10 Band Metal Keren Paling Underrated

Band-band besar seperti Metallica, Judas Priest atau Iron Maiden mungkin udah gak asing lagi ditelinga kita karena mereka terbukti berhasil mencetak album-album yang fantastis. Namun karena band seperti mereka sudah mencapai level tinggi, ada beberapa band yang Famous Level-nya masih jauh dibawah mereka atau bisa kita sebut Underrated hingga gak banyak orang yang tau bahwa mereka tuh keren juga hanya kurang dikenal oleh orang-orang.
Dalam tulisan kali ini saya membahas band-band metal yang masih tergolong Underrated khususnya bagi metalhead di Indonesia dalam 10 Band metal keren paling Underrated atau gak banyak orang yang tau.

Mastodon

Awalnya saya gak kenal band ini langsung dari lagunya, perkenalan saya dengan Mastodon berawal saat saya melihat cover album yang kampret abis (baca : keren) khususnya cover album Leviathan yang pasti kamu pun berpikiran sama dengan saya. Karena saya melihat cover dulu jadi tertarik juga untuk denger lagu-lagunya, dan saat itu juga saya gak sama sekali dikecewakan dengan lagu-lagu mereka, bener-bener Underrated ! ambil contoh aja Blood and Thunder, Oblivion, atau March of the Fire Ant lagu keren-keren mereka dengan distorsi yang di tune sangat berat, lalu fill-in nya pun sangat catchy karena mengingat mereka pun memiliki drummer hebat.

Stone Sour

Bagi penggemar Slipknot mungkin gak asing dengan nama Stone Sour, karena faktanya Stone Sour adalah band asuhan 2 member Slipknot sendiri yaitu Jim Root dan Corey Taylor. Namun bukan berarti Stone Sour gak punya ciri khas tersendiri, mengingat Slipknot dengan musiknya yang rame dan berisik, Stone Sour tampak lebih bersih karena Corey Taylor lebih banyak menggunakan Clean vocal-nya dan tune distorsi pun gak terlalu tinggi. Bagimana dengan lagu-lagunya ? sama-sama gila !! namun dengan rasa yang berbeda :D

Testament

Bisa aja Testament gak termasuk dalam 4 besar band Thrash metal dunia yang biasa kita sebut The Big 4, namun lagu-lagu yang mereka buat pantas untuk disetarakan dengan band Thrash metal sebesar The Big 4. Dengan vocal yang menggeram ala Hetfield jaman dulu yang lebih rendah dan juga distorsi gitar yang kental banget membuat lagu-lagunya begitu terdengar berat di speaker.

Motorhead

Mungkin disini aja banyak yang gak tau Motorhead itu band seperti apa, karena saya lihat orang-orang luar sangat mengagungkan nama Motorhead dan memasukannya kedalam salah satu band metal paling berpengaruh sepanjang masa. Karena tengok saja lagunya yang simple tapi aneh bisa Badass banget ! yang unik dari Motorhead itu salah satunya yang paling menonjol adalah vokalisnya yang suaranya mirip suara mesin motor, gaya yang nyentrik dan cara bernyanyi yang aneh karena saya baru lihat ada yang nyanyi sampai microphone-nya tinggi banget di atas kepala, mungkin itu penyebab Lemmy suka nge-gas haha.

Mushroomhead

Ingat band bertopeng pasti ingat Slipknot, tapi hey don’t forget this one man !! Mushroomhead pun sama seperti Slipknot yang tampil di panggung dengan seragam dan topeng yang menyeramkan. Namun jangan tuduh mereka penjiplak Slipknot ya, karena faktanya mereka lebih tua dari Slipknot hanya mungkin jam terbangnya terlambat jauh dengan Slipknot, namun jangan tuduh juga Slipknot yang menjiplak, konflik ini sudah di selesaikan kok, mungkin saya akan bahas di lain posting.
Dari penampilan boleh sama, namun musik mereka mempunyai gaya yang berbeda, jika Slipknot terkenal dengan nadanya yang agresif dan punya aura murka yang kental, Mushroomhead menghadirkan lagu Nu-metal yang tidak lebih agresif namun dengan alunan yang lebih berat dan mungkin clean vocal yang di salurkan ke member yang lain membuat keunikan tersendiri bagi Mushroomhead.

Anthrax

Sebagian besar orang mungkin lebih tau tentang ‘kakak-kakak’nya dari 4 bersaudara ini (Megadeth, Slayer dan Metallica) namun jangan lupakan si ‘bungsu’ juga, Anthrax juga mempunyai style sendiri dalam menyajikan Thrash metal yang menurut saya lagu-lagunya lebih simple dari kakaknya dan temponya pun relatif lebih rendah juga, itu sebabnya lagu Anthrax lebih mudah dicerna. Riff-riff Scott Ian pun mantep banget dengan Palm mute-nya, dan jangan ragukan vokalis yang datang dari suku Indian, Joey Belladona, meskipun keliatan tua banget cuma powernya jempol banget.

In Flames

Penggemar Jonathan Davis mana suaranya ? haha, Entah menurut kamu, tapi menurut saya vokalisnya mirip banget sama Jonathan Davis dari mulai rambutnya yang brekele dan nyanyinya juga mirip agak melambai gila gimana gitu, namun bukan berarti musik mereka sama ya, In Flames membawakan Metalcore namun KoRn bawa Nu-Metal nya, jadi bisa dibilang In Flames adalah KoRn yang di convert ke Metalcore haha. Yang keren dari In Flames ini terletak pada vokalis dan Riff-riff yang mereka ciptakan keren banget.

Exodus

Band yang pernah digawangi oleh Kirk Hammet dari Metallica dan Gary Holt dari Slayer ini setahu saya adalah band metal yang paling banyak mengalami pergantian member hingga saya bingung mana anggota yang asli Exodus dari dulu bahkan akibat banyak pergantian vokalis di lagu-lagunya pun ada yang bernada tinggi banget ada yang nadanya rendah banget. itulah kenapa saya berpikir bahwa Exodus adalah Supergroup karena kita bisa lihat banyaknya legenda yang pernah singgah di Exodus, maka jangan ragukan kualitas lagu-lagu mereka karena terbukti sudah banyak musisi legenda yang menyumbangkan ide-ide bangsad-nya ke dalam album-album Exodus.

Between the Buried and Me

Jika kamu tipe pendengar lagu-lagu yang sulit dinikmati + bikin puyeng dengan transisi yang aneh-aneh maka kamu cocok dengan Between the Buried and Me, karena gak seperti band kebanyakan, alur lagu mereka bisa dibilang acak-acakan namun terkadang ada bagian ‘manis’nya yang membuat kita bingung namun menikmati (sepertinya kata-kata saya pun acak-acakan :D) mungkin ini yang bikin orang susah mencerna, tapi jika kamu fans-nya Animals as Leader yang om Tosin itu ? masuk sini !

Annihilator

Waktu saya lagi suka-sukanya sama Megadeth trs mau belajar lagu Tornado of Souls karena alternate picking saya waktu itu payah banget terus bapak temen saya nyaranin “nih lagu anak muda mah yang gini dulu” pas saya di pinjamkan DVD Annihilator, 1 kata yang terlontar di mulut saya “Riff-nya bangsad !!” entah kenapa saya gak peduli dengan permainan alat musik drum, bass atau vokalnya pokoknya bodo amat, Annihilator bikin saya fokus dengan Riff-nya yang bener-bener harus di kata-katain. Dan disana saya heran, kenapa ya mereka keren banget cuma gak terkenal, mungkin mereka menyajikan musik yang bukan untuk digemari tapi untuk di cela *maksudnya di puji dengan kata kasar :D

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment