Talk About : BABYMETAL, Entertaining as Hell !!

BABYMETAL
Yui Mizuno - Suzuka Nakamoto - Moa Kikuchi
Saya memang orangnya agak skeptis untuk up-and-coming band yaaa bisa dilihat dari postingan saya kebanyakan ngomongin band yang lahir kurang dari abad ke-21, paling saya ngebahas band modern sejauh ini baru Parkway Drive, Avenged Sevenfold, Green Day dan terakhir BABYMETAL yang akan saya bahas juga dalam tulisan ini. Anggapan buruk saya tentang band metal yang sekarang-sekarang ini lagi hits seperti band Deathcore atau yang lainnya sedikit terkikis karena pada tahun 2010 terciptalah subgenre baru yang mereka namakan Kawaii-metal yang dipelopori oleh BABYMETAL. Yang membuat saya tertarik dengan BABYMETAL, mereka tuh menciptakan subgenre baru yang keliatan ‘niat banget’nya, maksud saya mereka gak asal-asal lucu nari atau asal nge-entertain fansnya aja, tapi mereka membuat lagu tuh bener-bener hebat, mulai dari teknik, irama dan permainan nada yang unik pun menjadi daya tarik tersendiri bagi saya.
Memang waktu pertama saya denger BABYMETAL waktu masih SMA tanggapan saya “banci, denger BABYMETAL” tapi saya dibikin malu sendiri setelah denger lagu-lagu mereka yang ternyata jauh dari anggapan buruk saya tentang mereka, terutama untuk lagu Akumu no Rondo yang bikin saya takjub banget, Thank you the next Queen of metal, Suzuka Nakamoto :D

Suzuka Nakamoto

The Lead Vocal

Yap awal saya kagum dengan BABYMETAL itu karena vokal yang luar biasa dari Suzuka Nakamoto, usia yang masih belia bagi penyanyi genre garang tapi dia tuh sumpah badass banget !! vocal range-nya pun saya gak nyangka banget bisa setinggi itu waktu nyanyiin beberapa lagu atau bisa terlihat jelas saat berkolaborasi dengan Rob Halford, Judas Priest. Dan detik itupun saya tertarik banget untuk lebih jauh menyelami BABYMETAL, saya pun udah gak bisa bohong lagi betapa kagumnya saya dengan Su-metal, karena dia tuh gak asal menggabungkan Kawaii dengan metal, soalnya bagi saya Kawaii “lucu/cantik” itu bonus, intinya tuh dia talented atau engga ngebawa nama metal tuh jadi gak heran jika live performnya banyak banget yang lebih bagus daripada versi studionya.

Moa-MetalYui-Metal

Kawaii Team

Selain vokalnya yang gila abis, Suzuka pun di support oleh backing vokal dengan suara yang asli banget Kawaii-nya, yaitu Moa Kikuchi dan Yui Mizuno, bagi kamu yang belum pernah tau bagaimana kawaii-metal tuh cukup liat video official lagu Gimme Chocolate !! saya pun sempat kaget, distorsi yang di drop langsung di tabrak dengan suara vokal yang anak kecil banget, bahkan banyak youtubers yang mengunggah video reaksinya terhadap lagu ini, karena bagi metalhead yang baru denger lagu jenis ini pasti akan tersontak, saya jamin itu :D
Support dari Moa dan Yui pun berupa tarian yang sering mengelilingi Suzuka bernyanyi, nah ini salah satu point penting juga dan alasan mengapa nama mereka mudah sekali melejit dalam usia BABYMETAL yang bener-bener baby banget, karena mana lagi coba yang bisa menghibur para metalhead dengan cara menonton mereka bernyanyi dan menari namun dengan cara distorsi metal juga ? mungkin sekarang BABYMETAL adalah satu-satunya yang memiliki skill itu, selain dibuat kagum kita pun dihibur banget !! bahkan pendapat Jonathan Davis, vokalis KoRn “Babymetal is entertaining as Hell”, keunikan itu pun menjadi alasan saya ingin cepat-cepat mesen DVD mereka sebanyak mungkin :D

Kick-ass Music Support

Seperti yang saya katakan diatas, mereka tuh gak asal-asal lucu di atas panggung, karena support ini pun ada pada band pengiringnya yang mereka sebut KAMI band yang selalu berada di belakang para member BABYMETAL. Gitaris, Bassist dan Drummernya semua sangat menonjol dari masing-masing skill mereka karena mungkin untuk menjadi gitaris pengiring BABYMETAL mereka gak segan-segan memilih professional yang sangat hebat, saya dengar kabar pun gitaris besar dunia seperti Herman Li, Kirk Hammet dan Brian Welch pun pernah perform langsung ataupun mengerjakan projek BABYMETAL. Jadi kesimpulannya, depan boleh lucu-lucu tapi music support-nya ngeri-ngeriiii !!! saya pun pertama kaget lihat penampakan Kirk Hammet dengan 3 bocah ini :D yang paling gak nyangka adalah lagu di album barunya yang berjudul Tales of Destinies, gila pernah ngebayangin gak mereka menciptakan lagu rasa Dream Theater ? kampret emang komposer-komposer musik BABYMETAL, dan hal itu bikin saya gak ragu dengan hebatnya orang-orang BABYMETAL dibelakang panggung.
Holy Shit !!
BABYMETAL with Lamb of God

Abbath, is that you ??
BABYMETAL with Immortal
Hal yang menarik dari BABYMETAL ini adalah tatanan panggung yang megah banget dan selalu memiliki konsep yang berbeda disetiap konsernya, entah itu patung raksasa, sub panggung yang memanjang maupun tata panggung tambahan lainnya seperti asap, api dan kembang api yang bener-bener memanjakan mata. Sepertinya pihak yang memegang kendali BABYMETAL sangat memperhatikan pemanjaan visual dari penontonnya hingga kesan artistik dan epic disetiap konsernya pun dapet banget.


The Great Show

Selain konsep panggung yang berbeda-beda, kostum para artisnya pun berbeda-beda yang mungkin berbeda-beda di setiap konser namun yang paling signifikan adalah warna yang mereka gunakan sebagai wardrobe, menariknya waktu mereka merilis album berlatar merah-hitam maka mereka menggunakan warna itu, dan sekarang mereka merilis album yang berlatar hitam-kuning maka warna itu juga yang digunakan. Hal ini memberikan efek interesting disetiap mereka perform, makanya seperti yang saya katakan diatas, saya ingin memiliki banyak DVDnya karena itu pasti kesannya tuh beda disetiap live concert-nya yaaa meskipun belum bisa nonton secara langsung :D

Put your Fox Sign in the Air !!

OVERALL

Overall, semua yang disajikan oleh BABYMETAL sangat berbeda dari yang lain, mulai dari elemen musiknya yang semua memiliki keunikan dan kekuatan sendiri hingga gak ada salah satu elemen tersebut yang ketinggalan karena yang megang projek BABYMETAL saya sudah mengerti bahwa mereka orang-orang profesional banget di musik begitu juga dengan kualitas vokal Suzuka Nakamoto yang cap dunia banget. dari segi pendukung penampilan pun seperti kostum, tata panggung ataupun lainnya yang sangat memanjakan mata, Saya pun ngebayangin kayaknya puas banget deh nonton konser BABYMETAL. Jadi secara singkatnya kita tuh dimanjakan dari sisi audio dan visualnya, hal ini pun bikin kita secara gak langsung ‘nagih’ terus mereka untuk perform karena mungkin konsep dari BABYMETAL adalah idol grupnya para metalhead, bener gak sih ? :D haha, sebagai bonus bagi yang belum tau, cek video dibawah untuk penampilan solo Yui Mizuno membawakan lagu Chocotto Love, entah itu langsung dari BABYMETAL-nya atau bukan, I don’t care, she’s fuckin entertaining man !!

Bonus Feature for your Boring Day :D
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment