Review DVD : The Big 4 live from Sofia, Bulgaria (2010)

Bagi yang suka beli-beli kaset Original dari mulai album atau Cd live concert official pasti gak mau nyesel udah ngeluarin uang gede-gede tapi hasilnya mengecewakan terkecuali emang udah superfans banget sama musisinya. Dalam tulisan kali ini saya ngasih review tentang DVD nya The Big 4 (Anthrax, Megadeth, Slayer dan Metallica) waktu live di Sofia, Bulgaria agar bagi calon pembeli CD originalnya atau yang lagi bingung mau beli CD live concert yang bagus mempunyai gambaran terlebih dahulu apakah cocok atau engga.
Mungkin ini selebihnya adalah lebih ke pendapat saya tentang DVD ini yang di perhatikan dari penampilan dari setiap bandnya karena visual dan audio itu sudah pasti memanjakan kamu. Jika ada point yang saya lewatkan, isikan kolom komentar dibawah metalfriend !!


Anthrax

dalam The Big 4, Anthrax tampil sebagai band pembuka yang pasti langsung menggebrak kamu dengan lagu asiknya, Caugh in a Mosh. Penampilan mereka adalah salah satu yang terbaik dari konser lainnya, karena meskipun Joey Belladona di tengah lagu terlihat dengan vokal lelahnya namun ia berhasil meng-handle itu semua agar gak crack lalu support dari Scott Ian sebagai backing vocal pun sangat baik dan saling melengkapi, Joey dengan nada tingginya dan Scott Ian dengan teriakan nada rendah yang kuat. Namun menurut saya tune guitar pada Lead Guitar menurut saya kurang ‘tarik’ waktu datang solo, tapi itu bukan masalah besar karena seperti yang kita tau bahwa Anthrax jagonya bikin Riff yang asik. Overall, Anthrax asik banget di konser ini karena saya tau asiknya Anthrax dari DVD ini loh. Konser Anthrax pun berakhir dengan lagu I am the Law dan kata-kata dari Scott Ian “Enjoy Megadeth ! Enjoy Slayer ! Enjoy Metallica ! Thank you so much !!”
Best Anthrax Performance : Caugh in a Mosh, Indians/Heaven and Hell, Metal Thrashing Mad.

Megadeth

nah bagi yang menanti-nanti band yang full dengan permainan teknik-teknik hebat, Megadeth lah kejutannya karena dalam konser ini Chris Broderick masih jadi Lead Guitar Megadeth loh ! bagi yang belum tau, dia tuh Shredder yang bisa tapping 4 jari ! WTF !!?? selain kita dibikin terpaku dengan permainan banyak teknik, kamu pun akan di buat kagum dan merinding dengan penampilan Epicnya saat lagu A Tout le Monde, karena semua penonton dengan kerasnya meneriakan bait-bait liriknya dengan serempak. Namun diawal lagu saat membawakan Holy Wars, Mustaine mungkin agak miss dibagian vocal karena kualitasnya gak sebagus saat studio, tapi itu hanya di awal lagu doang kok karena doi masih kuat buat scream loh, lebih jelasnya ada di lagu Headcrusher dan dari lagu pertama tampaknya mereka 5 lagu non-stop loh ! yang unik dari penampilan Megadeth di konser ini, salah satunya konser dibuka oleh Holy Wars dan ditutup juga oleh Holy Wars, dan menurut saya diantara semua band, konsep penutup Megadeth ini adalah yang terbaik !!
Best Megadeth Performance : Wake up Dead, Hangar 18, A Tout le Monde, Sweating Bullets, Peace Sells.

Slayer

saat Megadeth tampil mungkin penonton dibuat kagum dan terpaku dengan permainan teknik-teknik yang hebat, nah waktu Slayer tampil gak ada lagi nonton yang terpaku diam ditempat semuanya kacau, pecah dan penuh dengan ‘tarian’ khas Metalhead, dan itu terjadi selama Slayer ada di panggung !! mungkin ini penampilan yang dirindukan dengan para Headbangers yang menyukai kekacauan dengan lagu-lagunya yang bertempo cepat. Dalam DVD ini pun saya paling banyak ngesumpah serapah sama drummer Slayer, Dave Lombardo, ya bayangin aja selama 1 jam dia terus menggebuk drum dengan kecepatan M4A1 !! What ta hell are you made from, Lombardo ?? You sick man !!!. Hebatnya lagi gak ada 1 pun gebukan yang miss, fill-in nya pun begitu sempurna dengan kecepatan yang memburu dan timing yang begitu pas, makanya gak heran waktu sesudah muncul fill-in kamu akan mudah menganggukan kepala. Ya mungkin bagi Slayer gak ada kekurangan, hanya mungkin waktu bagian Angel of Death, Tom Araya gak melakukan scream waktu pecahnya Riff pada Intro dan lumayan banyak miss saat part menyanyinya, tapi itu masih belum masuk ke kadar Annoying dan masih bisa dinikmati.
Best Slayer Performance : World Painted Blood, Jihad, War Ensemble, Seasons in Abyss, Raining Blood.

Metallica

setelah kamu dibuat capek dengan penampilan Slayer yang bikin semua penontonnya kacau gak terkendali, penampilan Metallica adalah suatu pengalaman yang manis yang mungkin gak bakal terlupakan bagi yang menontonnya karena kamu akan dibuat kagum dengan banyak penampilan epic ditengah gelapnya malam, rata-rata semua lagu yang dibawakan pun temponya dipercepat lagi, kebayangkan bagaimana super duper cepatnya James Hetfield melakukan Down Picking ? Metallica pun menurut saya yang paling jago berinteraksi dengan penonton, karena diantara keempat band ini, Metallica lah yang paling banyak fansnya, terbukti saat pembukaan yang epic dengan lagu instrumental Esctasy of Gold lalu di gebrakan langsung oleh Creeping Death, riuh penonton pun paling kencang terdengar. Konser pun ditutup dengan Seek and Destroy dengan semua penonton bernyanyi serempak. Kekurangan dalam konser ini mungkin terdapat pada drum Lars Ulrich yang masih belum dinaikan tune volume pada Bass kick-nya yang dibeberapa bagian lagu atau saat melakukan Double Pedal hampir gak terdengar sama sekali. Oh ya ada 1 hal yang memorable banget, yaitu saat akan membawakan Nothing Else Matter, Kirk Hammet menunjukan permainan solo gitar yang Soulful banget loh !!
Best Metallica Performance : Creeping Death, Fuel, Fade to Black, All Nightmare Long, Hit the Light.

Bonus Documentary

Pertama-tama saya berterimakasih kepada camera-man yang berhasil nge-shoot anaknya Dave Mustaine meskipun sangat sebentar haha, cantik banget lah :D Ok back to topic, Bonus Documentary disini bertindak untuk memuaskan para fans The Big 4 untuk melihat bagimana mereka di back stage dan melihat bagaimana ‘ritual’ mereka sebelum tampil di panggung dan ritualnya pun unik-unik, ada yang sibuk sendiri, ada juga yang mengelem tangannya gara-gara lecet waktu warming up, ada yang menjahit celananya sendiri sampai kegiatan unik lainnya saat mereka saling mengobrol dan bercanda. Oh ya, bagi yang masih ribut tentang Megadeth dan Metallica, coba lihat Bonus Documentary-nya mereka begitu akrab hingga mengatakan bahwa anak-anak dari member Metallica ngefans dengan Megadeth begitu pun sebaliknya, nah jadi jangan pada ribut ributin Megadeth dan Metallica lagi sobat :D
Kamu pun bisa melihat reaksi fans ketika bertemu dengan idolanya bahkan ada yang sambil nangis dan memeluk idolanya, dan para anggota band pun mengatakan bahwa penontonnya lebih gila dari yang mereka bayangkan, ya iyalah 4 band Thrash metal terbesar sepanjang sejarah di satu panggungkan, Insane !!

Surprise Performance

kejutan yang saya maksudkan disini adalah penampilan yang sangat jarang terjadi karena 4 band Thrash metal terbesar di dunia berada dalam satu panggung dan membawakan lagu Am I Evil. Mungkin Surprise Performance ini hanya ada di DVD ini, makanya bagi penggemar Thrash metal gak akan mungkin rugi deh beli DVD ini !! tapi mungkin penggemar Slayer sedikit kecewa, karena hanya Dave Lombardo yang ikut tampil dengan 3 band lainnya, namun tetap ada kok di sesi pemotretan The Big 4 :D

OVERALL

Bagi penggemar Thrash metal atau salah satu band dari The Big 4 saya jamin gak akan rugi dengan memilih DVD ini untuk koleksi karena konser ini adalah salah satu konser mereka yang terbaik, saya pun dari tahun kemaren sampe sekarang belum pernah bosen lihat-lihat lagi DVD ini, karena di DVD ini pun langsung termuat 4 band sekaligus, jadi misalkan ketika saya lagi males sama yang satu band bisa berpindah lagi nonton yang satunya :D
Lalu saya jamin rasa puas pun didapat karena hampir semua lagu yang mereka bawakan lebih bagus dari versi Studionya !!
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment