Beragam tipe Metalheads


Huuuuhh… Alhamdulillah akhirnya tugas akhir gw beres juga dan bisa kasih makan blog ini yang hampir mati setelah perjuangan melawan dosen pembimbing yang marah2 mulu karena pertanyaan gw yang tengil dan penguji galak yang seneng banget ngasih revisi hahaha.
Ok masuk ke topik judul postingan kali ini, setelah bertahun-tahun menyelami dunia musik keras dari mulai menikmatinya secara langsung maupun dengan headphone dan DVD pinjeman kawan, lambat laun saya mengerti bahwa semua metalhead itu gak berwarna hitam maupun merah atau apapun itu dan menggolongkan macam-macam tipe dari temen2 metalheads yang gw temui kedalam tulisan ini (berasa rasis banget gw). Yep jadi singkatnya tipe-tipe ini dibedakan dari sisi mana mereka menikmati musik metal dengan catatan penamaan tipe-tipe ini merupakan iseng-isengan gw aja tapi ada beberapa yang emang udah nama official-nya (eh ?) so langsung aja disimak metal-brother, douzo !! …. umm I mean, here we go !!


Mainstreamers

Tipe mainstreamers merupakan tipe2 metalheads yang menyukai lagu-lagu metal yang hits ataupun menggemari band-band yang secara komersil sukses besar di belantara musik metal. Biasanya tipe mainstreamers menyukai band-band seperti Metallica, Nightwish, Rammstein, dll. Mereka dinilai gak lebih jauh atau belum jauh menyelam kedalam musik metal, mereka baru menyukai lagu-lagu yang “easy” dan asik untuk didengarkan atau emang pada dasarnya aja untuk mencari hiburan ataupun udah jadi fans berat dari satu band.
Ada cara lucu untuk mengetes temen lo mainstreamers atau bukan, coba tanya apa lagu Metallica favoritnya, jika dia jawab The Four Horsemen atau Dyers Eve temen lo berarti bukan dan jika dia jawab Enter Sandman dia bisa langsung dicap jadi Mainstreamers haha.


The Extremist

Bukan hanya ras, agama ataupun politik, dalam dunia metalhead pun ada tipe-tipe yang mengunggulkan atau menjunjung tinggi musik-musik metal hingga mereka merendahkan genre-genre lainnya, yep saya sebut mereka ekstrimisnya metal karena mereka adalah tipe-tipe yang mengerti banget tentang metal dari anak cucunya genre metal hingga perbedaan-perbedaanya, sejarah-sejarah musisi maupun grup bandnya dan enggan untuk menerima tunas-tunas baru dalam genre metal (perhaps ?). Penampakan ini sepertinya sudah wajar dengan berkaca di media sosial yang banyak memposting bagaimana metal mempengaruhi dunia bahkan tak jarang mereka menjelek-jelekan musisi yang gak mengusung genre metal atau musisi yang mengaku metal padahal kacangan.


Poser

Julukan The Poser merupakan julukan yang diberikan oleh ekstrimis metal bagi orang-orang yang mengaku metalhead padahal di kacamata para ekstrimis mereka hanya gaya-gayaan tanpa mengerti esensi dari metal itu apa. Tipe ini menurut ekstrimis biasanya mereka yang suka hangout dengan rambut dan fashion yang modis, bertato banyak dan sering mendengarkan lagu-lagu genre core seperti Metalcore, Deathcore dll (but Mathcore is a legit stuff AF!!) maka tak jarang The Poser sering menjadi olok-olok oleh ekstrimis atau bahkan jika act-nya sudah berlebihan akan menjadi bahan bully bagi para metalhead lainnya, hmmm.. tapi biarlah mereka kek gitu selagi mereka pake merchandise original tapi kalo liat orang yang ngaku metalhead tapi simbol tangannya spiderman langsung aja chokeslam ditempat haha.


The Nerd Guy

Kayaknya gw sekarang masuk dalam zona ini haha. Seperti dikatakan dalam namanya, tipe ini merupakan tipe orang-orang yang cukup geek dan cupu namun menyukai musik metal. Berbeda dengan metalhead pada umumnya, mereka enggan untuk pergi ke live concert untuk berpogo-party dan lebih menikmati musik metal dengan duduk manis didepan laptop kamarnya dengan satu set headphones dan gitar yang menempel di dadanya.
Sebagaimana orang Nerd, mereka biasanya lebih jago kalo ditanya soal teori musik maupun teknik-tekniknya karena mereka sibuk dengan dunia logika-logika dalam musik apalagi musik metal yang menggunakan teknik beragam dan belibet. Tipe ini pun biasanya mendengarkan musik-musik yang rumit, kompleks dan banyak time signature-nya seperti Dream Theater, The Dillinger Escape Plan, etc.


Sid-Metal-Vicious

Saya mengambil nama Sid Vicious karena saya pernah mengalami pergaulan yang mungkin mendekati gilanya seorang bassist pentolan Sex Pistols itu, yep seperti pembaca tau bagaimana hidupnya yang penuh kesenangan dunia diiringi musik-musik keras dan pesta pora di club musik adalah kegiatan wajibnya. Hmmm sepertinya tipe metalhead ini harus dijauhi karena singkatnya sih membawa kita menuju madesu (masa depan suram) untungnya gw diselamatkan oleh salah satu guru bimbingan konseling waktu SLTP *jadi curhat ya?
Mungkin yang lagi mengalaminya akan merasa senang dan bangga menjadi bagian dari grup yang termasuk tipe ini, namun ketahuilah karena kesenangan semacam itu gak lama dan efek ‘nagih’nya itu loh yang paling bahaya, pokoknya tinggalkan deh apapun latar belakangnya sebelum berakhir seperti Sid Vicious *kok gak pantes ya gw ceramah.


The Black Dude

Karena gw bukan American, mungkin gw dibolehkan menggunakan istilah ini haha namun tentu aja gw gak ada maksud rasis. Maksud dari tipe ini adalah mereka yang menggemari genre metal yang ada kata Black-nya atau umumnya sih subgenre Black metal dan cucu-cucunya, orang yang masuk dalam tipe ini biasanya dikenali dengan busana serba hitam dan serba kulit. Di tempat saya mungkin jarang namun katanya sih tipe ini paling menakutkan, dan mereka suka hal yang berbau konspirasi serta filosofis hingga mempertanyakan eksistensi Tuhan, duh dari pada masuk ke ruang yang lebih ‘hitam’ lagi mending kuliah filsuf aja ya, toh ilmunya jadi jelas terpakai.


Metal Warrior

Nama Metal Warriors sebenarnya saya ambil dari nama fans-nya Manowar, namun memang orang-orang yang menggemari musik-musik epic jatohnya ya seperti mosh pit itu adalah medan perangnya tapi tentu aja gak bawa perisai dan tombak juga. Menariknya mereka kalo ke konser tuh puas banget sama momen-momen dalam lagu dan liriknya yang menyayat hati bagai syair-syair perang zaman dahulu bahkan gw pernah dibuat nangis dengan salah satu lagunya dan kebetulan waktu itu lagi main game Skyrim jadi feel-nya itu beuuuuhh haha. Oh ya, para Metal Warriors biasanya gemar mendengar karya-karya band Power Metal, Heavy Metal atau musik sejenis Dio, Manowar atau Helloween.
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment