11 Rekomendasi Lagu Metal Paling Mudah Dimainkan

Genre metal memang sering dicap sebagai salah satu genre musik yang sulit dipelajari karena cenderung cepat dan tekniknya perlu dipelajari secara bertahap untuk sebagian orang. Namun bagaimana untuk yang baru megang gitar elektrik pertama kali pengen belajar lagu metal ? dalam tulisan ini saya ingin berbagi soal lagu metal yang mudah untuk dipelajari khususnya di intrumen gitar elektrik, karena lagunya yang simple atau tekniknya gak gak terlalu susah. Oh iya jika kamu bingung dengan nama-nama teknik yang saya sampaikan, kamu bisa buka dulu postingan 10 Teknik untuk belajar gitar elektrik bagi yang bingung dengan nama tekniknya.


For Whom the Bell Tolls by Metallica

Siapa bilang lagu-lagu Metallica itu bikin capek tangan kanan semua ? For Whom the Bell Tolls gak sejahat lagu yang lain karena mungkin hanya di lagu ini Metallica cuma main power chord aja dan temponya pun gak nge-thrash namun lebih ke heavy. Hal tersebut menjadikan lagu ini mudah dipelajari, solonya pun sangat direkomendasi bagi yang lagi awal-awal belajar lagu thrash karena solonya hanya looping aja dan gak ada teknik yang ribet. Dalam lagu ini pun semua instrumen terlihat ‘main’ dalam bagian-bagiannya sendiri.


Paranoid by Black Sabbath

Lagu ini pasti udah dikenal oleh para metalhead yang menyukai metal klasik dan seperti yang kamu tau, lagu klasik khususnya subgenre stoner metal gak banyak menggunakan teknik pada solo apalagi riffnya. Seperti lagu Paranoid ini, ia hanya menggunakan 3 chord loh sepanjang lagu dan sebagian besar hanya main down picking aja, lalu untuk solonya pun Cuma ada bending dan hammer-on aja + solonya enak banget dimainin.


Holy Diver by Dio

Satu lagi lagu metal klasik yang dibawakan oleh mantan vokalis Black Sabbath juga, Ronnie James Dio dan satu-satunya yang sulit hanya vokalnya aja, gitarnya ? hanya main chord doang kok. Mungkin di solonya terdengar rumit karena lumayan banyak teknik yang digunakan namun dasarnya cukup sederhana kok coba aja nyontek dari cover gitar di youtube dan jika kamu bisa menguasai solonya, mungkin kamu udah siap ke tingkat selanjutnya.


Down with the Sickness by Disturbed

Selain memiliki breakdown “oh-wah-ah-ah” nya yang bikin kita nge-headbang, Down with the Sickness pun memiliki permainan gitar yang sangat mudah karena 70% hanya menggunakan chord E yang di palm mute kan sisanya hanya ‘variasi’ pelengkap. Direkomendasi bagi yang sedang belajar natural harmonic juga karena di lagu ini cukup banyak menggunakan teknik itu khususnya di bagian chorus dan juga rekomendasi bagi yang mau main gitar sambil nge-headbang haha.


Chapter Four by Avenged Sevenfold

Lagu ini cocok banget buat warming gitaris pemula, karena selain riff melody-nya enak, juga gak cepat dan gak ribet. Selebihnya lagu ini hanya main chord yang di palm mute. Solo pada saat diakhir-akhir yang waktu M. Shadows melakukan scream itu, pun tergolong mudah dihafal dan untuk membiasakan main bending juga bagi kamu yang belum biasa.


Omerta by Lamb of God

Memang Lamb of God sering menyajikan riff-riff yang rumit  dan butuh waktu untuk sekedar melancarkannya namun di lagu Omerta seperti perlahan tapi pasti, dimulai riff yang berat dan perlahan lalu saat beres chorus ke-2 kamu akan diajak bermain cepat sedikit dan diakhiri dengan headbanging riff lagi. Teknik yang dipakai dalam lagu ini hanya terdiri down picking dan pinch. Untuk memainkan Omerta, kamu perlu nge-drop ke D dulu gitar kamu, dengan cara mengubah string ke-6 dari nada E ke D.


Duality by Slipknot

Duality adalah salah satu lagu yang gak semengerikan lagu Slipknot lainnya, faktanya kamu hanya perlu menguasai 3 bagian lagu yaitu chorus, verse dan riffnya, setelah itu kamu bisa menguasai seluruh lagu. Direkomendasi banget bagi yang lagi belajar teknik pinch dan alternate picking karena kedua teknik itu mantep banget disini, alternate picking-nya pun hanya ada pada 1 string. Oh ya lagu ini dasarnya pake Drop B, namun jika kamu gak mau ribet pake cara saya aja, saya suka pake drop D biar gak usah ngubah semua string tapi sedikit merepotkan buat vokalis kamu jika kamu ngejam haha.


Sugar by System of a Down

Salah satu lagu metal yang konyol, lucu atau kocak dari System of a Down meski isi lagunya yang cukup frontal dengan kata-kata protes. Lalu mengapa lagu ini sangat mudah ? chord dari awal hingga tengah lagu hanya dimainkan itu-itu aja lalu pada melody gitar saat vokal berjalan pun asik dan simple juga, hanya mungkin bagi yang belum pernah main palm mute cepat akan kewalahan di outro namun dengan tempo lambat yang semakin cepat memungkinkan pemula akan berpacu terus dikejar tempo hingga ia mampu menyelesaikan menit terakhir. Sama seperti Slipknot, dasarnya lagu ini drop C tapi ke D aja lah biar gak ribet haha.


Breaking the Law by Judas Priest

Judas Priest memang terkenal dengan lagu-lagu dengan solo yang memburu dan riff yang cepat namun karyanya yang satu ini adalah lagu yang paling simple dan mudah soalnya hanya permainan power chord biasa, gak ada teknik-teknik yang rumit. Selain gitarnya, semua instrument dan vokalnya pun mudah karena kali ini vokal Rob Halford gak segila di Painkiller ataupun Metal Meltdown. Tune gitar Breaking the Law standar E kok.


Walk by Pantera

Asik dan paling sederhana di masalah riff karena secara keseluruhan riff-nya itu-itu aja yang dimainkan, jadi di lagu Walk kamu cukup menguasai intro dan outronya aja. Sayangnya solo gitar sedikit ngeri dalam Walk, namun sama seperti lagu Holy Diver jika kamu bisa menguasai solonya berarti kamu siap ke tingkat yang lebih tinggi.


Never Give Up by Outright

Bagi yang suka lagu Hardcore, saya kasih rekomendasi satu nih dari band lokal asal Bandung, Outright. Sama seperti Omerta, lagu ini harus di drop-kan ke nada D dulu, setelah itu silahkan diulik karena mulai dari awal hingga akhir hanya teknik down picking aja yang dipakai selebihnya kamu hanya perlu ngulik chordnya kok dan Never Give Up !!

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment