10 Lagu Rock Terbaik pada Tahun 90'an


Dekade 90 adalah dekade berevolusinya berbagai macam gaya musik mulai dari Pop, Rock, Blues bahkan Metal dan yang paling berpengaruh dalam dekade 90 adalah musik Rock nya yang dikenal lagunya asik-asik dan jangan lupakan dekade 90 adalah saat berkembangnya musik-musik Grunge seperti Nirvana, Pearl Jam, Blur, Alice in Chains dan yang lainnya. Sangat bingung untuk mengurutkan lagu-lagu tahun 90an menjadi 11 besar karena hampir semua lagu-lagunya sangat enak didengarkan, namun saya telah memutuskan pendapat pribadi saya dalam 10 lagu rock tebaik tahun 90’an.




10. Black Hole Sun by Soundgarden
Datang dari salah satu legenda altern Rock dunia dan salah satu Frontmen di band Audioslave bersama Tom Morello siapalagi kalo bukan Chris Cornell yang baru-baru ini dikabarkan meninggal karena bunuh diri sama seperti kasus Frontmen band Linkin Park Chester Bennington. Ok, ngomongin soal lagu dari salah satu band yang membawa namanya menjadi legenda ini, Soundgarden telah menciptakan terobosan terbaru dalam musik rocknya yang berbeda dengan band lainnya salah satu lagunya adalah Black Hole Sun, karena pasti yang baru pertama denger akan merasa ‘aneh’ mendengarkan lagunya ditambah video klipnya yang juga ‘aneh’ dan sedikit creepy. Namun diluar itu, lagu ini sangat enak dinikmati bagi pecinta Rock Alternative, selain vokal Chris Cornell dengan gaya khasnya, Soundgarden selalu memakai efek gitar yang saya sangat sukai dan sering menggunakan wah nya yang kasar saat permainan solonya.


9. Black by Pearl Jam
Lagu yang termasuk salah satu lagu patah hati terbaik sepanjang masa karena lagu ini mempunyai lirik yang sangat klimaks yang gak mungkin dilupakan oleh orang yang telah mendengarkannya, selain itu lagu ini mudah dinikmati terutama lagu ini diperkuat oleh suara sang Vokalis Eddie Vader yang sangat baik menyanyikan lagu ini dengan style nya yang selalu memainkan nada rendah disetiap lagunya.


8. Creep by Radiohead
Selain Soundgarden dengan gaya musiknya yang berbeda dengan band altern rock yang lainnya, maka jangan lupakan Radiohead mempunyai gaya musik khas mereka sendiri, salah satu lagu terbaiknya datang dari album Pablo Honey yaitu Creep, lagu yang menceritakan ‘kalah sebelum berperang’ ini adalah lagu altern rock yang sangat mudah dinikmati oleh siapa saja karena dengan sentuhan khas sang vokalis, Thom Yorke yang banyak digilai oleh banyak orang karena nada falset nya menjadikan lagu Creep adalah salah satu lagu yang luar biasa dari Radiohead dan bikin kamu gak pernah bosen denger lagunya.


7. Basket Case by Green Day
Salah satu lagu terbaiknya Green Day, Basket Case adalah lagu beraliran Punk/Rock yang paling sukses sepanjang masa, karena lagu Punk ini sangat mudah dinikmati atau bahkan mudah di favoritkan karena dengan gaya musik Green Day yang gak ribet mainin alat musiknya permainan gitarnya pun hanya terdiri dari chord-chord biasa dan permainan drum yang sangat rapih terutama bagian-bagian Fill-in nya menjadikan lagu ini adalah lagu Punk/Rock yang sangat difavoritkan oleh masyarakat dunia


6. Wonderwall by Oasis
Diiringi dengan gitar acoustic di sepanjang lagunya yang menjadikan lagu ini mudah dinikmati dan salah satu lagu hits terbesar Oasis sepanjang masa, Wonderwall adalah suatu komposisi sempurna antara permainan alat musiknya yang diperlengkap dengan suara tamborin dan vocal dari Liam Gallagher yang terdengar kasar berbeda dengan alunan musiknya namun ditelinga kita tetap terdengar easy listening.


5. Keep the Faith by Bon Jovi
Bon Jovi tampangnya konsisten dengan gaya bermusiknya yang bergaya klasik milik mereka sendiri meski pada tahun 90an banyak berkembangnya musik grunge yang bernuansa anak muda. Namun siapa bilang lagu yang bergaya klasik ini tidak bisa dinikmati kalangan muda ? sangat bisa ! karena saat durasi awal pun lagu ini memiliki variasi drum yang asik didengarkan, vocal dengan range tinggi dan solo gitar yang tak kalah asiknya juga yang menurut saya lagu ini adalah salah satu lagu terbaiknya Bon Jovi.


4. Zombie by The Cranberries
Band asal Irish ini telah menciptakan gebrakan baru dalam musik Rock Alternative karena dengan adanya member The Cranberries yang paling menonjol yaitu san vokalis Dolores O’Riordan yang sangat begitu khas dalam menyanyikan setiap lagunya, salah satu performa terbaiknya adalah dalam lagu Zombie ini yang terkenal dengan ‘desahan’nya pada Reff dan penghujung lagu yang menurut saya itu sangat hebat karena menciptakan gaya tersendiri bagi band The Cranberries. Dengan tempo yang gak terlalu cepat dan vocalnya yang benar-benar enak didengar menjadikan Zombie sangat mudah dinikmati oleh siapa saja.


3. Under the Bridge by Red Hot Chilli Peppers
Salah satu lagu favorit saya sepanjang masa, Under the Bridge adalah lagu Slow Rock yang sangat sangat sangaaatt enak di dengar dengan permainan gitar dari John Frusciante yang begitu asik didengar, ketukan drum yang dapat mengayunkan kepala kita, Vokal dari Anthony Kieds yang sangat baik menyanyikannya dan jangan lupakan permainan bass dari Flea yang gak kalah mengasyikannya meski gak terlalu menonjol dalam lagu ini jadi jangan ditanyakan apakah lagu ini easy listening, saya akan jawab dengan lantang sangat !


2. Song 2 by Blur
Mengapa lagu ini dinamakan Song 2 ? simple saja lagu ini mempunyai berdurasi 2 menit lebih 2 detik, dan berbait 2 kali juga. Song 2 atau yang lebih kita kenal dengan “woo-hoo”nya adalah lagu hits mereka paling besar di Amerika serikat bahkan menjadi pendongkrak gaya musik semacamnya saat lagu ini di rilis dan Song 2 adalah salah satu lagu yang membuat kita berjingkrak-jingkrakan saat memainkannya karena saat part “woo-hoo”nya itu sangat sangat menghentak diikuti permainan bass yang terdistorsi kasar tak lupa vokal dari Damon Albarn yang sangat Intresting dan disebut-sebut sebagai saingannya dari vokalis Oasis, Liam Gallagher.


1. Smells Like Teen Spirit by Nirvana
Pasti udah gak asing lagi sama lagu ini, denger nama Nirvana pasti ingetnya ke Smells Like Teen Spirits, dan emang udah gak salah lagi lagu ini berada di posisi puncak karena lagu ini yang salah satu pelopor berkembangnya musik Grunge di seluruh dunia dan membuat genre Grunge menjadi sangat digemari pada dekade 90. Meski lagu ini sangat simple hanya terdiri dari beberapa chord dan solonya pun sangat mudah dipelajari, namun Smells Like Teen Spirits mempunyai suatu energi dalam lagunya yang membuat kita sangat menikmati musiknya meski cenderung kasar dan ‘keruh’.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment