11 Lagu Iron Maiden Terbaik Sepanjang Masa

Janick Gers - Steve Harris - Bruce Dickinson - Nicko McBrain - Dave Murray - Adrian Smith
Iron Maiden adalah band asal Britain yang namanya adalah yang terbesar diantara jajaran band heavy metal dunia lainnya. Bukan lain penyebabnya ialah lagu-lagunya yang selalu memiliki power dan kesan epic tersendiri karena Iron Maiden mempunyai 3 gitaris hebat yang bermain dalam 3 nada berbeda menjadikan lagu-lagunya sangat kaya akan distorsi dalam scale yang berbeda, bassist-nya pun gak bisa diremehkan karena Steve Harris adalah salah satu bassist terbaik dunia loh dan yang terbaik adalah sang vokalis yang merupakan vokalis metal terbaik di dunia, Bruce Dickinson !! karena sampai saat ini belum ada yang bisa menandingi kualitasnya membawakan setiap lagu dengan luar biasa feel-nya.
Sepanjang karirnya mereka ber-6 telah merilis banyak album studio dan album live concert dimana saya beruntung banget banget banget dapet DVD live-nya waktu Rock in Rio. Ok, jadi kali ini saya telah mengelompokan lagu-lagu yang telah mereka ciptakan dalam 11 besar lagu Iron Maiden terbaik sepanjang masa dalam laman tulisan ini.

11. The Evil that Man Do

Bagi kamu pecinta power ballad, The evil that man do adalah rekomendasi terbaik untuk kamu karena mulai dari intronya pun udah ditunjukan solo yang ballad banget hingga banyak yang menyebutkan The evil that man do adalah intro terbaik Iron Maiden dan pergantian tempo saat drum dimainkan menjadi breakdown tersendiri bagi yang menyukainya. Berbeda dari vokalis sebelumnya, Bruce Dickinson menjadikan lagu ini penuh dengan power di vocalnya.

10. Dream of Mirrors

Dimulai dengan gebukan flur tom yang langsung disambut dengan vokal teriakan Dickinson, mungkin part ini gak terlalu menyenangkan namun tunggu hingga suara acoustic muncul yang bikin kita betah lama-lama dengan lagu ini meskipun durasi yang panjang belum lagi vokal ‘sihir’ dari Dickinson yang mantep banget penyampaian tiap bait liriknya. Meski gak ada solo yang gila-gilaan, namun kita akan disuguhkan dengan feel yang begitu terasa, saya membayangkan jika saja Mike Portnoy drummernya, wah pasti tambah kampret nih lagu

9. Run to the Hills

Bagi yang lagi belajar bending gitar, nih lagu bagus banget buat ngelatihnya karena riff awalnya mantep banget setelah diawali dengan permainan drum yang catchy. Run to the Hills, Run for your Life !!! salah satu lagu terfavoritnya Iron Maiden karena lagu ini mengajak penggemarnya meneriakan Run to the Hills meski jangkauan vokalnya gak sampai :D selain itu lagu ini seperti seruan hebat untuk menyerang Run for your Life !!!!!

8. The Wicker Man

Salah satu lagu yang mempunyai Breakdown di bagian chorus-nya “Your time will come !!” the Wicker man mempunyai energi terbesar dalam part tersebut saat melodi gitar pun dimainkan, belum lagi solonya yang heavy banget, salah satu solo gitar Iron maiden juga dengan teknik legato, palm mute dan alternate yang bikin ganas pada lagu ini.

7. Dance of Death

Lagu Iron Maiden pertama saya waktu saya masih SMP waktu saat itu lagi naik-naiknya A7x haha. Entah kenapa waktu itu saya berpikir Avenged Sevenfold adalah band metal paling hebat namun waktu saya denger lagu ini, kampret ini baru lagu Heavy metal ! seperti rangkaian dongeng yang diceritakan oleh Bruce Dickinson yang diiringi riff gitar yang berat, seiring berjalannya dongeng cerita pun semakin seru dilengkapi dengan solo yang mantep-mantep hingga kamu gak sadar dongeng telah usai dengan ditutup oleh riff gitar yang soulful lagi.

6. Fear of the Dark

Bohong jika kamu gak suka lagu ini, karena dari awal kita sudah ditunjukan oleh distorsi riff klasik yang nonjok banget lalu saat itu berakhir dilanjutkan dengan permainan clean gitar yang epic banget lalu setelah itu bagian terbangsadnya yaitu saat gitar di distorsikan kembali dan f*ck yeaaaa!! Dan lagi-lagi saya berharap Mike Portnoy yang mengisi drumnya haha.

5. Aces High

Aces High adalah lagu dengan tempo tercepat yang pernah diciptakan oleh Iron Maiden, bahkan sebagian orang mengelompokannya dengan lagu speed metal namun gak seperti band speed metal lainnya, Iron Maiden punya cara sendiri membawakan lagu speed yang ganas menjadi lebih ringan namun feel-nya kerasa banget. Curhat sedikit, waktu itu saya nonton konser livenya Iron Maiden waktu live di Flight 666 sumpah saya nangis sendiri waktu klimaks di chorus-nya gila epic banget lah karena bagi saya mah feel lagunya kena banget, agak memalukan sih tapi yang penting saya gak pernah nangisin lagu lebay haha :D

4. The Number of the Beast

Jika Slipknot punya lagu The Heretic Anthem untuk menunjukan angka 666, maka Iron Maiden punya the Number of the Beast. Berbeda dengan Slipknot yang mengiringinya dengan kasar dan lebih agresif, Iron Maiden mengiringi lagu tentang 666-nya dengan gayanya yang lebih enak didengar dan lebih lembut sebagai lagu Heavy metal. Diawali dengan monolog seseorang tentang nomor tersebut lalu langsung disambut dengan distorsi gitar yang enak banget dan kamu akan dikagetkan juga dengan teriakan Bruce Dickinson saat drum dan gitar menghasilkan breakdown, lalu “six six six ! the number of the beast !!”

3. Rime of the Acient Mariner

Setau saya Rime of Acient Marine adalah lagu dengan durasi terpanjang yang pernah mereka tulis. Lagu langsung ditabrak dengan distorsi gitar dum..dum..dum yang menjadikan lagu ini powerful banget diawal lagu. Ada yang unik juga dari lagu ini yaitu saat dipertengahan setelah gong dibunyikan dan gebukan drum berhenti, ada sebuah monolog keren yang di iringi oleh bass dan clean gitar setelah itu lagu menjadi meledak kembali saat distorsi dimainkan. Oh ya, lagu ini adalah lagu Iron Maiden favoritnya Bruce Dickinson.

2. The Trooper

Jika The Trooper dibawakan live pasti Bruce Dickinson mengibarkan bendera Britain karena seperti judulnya lagu ini isinya tentang tentara perang dan kemerdekaan, yang disampaikan dengan musik heavy metal yang sangat nonjok disetiap bagian-bagian lagunya. Lagu klasik ini juga pasti kamu udah pernah denger sebelumnya, meskipun kamu gak tau pasti namun riff-nya pasti kamu kenal karena The Trooper memiliki riff yang sangat memorable terutama pada intronya dan saya yakin pertama kali kamu denger kamu langsung ketagihan.

1. Hallowed be thy Name

Gak ada keraguan untuk menempatkan Hallowed be thy Name dalam karya Iron Maiden terbaik sepanjang masa atau bahkan lebih dari itu, ini adalah lagu heavy metal terbaik sepanjang sejarah perjalanan musik metal karena lagu ini punya segalanya, breakdown check, insane vocal check, solo guitar check, riff guitar ? for God sake, Check !!! intro yang epic dan gagahnya vokal Bruce Dickinson mengawali lagu yang sempurna ini, lalu lagu ditutup pun dengan klimaks teriakan Hallowed be thy Name yang panjang. 

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment