10 Lagu dengan Lirik paling Depresif

Sebuah lagu hebat, bisa membawa pendengarnya masuk kedalam cerita yang ada pada lagunya, misalnya lagu sedih yang bisa dengan mudah membuat air mata pendengarnya mengalir karena merasakan apa yang disampaikan oleh yang menyanyikan. Namun diatas tingkat sedih, ada perasaan depresi yang juga disampaikan dalam lagu, dimana pendengarnya dihantui oleh rasa stress dan depresi namun tidak sampai dibuat menangis, karena lagu depresif hanya ditugaskan untuk ‘menghantui’ pikiran pendengarnya dengan lirik yang terkadang tergolong sakit dan memilukan, atau musik yang aneh dan mengganggu.
Dalam tulisan ini saya menggolongkan lagu-lagu tersebut kedalam 10 lagu dengan makna paling depresif.


10. Dead Skin Mask by Slayer

Pasti kamu sudah tau kan seorang pria bernama Ed Gein ? kanibal yang ceritanya diangkat ke sebuah film Texas Chainsaw Massacre ? cerita dari Ed Gein pun menginspirasi band metal Slayer untuk menulis lagu tentang kisahnya, namun kali ini dalam sudut pandang Ed Gein-nya sendiri yang siap menguliti korbannya untuk dijahit sebagai bahan utama untuk pakaiannya, yang membuat lebih depresif yaitu adanya teriakan anak kecil yang meminta untuk mengakhiri 'permainan' ini yang membuat suasana lagu semakin mencekam.
Bait paling Depresif : "Mr Gein ?? I don't play anymore, Mr. Gein... LET ME OUT!"


9. One by Metallica

Saya bener-bener gak bisa ngebayangin bagaimana rasanya menjadi si ‘aku’ dalam lagu One ini, karena liriknya bermakna tentang seorang prajurit perang yang kehilangan penglihatan, pendengaran, kaki dan tangannya, ia hanya hidup karena otak dan jantungnya saja masih hidup !! faktanya pun ini adalah sebuah kisah nyata yang dialami prajurit perang dunia 1, udah gak bisa bayangin deh saya bagaimana hidupnya, tanpa cahaya, tanpa suara. Dalam video klipnya pun terlihat bagaimana depresinya dia menghadapi sebuah horror yang nyata seorang diri.
Bait paling Depresif : I cannot live, I cannot die, Trapped in myself, Body my holding cell”


8. Prelude 3.0 by Slipknot

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mencoba bangkit dari keterpurukan dan depresi, namun sepertinya ia gagal untuk bangkit dan berpikir jika semua kesempatan untuk hidup telah berakhir karena menurutnya gak ada orang yang peduli. di iringi oleh musik yang parau dengan efek elektroniknya yang benar-benarmenggambarkan keadaan yang kacau lalu diakhiri dengan teriakan Corey Taylor, "No !!! No !!!! No !!!!" lagu pun berhenti seketika.
Bait paling Depresif : "All the reason come to life haha, But now it's over".


7. Tears in Heaven by Eric Clapton

Sebenernya jika kamu gak tau makna dari liriknya lagu ini bikin adem banget, namun ketika kamu mengetahui fakta bahwa lagu ini menceritakan tentang anaknya Eric Clapton yang meninggal, lagu ini berubah menjadi sangat depresif. saya kurang tau bagaimanatau mengapa anaknya bisa mati, yang pasti di lagu ini di ceritakan bahwa Eric Clapton merasa gagal menjadi seorang ayah karena menurutnya ada penyesalannya terhadap sesuatu yang sangat besar terhadap anaknya.
Bait paling Depressive : I'll find my way through night and day, 'Cause I know I just can't stay here in heaven”

6. Closer by Nine Inch Nails

Lagu yang bertemakan fantasi seksual ini dibuat sedepresif mungkin di tangan Trent Reznor (vokalis Nine Inch Nails) karena ia memuat lirik yang benar-benar vulgar dan sangat frontal, menjadikan kesan lagu tentang seks ini gak sama sekali menarik, bahkan sebaliknya, pendengar akan dibuat jijik dan tidak nyaman. musik electronic yang sedikit mengganggu pun mengiringi jalannya nyanyian menjijikan ini, namun anehnya banyak orang yang menyukai lagu ini.
Bait paling Depresif : “I wanna f*ck you like an Animal”


5. Kim by Eminem

Menurut wawancara, Eminem membuat lagu ini ketika ia sudah muak dan depresi dengan istrinya yang berselingkuh dan menikah lagi, lalu ia berfantasi bagaimana ia memaki dengan sangat keras kepada mantan istrinya, menyiksanya dengan siksaan batin lalu membunuhnya dengan pisau menancap dalam di lehernya setelah ia membawa mantan istrinya ke tempat eksekusi. Yang membuat lebih depresif adalah cara Eminem memaki-maki dan mantan istrinya memohon dibuat se-Real mungkin, hinga kita membayangkan apa yang ada di dalam kepala Eminem saaat itu. Oh ya, mantan istrinya bernama Kim.
Bait paling Depresif : Now bleed! bitch bleed! Bleed! bitch bleed! bleed!


4. Strange Fruit by Billie Holiday

Mungkin kamu lebih mengenal lagu bikin bunuh diri yang sudah sangat terkenal saat dinyanyikan oleh penyanyi Jazz klasik ini, yap Gloomy Sunday. Namun kali ini saya membahas lagu depresif lainnya yang dinyanyikan oleh Billie Holiday juga, Strange Fruit. Pertanyaannya apakah buah yang aneh tersebut ? buah yang aneh itu sebenarnya tubuh-tubuh orang kulit hitam yang digantung setelah dibantai oleh ras kulit putih berdasarkan tragedi yang pernah terjadi saat tahun 1930. Lagu ini dimaksudkan untuk mengutuk perbuatan tersebut dengan kata-kata yang creepy.
Bait paling Depresif : "the bulging eyes and the twisted mouth, scent of magnolia, sweet and fresh, then the sudden smell of burning flesh."


3. Hurt by Johnny Cash

Lagu ini sebenarnya karya dari Trent Reznor juga, namun di cover oleh seorang legenda musik country, Johnny Cash. Meski gak ada instumen-instrumen berbunyi parau dan aneh seperti versi aslinya, hanya bermodalkan instrumen yang digunakan di musik Country, namun kesan depresif bisa terasa lebih mendalam saat Johnny Cash menyanyikan lagu ini, mengapa ? silahkan nonton video klip diatas, terlihat semua yang disampaikan dalam liriknya Johnny Cash telah mengalami hal tersebut dan ini membuat lagu semakin depresi mengingat Hurt adalah lagu terakhir yang dinyanyikan oleh Johnny Cash juga.
Bait paling Depresif : “Everyone I know, Goes away in the end”


2. Daddy by Korn

Banyak lagu dari KoRn yang mempunyai tema stress dan depresi, namun lagu KoRn yang satu ini bukan main depresifnya. Bisa dilihat juga di awal video diatas kita diperingatkan bahwa lagu ini mempunyai makna lirik yang sangat mengganggu dan dinyanyikan luar biasa depresif juga oleh Jonathan Davis, karena faktanya pun dia yang pernah mengalami hal serupa yang diperbuat oleh tetangganya sendiri saat ia masih kecil !! sama seperti Eminem, ia membuat lagu ini karena sudah saking bencinya dia akan sosok itu namun jika Eminem hanya fantasi, ini adalah peristiwa nyata !  tetangganya adalah seorang Phedophilia.
Lirik paling Depresif : Mommy why?! Your own child”

1. Frankie Teardrop by Suicide

Dari nama band-nya sudah jelas mengapa lagu yang diciptakannya sangat depresif. Alunan musik yang aneh banget, lirik yang jelas-jelas menceritakan tentang keadaan depresi, kacau, pembunuhan dan bunuh diri, hal ini membuat siapapun yang mendengarnya gak nyaman bahkan mungkin beberapa orang gak mampu ‘menamatkan’ lagu ini dari awal hingga akhir karena atmosfer yang ditimbulkan lagu ini sangat mengganggu karena teriakan dan erangan yang creepy banget. Akhir liriknya pun menurut saya sangat menghantui, karena berbunyi : Frankie's lying in hell, We're all Frankies”

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment