11 Vokalis/Penyanyi dengan Suara Terunik

Banyak sekali penyanyi di dunia ini yang kualitas suaranya melebihi orang rata-rata, namun sedikit dari mereka yang memiliki suara ciri khas-nya sendiri yang jarang atau bahkan gak ada orang lain yang mempunyai ciri khas suaranya. Dalam tulisan ini, saya membahas penyanyi atau vokalis band yang memiliki suara-suara tersebut, unik dan jarang ada yang memiliki ciri khas-nya hingga mungkin semua orang bisa menebak “ini pasti dia yang nyanyi” karena saking uniknya. Oh ya, jika ada yang terlewat, silahkan isi kolom komentar dibawah karena mungkin hanya ini yang saya tau hehe.

11. Amy Lee (Evanescence)

Banyak orang yang menjulukinya sebagai “Queen of Gothic” dan saya pun setuju mereka menjulukinya demikian, karena style-nya sangat memorable dengan warna-warna gelap yang pasti pembaca semua inget Amy Lee kan jika ngomongin Gothic ? :D selain itu vokalnya euuuhh.. gak usah diragukan lagi, dia memiliki suara yang gampang disukai para pecinta musik gothic maupun rock. Berat, kuat dan ‘menghantui’. Saya kurang tau tipe suaranya, apakah Sopran atau Barritone atau fusion kah ? entah apa, namun yang pasti jarang banget penyanyi perempuan memiliki keunikan yang dimiliki Amy Lee.


10. Eddie Vedder (Pearl Jam)

Bagi yang suka nontonin event-event musik kayak Woodstock pasti tau siapa sosok terdepan dari band anak muda tahun 90, Pearl Jam. Memang beberapa penyanyi dunia memiliki tipe suara Barritone, namun uniknya Eddie Vedder adalah power dari suara rendah tersebut yang kena banget bahkan para pengamat musik menilainya seorang Jim Morrison namun dengan vokal yang nge-Growl, jadi meskipun ia nyanyi lagu slow tapi ‘tekanan’nya itu terasa kental banget dari vokalnya. Bagi pembaca yang memiliki suara Barritone, silahkan bisa latihan dengan lagu-lagu kang Eddie ini yang asik-asik ini :D

9. M. Shadows (Avenged Sevenfold)

Ini pasti idolanya anak-anak muda jaman sekarang nih, M. Shadows !! berkarir dengan salah satu band yang terkenal banget di dunia, Avenged Sevenfold yang sukses karena salah satu faktornya adalah kehebatan dan keunikan dari vokal yang dimiliki M. Shadows ini, karena sampai saat ini saya belum pernah denger vokalis dengan ciri khas yang dimiliki M. Shadows, Barritone tinggi namun tetap berat dan nyaring. Soalnya selama yang saya tau, penyanyi metal jika mau membuat suara seperti M. Shadows harus ‘mengkonversikan’ dulu ke teknik scream.

8. Thom Yorke (Radiohead)

Mungkin Matt Bellamy ataupun Chris Martin mempunyai Falsett yang ok banget, namun menurut saya gak ada yang seunik falsetto-nya Thom Yorke, karena seperti yang pembaca dengar transisi falsetto-nya itu lembut banget, gak tabrak-tabrakan, fresh banget lah pokoknya kayak air mengalir gitu. Keunikan dan Skill yang dimiliki Thom Yorke ini pun menghasilkan namanya di daftar 100 penyanyi terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone !

7. Joanna Newsom

Jika kamu baru denger lagunya dalam format mp3 pasti kamu agak kaget dengan rupanya yang jauh berbeda dengan suaranya yang imut anak kecil banget. Saya bersyukur sekali Joanna Newson gak ngambil genre pop, karena menurut saya keputusan yang tepat bagi doi untuk menyanyikan lagu alternative atau folk yang agak freak, sebab doi terlihat lebih bebas dalam menyanyi layaknya anak kecil yang bebas mengeksplor keunikannya sendiri, yap senjata pamungkas doi adalah unik dan head voice nya yang bikin kita penasaran sama lagu-lagunya meskipun jenis musiknya sulit untuk dinikmati banyak orang.

6. Patsy Cline

Bagi yang menggemari musik country di awal masa kejayaannya di tahun 50an pasti tau dengan perempuan bersuara indah ini. Dengan musik-musik yang ringan dibawakan dan vokal yang berciri khas tune yang kaya, emosional dan tebal-rendah menjadikan ia sosok yang mudah digemari oleh orang yang pertama mengenalnya, bahkan saya pun mengenal Patsy Cline lewat GTA : San Andreas, waktu denger K-ROSE radio saya tertarik banget sama suaranya padahal umur saya masih sangat bocah jika dikatakan umur normal untuk pecinta musik country dengan suara penyanyi wanita tahun 50an.

5. Serj Tankian (System of a Down)

Kalo kamu sukanya lagu keras pasti kenal Serj Tankian sebagai vokalis metal, namun jika kamu suka lagu Jazz-fusion pasti taunya dia tuh seorang yang Jazzy banget, karena talenta yang dimiliki Serj Tankian sangat luar biasa, ia bisa menguasai banyak genre musik, bayangkan saja dia memiliki range vokal yang bener-bener sakit ! bisa rendaaaah banget dan bisa tinggi banget, bahkan pernah menyamai Rob Halford !! Bakat tersebut pun didukung oleh vokalnya yang unik, bisa liar banget dan kebalikannya bisa lembut banget, pernah saya pun melihat video dia membuat suara-suara aneh dengan teknik head voice dan falsetto. Satu kata untuk bapak ini, Insane !!

4. Michael Jackson

Siapa yang gak kenal Michael Jackson ? mungkin hampir seluruh orang di dunia ini mengenal sosoknya yang unforgettable hingga ia dijuluki “King of Pop”, bagaimana tidak ia adalah ikon dari musik yang digabungkan dengan tarian hingga terbukti banyak artis pop yang menggunakan konsep seperti itu. Selain terkenal dengan Moonwalk-nya, ia pun terkenal dengan suara tenor yang begitu merdu, lembut dan kuat, tak jarang ia memakai nada tinggi yang begitu panjang. Sosok Michael Jackson pun sangat mudah untuk dicintai, karena musiknya memiliki energi tersendiri terutama jika ia sudah menulis lagu tentang kasih hingga ia pun menjadi figur utama “U.S.A. for Africa”.

3. Freddie Mercury (Queen)

Jika di fraksi pop punya Michael Jackson, maka di fraksi Rock punya Freddie Mercury !! dengan penampilan panggung yang begitu meriah dan kemampuan vokal 4 oktave-nya menjadikan nama Freddy Mercury selalu terdepan di mata pengamat musik dan penggemar musik rock asli tahun 80an. Keunikan vokalnya pun menjadi salah satu faktor mengapa sosok Freddie Mercury sulit untuk digantikan, karena ia mampu dengan mudah bergerak dari nada tinggi ke rendah yang membanting, head voice-nya pun begitu kuat dan terdengar energik yang bikin pendengarnya gak bosen-bosen denger lagu atau rekaman live-nya Queen.

2. Björk (Sugarcubes)

Bjork adalah seorang diva asal Irlandia yang saya sangat sukai keunikannya yang sering ada 'selipan' desah disetiap akhir kata yang ia nyanyikan dengan ciri khas yang belum saya temui di satu pun penyanyi lain dan lagu-lagu yang ia bawakan pun sangat nyentrik mungkin sama seperti Joanna Newson yang sulit untuk dinikmati sebagian orang seperti genre yang di fusion seperti pop-jazz atau alternative-folk ataupun ambient, electronica. Gaya berpakaiannya pun terkadang nyentrik, jika mungkin disandingkan dengan artis Indonesia itu seperti Melly Goeslaw. Oh ya, Bjork pun merupakan vokalis dari grup band Sugarcubes, kamu suka dengan musik-musik gaya Pixies ? maka Sugarcubes adalah rekomendasi terbaik !!

1. Louis Armstrong

Siapa pun yang mendengar suaranya, hati dibikin hangat atau adem. Meskipun memiliki suara unik yang berat, seraknya basah banget dan parau, namun entah bagaimana dia menghasilkan penampilan yang sangat manis untuk dilihat dan didengar. Pasti pembaca pun sekali denger lagu diatas akan suka dengan sosoknya yang lovely banget, bahkan seorang kenalan saya yang selalu dibikin nangis denger lagunya, What a Wonderful World. Hingga saat ini gak ada satu penyanyi pun yang menyamai suaranya yang parau tapi bikin adem.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment