10 Lagu System of a Down Terbaik Sepanjang Sejarah

Daron Malakian - Serj Tankian - John Dolmayan - Shavo Odadjian
System of a Down adalah band yang mengusung genre Alternative Metal yang terbentuk di Amerika namun semua personilnya asli asal negeri di timur yaitu Armenia. System of a Down adalah salah satu band yang berani menampilkan gaya musik yang paling beda diantara musik-musik metal lainnya yaitu mereka menunjukan gaya musik negeri mereka sendiri atau lebih tepatnya musik metal tapi bergaya timur namun keberanian mereka gak sia-sia dilihat dari kesuksesan luar biasa yang mereka dapat setelah pergi ke Amerika untuk memulai karirnya sebagai musisi metal yang mendunia.

Uniknya lagi selain cara menyajikan musik yang ala timur banget, mereka mempunyai vokalis yang bukan main kerennya, setiap penampilan sejauh yang saya lihat (di Youtube) gak ada sekalipun yang mengecewakan serta selain itu mereka memiliki vokalis kedua yaitu Daron Malakian yang sekaligus mengambil alih posisi gitar dan menurut saya kedua kolaborasi ini sangatlah serasi karena Serj Tankian yang memiliki tipe suara Bass + Barritone ditambah dengan Daron yang suaranya lebih ke Alto, dan digabungkan menjadi sesuatu yang sangat hebat ! Oh ya, System of a Down memiliki personil tetap sampai saat ini yaitu Serj Tankian, Daron Malakian, John Dolmayan dan Shavo Odadjian jadi dalam tulisan ini saya akan membahas karya-karyanya dan merangkum kedalam 10 lagu System of a Down terbaik sepanjang sejarah.


10. Forest
Forest memiliki riff gitar yang akan membuat kita Headbang, kerennya juga lagu Forest ini mempunyai breakdown saat Serj Tankian bernyanyi dan berteriak secara tiba-tiba lalu riff gitar pun mulai bermain lagi dengan memakai teknik Palm Mutenya yang padat. Tak jarang jika orang-orang yang nonton live System of a Down saat membawakan lagu ini merasa sangat terbawa irama Riffnya yang bikin Headbang.

9. Lonely Day
Salah satu lagu slow dari System of a Down yang menurut saya paling baik, karena saya selalu beda dengan orang-orang waktu bilang Lost in Hollywood lagu slow System of a Down yang terbaik sedangkan saya sendiri yang bilang Lonely Day :D menariknya di Lonely Day adalah meski berdurasi hanya 2 menit 47 detik Lonely Day memamerkan solonya Daron Malakian yang cepet abis ! alunannya juga nikmat saat gitar terdistorsi, dan dalam lagu ini Serj Tankian hanya menjadi Backing vocal dan Daron Malakian adalah vokal utamanya.

8. Psycho
Saat Serj Tankian mulai bernyanyi saat itu juga lagu ini terasa sensasi gilanya, Saya suka banget dengan nada chorusnya seperti rapnya orang-orang timur gitu. Namun lagu ini memiliki alur yang menurun seiring berjalannya durasi, jadi saat-saat awal lagu kita sudah disuguhkan klimaksnya lagu ini, jika di ibaratkan film itu seperti Irreversible yang menunjukan kebrutalannya di awal dan tensi sedikit menurun dibagian tengah sampai akhir tapi begitu asiknya lagu ini saat chorus dimainkan.

>
7. ATWA
Lagu ini memiliki breakdown yang mantep banget, dari hanya petikan gitar pada awal lagu pada dan langsung di tabrak dengan vokalnya Serj Tankian diiringi ditorsi gitar yang kental. Lagu yang simple namun padat ini sangat cocok bagi kamu yang mau belajar lagu-lagu System of a Down karena faktanya dari mulai hingga beres lagu chordnya hanya itu-itu aja namun sensasi lagu ini gak hanya itu-itu aja.

6. Sugar
Waktu saya nge-Jam jika bawain lagu ini, saya suka banget konyol2an dengan temen-temen personil karena selain asik lagu ini juga punya unsur kocak mulai dari nada vokalnya, cara penyampaian atau bernyanyinya Serj Tankian terhadap liriknya hingga permainan gitarnya selalu mengundang tawa saya waktu mainin lagu ini :D namun didalam lingkup musik metal, lagu ini masih terbilang liar dan gila apalagi saat bagian Outro, mantep banget tuh ayunan lagunya.

5. Hypnotize
Diantara kerusuhan yang diciptakan lagu-lagu System of a Down yang penuh kegilaan didalamnya mulai dari vokal, drum dan distorsi gitarnya, nah dalam lagu ini yang berjudul Hypnotize adalah lagu yang agak kalem dari System of a Down, bukan hanya itu bahkan terasa epic mengingat nada vokalnya yang enak banget apalagi penampilan vokal Daron Malakian yang menurut saya sangat jauh lebih enak di lagu ini, pasti yang baru denger lagu Hypnotize pun akan langsung menyukainya karena lagu ini mudah dicerna jika dibanding lagu lainnya.

4. Aerials
Aerials adalah salah satu lagu System of a Down yang kental banget nuansa Timurnya mulai dari nada vokalnya sampai efek gitarnya yang gaya timur banget. Aerials pun lagu yang paling difavoritkan oleh jutaan penggemarnya karena lagu ini adalah salah satu lagu yang menjadi pembeda atau bisa disebut lagu yang System of a Down banget lah pokoknya dan jangan lupakan Breakdown Riffnya yang mantep banget bahkan bisa bikin kamu Headbang !

3. Toxicity
Hal pertama yang menarik saya untuk menyukai Toxicity adalah dari setiap fill-in dan permainan Drumnya yang nomor 1 banget dibanding lagu lainnya, karena jika ada yang minta rekomendasi saya lagu mana untuk belajar fill-in drum yang mantep-mantep saya akan kasih Toxicity, saya yakin jika kamu belum pernah denger lagunya pasti suka dengan lagu ini apalagi para drummer. Selain itu, vokal Serj Tankian dari mulai rendah dan tingginya sangat nonjok di lagu ini. Satu hal lagi, pasti kamu akan suka bagian Outro lagu ini yang menurut saya adalah kejutan yang gak terduga waktu pertama kali denger :D

2. B.Y.O.B.
Lagu ini punya rasa spesial bagi saya, diantara lagu System of a Down yang lainnya pun lagu B.Y.O.B adalah lagu yang paling sering saya mainkan karena sungguh setiap bagian-bagian lagu B.Y.O.B terdiri dari keasyikan-keasyikan riff gitarnya, dan bagian Outro pecah banget ! aduhhh ... susah ngejelasin lagu ini secara spesifik karena saking enaknya saya waktu Jam lagu ini dijamin dah bagi kamu yang suka nge-Jam :D

1. Chop Suey!
Dimulai dengan gitar akustik yang ketimuran banget, disusul oleh nada majornya hingga tensi terus naik hingga distorsi gitar pun dimainkan dan saat itu juga waktu pesta poranya para metalhead. Yang menjadikan lagu ini yang terbaik adalah Chop Suey! Berhasil menghadirkan sesuatu yang luar biasa yang selama ini ditunggu-tunggu dari karyanya yang lain mulai dari kayanya aransemen musik, kentalnya energi lagu ini dan vokal Serj Tankian yang semakin terlihat kekuatannya seiring berjalannya lagu, selain itu liriknya pun lebih ‘berat’ dibanding lagu lainnya apalagi saat bagian “... Forsaken me” mungkin disitu klimaks lagu ini berada. Overall, lagu ini pantas duduk dipuncak list karena segala dalam Chop Suey! Sangatlah hebat !

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Rekomendasi lagu system of a down yang slow tenang gitu dong, kek Roulette gitu ada lagi gak ya?

    ReplyDelete