Talk About : Meluruskan Persepsi tentang Idol Group (48 Family)

Rasanya sudah lama saya gak ngeliat blog ini, dan sebenernya banyak yang mau saya ungkapkan dipikiran saya atau unek-unek dari hati *STFU. Yep, entah itu tentang musiknya, ataupun artisnya tapi waktu luang baru keraih sekarang. Mungkin jika yang udah banyak baca blog ini saya suka menyentil tentang idol group yang menurut saya overrated banget atau terlalu diagung-agungkan banyak orang tapi padahal musiknya biasa-biasa aja, mulai dari vokalnya ataupun tariannya yang terkadang saya lihat masih amatir, ya gak apa-apa sih tingkat amatir pasti dilalui semua artis dalam musik tapi Idol group tapi ini fans-nya udah sampai jutaan manusia, ekspektasi saya sih musik atau perform-nya itu bikin satisfy saya yang belum tau sama Idol group, tapi nyatanya engga.

Ok ok, mungkin sebagian pembaca kesel dengan kata-kata saya yang menusuk dari depan seperti seorang teman haha, but wait a minute, karena judulnya meluruskan persepsi saya sendiri tentang Idol group saya disini justru ingin meminta maaf karena saya terlalu skeptis terhadap jenis musik Idol ini padahal saya belum mempelajari apa sih Idol group itu ? apa tujuan mereka ? apa point dari Idol group itu sendiri ? mungkin gak semua aspek saya omongin karena saya baru-baru ini aja kenal jenis dunia Idol Group, khususnya Idol Group-nya 48 Family (Akihabara 48, Sakae 48, Hakata 48 Dll) dan termakasih untuk Jurina Matsui, Takahashi Minami dan Shinoda Mariko yang udah bikin first impression yang hangat jadi saya bisa menyelam kedalam dunia Idol Group haha *Ignore it. So... langsung aja kepembahasan utama saya, dengan catatan tulisan ini hasil studi literatur di blog-blog orang *holy crap dude atau pendapat saya sendiri, jadi jika berbelokan dengan fakta yang pembaca udah tau tolong luruskan di kolom komentar bruh.


The Aim

Dengan sebuah patokan ke Idol Group-nya Aki-P (48 Family) jika kamu melihat sekilas saja misalnya tentang AKB48, pasti yang terdepan selalu lagu yang diiringi oleh musik ceria dan tarian lucu dari para membernya, namun jika kamu membuka halaman lebih jauh lagi kamu akan melihat luasnya peran para member bukan hanya sebuah tarian dan menyanyi saja, namun mulai dari berperan dalam sebuah film drama, variety show, Olimpiade antar member dan lainnya bahkan hingga interaksi dengan fans pun mereka jalani sebagai salah satu dari programnya seperti handshake event atau lainnya. Mengingat banyaknya program yang mereka jalani, tentu saja kita dapat menyimpulkan bahwa tujuan utama mereka adalah Entertain, bukan hanya dari segi musik. Hal ini mulai menjadi catatan besar dalam persepsi saya dalam dunia Idol group, bahwa mereka memuaskan kita dalam bentuk hiburan yang luar biasa interesting, mungkin hal ini pun yang membuat mereka mendapatkan jumlah fans yang fantastis meski nama AKB48 terbilang masih sangat muda.
AKBINGO! salah satu variety show-nya AKB48.
Seperti yang pernah dikatakan oleh Aki-P. produser dari 48 Family bahwa Idol group yang doi pegang adalah Idol yang dekat dengan fans-nya dalam arti lain hubungan member dengan fans-nya itu seperti temen, adek kecil, ataupun sodara lu sendiri *but damn it, don’t expect to be your girlfriend bruh !! . Dan menurutnya Idol juga manusia (kayak Rocker) yang pasti memiliki sisi koplak di balik wajah cantiknya, buktinya banyak tuh program-program dari Family 48 yang mengungkapkan sifat-sifat asli dari masing-masing Idol dan jujur itu sangat menghibur karena emang mereka tuh cewek-cewek yang normal aja dengan status Idol, dan waktu nonton acaranya saya bener-bener ngakak liat tingkah mereka, uniknya tiap member terlihat mempunyai warna yang berbeda-beda dari tingkah laku maupun rupanya *you don’t say ada si jester, ada si cringey, ada si loser, ada si salty, ada si pure-kawaii, ahh pokoknya lengkap dan nano nano banget deh perkumpulan cewek-cewek ini. Hal ini pula yang menyebabkan ada istilah yang udah umum banget di kalangan fans yaitu Oshimen yang berarti 1 member jagoan yang pasti tipe gadis-nya masing-masing pribadi *bahasa jombs banget kalo masih bingung analoginya kayak waktu kita kecil aja yang ngefavoritin power ranger merah, sampe rebutan sama temen haha *am just kidding bruh.


Back to Music

Kalo balik lagi ngomongin musik-musiknya, mungkin sebagian besar musik mereka gak begitu catchy kecuali yang udah biasa denger soundtrack anime, J-Pop, J-Rock dan sejenisnya karena menurut saya struktur dari lagunya rata-rata sama, mungkin bisa dilihat waktu live perform dimana fans-nya neriakin yel-yel yang gak jauh beda tapi disitu juga point menariknya dimana mungkin waktu perform kita seperti ada interaksi dengan yang di atas stage, kalo inget biologi kasus ini layaknya hubungan mutualisme karena fans dan Idolnya sama-sama ngasih semangat satu sama lain.
Tema yang diangkat dari lagu-lagunya bener-bener buat remaja banget, entah itu jatuh cinta lah, pertengkaran dengan sahabat, kangen doi, hingga ditolak cinta pun ada, namun jangan berprasangka liriknya akan jatuh lembek dan hambar, coba tengok penggalan lirik Aozora Kataomoi dari SKE48 berikut.
Selama waktu berlalu, kau membuatku berani untuk menghadapiku
Hari esok, aku ingin menaiki jalan berlereng itu dengan senyuman
Meski pun matamu bersinar dengan air mata seperti embun pagi

Aku akan selalu ada di sini melindungimu
Kau akan selalu menjadi teman di sini
Bahasa buku diari banget bukan ? sederhana tapi puitis, hal ini pula yang membuat persepsi baik bagi saya karena liriknya seperti bicara apa adanya.

Live Perform

Menurut pandangan buruk saya sebelumnya, mereka tampil dengan BGM sekaligus vokalnya yang artinya mereka melakukan lip sync setiap saat, tapi setelah saya mulai tertarik untuk menyusuri dunia Idol group dan menonton beberapa konsernya, ternyata that was bullshit ! memang beberapa penampilan mereka menggunakan lip sync tapi itu hanya sebagian kecil saja karena saya memaklumi setelah menonton film dokumenter tentang AKB48 bagaimana capeknya mereka di backstage dimana tiap lagu harus ganti kostum, belum lagi panggung super besar yang terdiri dari sub-sub panggung dimana mereka harus ganti-ganti posisi, crew yang ngeselin sampai-sampai ada member yang hampir modar akibat tata udara yang sangat buruk, *please fired them ! karena yang saya lihat tapi meski usia mereka masih belasan, mereka menunjukan profesionalitasnya yang pantas diacungi jempol dengan mempertahankan image seorang idol dimana mereka harus tampil ceria, fresh dan bersemangat, hal tersebut membuat saya respect sama mereka.
Video diatas dimana AKB48 membawakan lagu Give me five! membuktikan bahwa sekalipun mereka kurang bakat dalam memegang alat musik, tapi mereka tetap membawakannya dengan jujur meski bagian terompet dan rythym gitar-nya sering patah-patah, trombon yang kadang out of tune dan permainan solo gitar yang gak terlalu rapih. bahasa ABG-nya sih “ini kita, cintai kita apa adanya” haha at least mereka seperti berusaha untuk gak lip sync + gak pake BGM meski kamu gak bisa berekspektasi seperti live perform-nya sebaik Yui Yoshioka, LiSA maupun Senri Kawaguchi *u high bro ?.
Jika soal tarian saat live perform mungkin saya gak bisa komentarin banyak, tapi mereka cukup baik dengan membawakan tarian yang anggun maupun energik, meski secara perorangan baru sedikit yang bisa dikategorikan sebagai penari profesional.


Conclusion

Jika kamu awalnya berpersepsi idol group itu musiknya datar (itu-itu aja), banyak penampilnya belum profesional, etc mungkin tulisan ini bisa menarik persepsi jelek itu karena gak semua itu adalah benar, meskipun ada beberapa maka pasti ada alasan dibalik mengapa live perform mereka buruk dan alasan tersebut gak sepenuhnya dari faktor internal member. Pada akhirnya semua balik lagi pada kutipan paling terkenal sedunia “don’t judge book by its cover”.
... and thumbs up bagi yang udah mengubah persepsi buruk tentang Idol group, hurray !!
Btw, she is the cutest member I ever seen :D
Catatan penting juga, bahwa fokus mereka bukan hanya terhadap live music aja mengingat mereka adalah entertainer yang konsepnya Ok banget dimana mereka terjun juga dalam film drama, variety show, hingga event yang menyangkut dengan fans-nya dan pasti akan memuaskan kamu sebagai fans karena dengan konsep "idol yang dekat dengan fans" adalah konsep cerdas dan unik untuk diterapkan dalam dunia hiburan yang dibawa oleh sekumpulan gadis kawaii dengan umur belasan. dan ingat mereka adalah Idol Group bukan Idol Band.
Dengan dibuatnya pula film dokumenter tentang bagaimana mereka menebus keringat mereka sendiri entah itu onstage atau backstage, bisa membuat orang dengan persepsi buruk tentang Idol group menjadi baik.

Jika ditanya lagu favorit, saya akan jawab Ponytail to Shushu dan Majisuka Rock 'n Roll dari AKB48, riff-nya asik banget bruh !
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment