Talk About : Pixies, musik berisik nan asik !!

Pixies
Kim Deal - Black Francis - David Lovering - Joey Santiago
Perkenalan awal saya dengan Pixies dimulai dari ending song-nya film Fight Club yang menurut saya “kok aneh banget ya ? tapi asik juga” karena saya baru mendengar genre rock se-nyentrik ini. Sebelum saya ngelanjut tulisan ini, silahkan nonton dulu video dibawah ini.

Noise Genre

Bagaimana ? are you feeling weird or something ?? :D mungkin sebagian orang yang gak biasa dengan musik ini apalagi yang biasa denger musik easy listening saya yakin akan langsung stop di awal-awal lagu haha, karena setelah saya cari-cari artikel tentang Pixies ini memang konsep dari band ini adalah Rock alternative namun alternative-nya melenceng sangat jauh, menjauhi Nirvana, Soundgarden dan yang lainnya, karena nada-nada yang dimainkan sangat parau, distorsinya pun terbilang berisik, mungkin Gain-nya di drop kan lalu treble-nya di maksimalkan lalu dipetik dengan sangat kasar maka jadilah sebuah musik yang berisik dan akhirnya mereka mempelopori subgenre rock atau pop yang baru yaitu noise rock/pop, saking berisiknya musik mereka mungkin berisiknya mengalahkan suara dari beberapa band metal sekalipun loh !
New Bassist
Paz Lenchatin 

Music and Lyric Style

Seperti yang saya omongkan di atas, musik mereka gak cocok bagi pendengar musik easy listening karena musik mereka sangat susah dimengerti dan dinikmati, bagaimana tidak di awal lagu kadang mereka selo-selo aja, waktu nyampe chorus duaarrr tiba-tiba si Black Francis teriak-teriak atau mengeluarkan suara melengking, WTF !!? kayaknya suatu jumpscares bagi pendengar lagu ringan yah haha :D
“lalu apa menariknya dari Pixies jika lagu yang mereka tawarkan bikin puyeng ?” oh bagi para penikmat musik bising mereka lah idolanya, karena sangat sedikit bahkan langka grup musik yang mengambil ‘resiko’ genre musik seperti mereka. Namun meskipun terdengar ngawur banget nadanya, tapi jika dipelajari itu masuk loh hanya mungkin bisingnya itu jadi bikin ngawur, lalu uniknya lagi lirik-lirik yang ditulis oleh mereka aneh-aneh bahkan terkadang mengangkat tema yang gak masuk akal terutama yang mengacu tentang seks dan candu, soalnya mana lagi coba orang yang menulis lagu tentang rasanya menyetubuhi robot ? atau lagu yang berbicara tentang ejakulasi dini ? lah apa yang salah dengan isi kepala mu wahai Kim Deal, Black Francis, David dan Joey ?? Tapi mungkin hal-hal tabu yang mereka angkat terjadi di masa sekarang, buktinya *sorry boneka dan alat bantu seks sekarang udah jadi gak aneh di telinga orang-orang.

The Weird One

Pixies, dibangun oleh vokalis yang aneh banget gaya nyanyi-nya dan tipe suaranya lalu di support oleh si pembuat kebisingan yaitu lead guitar-nya yang terdengar ngawur dan nada yang menabrak-nabrak lalu permainan bass yang sedikit ‘manusiawi’ dan backing vokalnya pun sedikit memberikan rasa ‘manis’ di lagu dan di iringi oleh drummer yang nyalem-nyalem ‘beracun’, pokoknya Pixies beranggotakan orang-orang yang klop dengan keanehan mereka masing-masing dan menurut saya sangat berani membawakan gaya musik yang secara komersil mungkin gak terlalu menjanjikan, namun mereka berhasil luar biasa bahkan diluar ekspektasi ‘pendengar baru’nya mengapa Pixies bisa main dalam event dunia yang sering bertempatkan di stadion bola, Wow !
Karena keunikan dari gaya bermusiknya, sampai saat ini Pixies menjadi legenda satu-satunya loh ! maka saat mereka hiatus saat tahun 90 banyak para fans yang mendesak agar mereka bergabung kembali karena mana lagi coba band yang searah dengan Pixies, bisa aja kamu memberikan masukan Radiohead atau The Smashing Pumpkins tapi sayangnya mereka masih kurang berisik daripada Pixies, makanya bagi Metalhead kamu belum tentu bisa bertahan mendengarkan Pixies, meski telinga kamu sering dimasuki suara keras.

Pixies not The Pixies

Overall

Pixies adalah band yang sulit untuk dipahami dan dimengerti banyak orang karena gaya musiknya yang unik dan aneh juga terdengar berisik karena efek yang di atur juga sengaja untuk menciptakan kebisingan. Keunikannya inipun menjadikan Pixies satu-satunya legenda musik pop berisik di dunia, karena banyak band yang gak mau ngambil ‘resiko’ sebesar yang Pixies ambil. Intinya Pixies adalah jenis band yang gak bisa sekali kenal langsung mengerti, menjadi fans Pixies pasti butuh waktu lama untuk bisa menikmati alunan bisingnya dan menemukan asik dari lagu-lagunya karena metalhead sekalipun belum tentu bisa menikmati Pixies. Direkomendasi bagi yang mencari pengalaman yang lebih luas tentang musik ataupun genrenya.

Apakah semua lagunya begitu ?? kabar baik bagi pendengar easy listening, ada lagu yang paling easy listening yang pernah dibuat mereka yaitu Here Comes your man, semua instrumennya bermain ‘aman’ dan ramah, coba deh cek video diatas, gak bakal nyesel kok kaya video sebelumnya :D

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment