakhir.


8. Wake Me Up When September Ends
Lagu yang ditulis langsung oleh Billie Joe Armstrong ini salah satu lagu Green Day yang paling sedih karena Billie Joe Armstrong sendiri menulis lagu ini untuk di dedikasikan kepada ayahnya yang telah meninggal, mungkin makna dari Wake me up When September Ends ini Bill Joe gak mau larut dalam kesedihan terus, sehingga ia meminta lebih baik di bangunkan saat semuanya selesai. Dengan petikan acoustic yang sederhana pada Riff nya dan berkali-kali mengucapkan yang disebutkan judul lagu ini membuat lagu ini sangat emosional.


7. 21 Guns
21 Guns memiliki aroma yang agak ballad mungkin satu-satunya lagu yang memiliki aroma seperti 21 Guns karena dengan suara violin pada bagian awal dan sentuhan gitar acoustic yang terdengar klasik menjadikan lagu ini lagu ballad nya Green Day serta lagu nya sendiri menceritakan tentang perang dan Patriotisme.


6. When I Come Around
Disebut-sebut sebagai lagu alternative rock paling sukses pada tahun 1995 dan sempat menjadi nomor 1 di chart sebuah radio sebelum Boulevard of Broken Dreams menggeser posisinya, lagunya sendiri seperti yang disebut dalam judulnya dan video klipnya yang menampilkan suasana malam di kota Berkeley dan California itu memiliki makna semacam Long Distance Relationship. Saat intro di lantunkan kita dapat mendengar Riff gitar yang sangat enak di dengar, simple dan ayunan yang santai untuk sebuah lagu Altern Rock yang pastinya nyaman di telinga hingga lagu berakhir.


5. Holiday
Holiday adalah salah satu lagu yang berhubungan dengan cerita pada Boulevard of Broken Dreams karena memang dari liriknya sendiri lagu Holiday yang menceritakan pesta pora lalu pada Boulevard of Broken Dreams bagian tentang kepulangannya dan pada bagian akhirnya pun terasa berhubungan karena Holiday di akhiri dengan nada F dan Boulevard di awali dengan nada F. Yang menjadikan lagu ini masuk kedalam Billboard Hot 100 adalah lantunannya yang asik dan benar-benar menggambarkan lagu sebuah pesta pora seperti liriknya, dan menurut saya solo gitar dari Bill Joe disini adalah yang terbaik dibanding dengan lagu lainnya.


4. Good Riddance (Time of your Life)
Good Riddance adalah Satu-satunya lagu acoustic dari Green Day, durasinya yang hanya 2 menit lebih ini sangat easy listening, dengan petikan gitar acoustic dan suara violin yang begitu harmonis membuat lagu ini enak banget di dengar di waktu-waktu santai maka gak salah kalo lagu ini melambung di puncak billboard saat itu dan lagu ini salah satu faktor yang membuat nama Green Day menjadi populer kembali yang saat itu popularitasnya sedang menurun.


3. American Idiot
Dari judulnya kita sudah menebak bahwa lagu ini adalah lagu tentang kritik terhadap negaranya sendiri, Amerika yang telah memerangi Iraq kala itu. Namun bukan sekedar lagu tentang kritisi saja, tapi American Idiot adalah lagu Punk yang sangat asik pembawaannya dengan tempo yang cepat menjadikan lagu ini adalah salah satu lagu Signature-nya Green Day dan uniknya lagu ini pernah dibawakan separuh oleh band Metallica saat konsernya.


2. Boulevard of Broken Dreams
Lagu yang pernah dimainkan bareng dengan Joe Satriani (Soloist) dan James Hetfield (Metallica) ini di acara acoustic 4-A Cure, The Fillmore. Jadi tentunya lagu ini sangat enak di dengar hingga lagu ini menjadi nomor satu di majalah Rolling Stone’s Reader’s Choice : Singles of the Decade list in 2009, dan menjadi satu-satunya lagu yang memenangkan 2 penghargaan sekaligus pada Grammy Awards for Record of the Year dan MTV Video Music Award for Video of the Year. Dengan permainan acoustic pada awal lagu yang diiringi irama vocal yang mengayun dan menghentak pada bagian Reff dengan guitar effect nya, gak salah lagu ini pun ikut dibawakan oleh 2 orang legenda yang saya sebutkan di atas.


1. Basket Case
Dan Basket Case lah yang saya tempatkan di posisi Terbaik, karena lagu ini mempunyai unsur yang buat kita mencintainya, berbeda dengan lagu Punk yang cenderung kasar pembawaannya, Basket Case termasuk yang pembawaannya sangat rapih mulai dari Fill-in Drum nya, Gitar dan irama vocal nya yang sangat tertata meski bertempo cenderung cepat namun permainan musiknya sangat harmonis dan pembawaan yang asik juga. Basket Case sendiri menceritakan tentang perjuangan namun dibalut kegelisahan yang mengingatkan saya dengan film One Flew Over the Cuckoo’s Nest, seperti dalam video klipnya yang menampilkan latar di Rumah sakit jiwa.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment