Peringkat Album Metallica : Terburuk hingga Terbaik

Metallica adalah band yang mengusung sekaligus yang membangkitkan era Thrash metal pada tahun 80 berkat rilisan album mereka yang diisi dengan lagu-lagu yang keras, berat dan kualitasnya memang gak perlu diragukan lagi berkat kreativitas dan keahlian mereka meng-compose lagu, gak salah jika banyak orang yang kagum akan sosok Metallica, termasuk saya.
Metallica sampai saat ini telah merilis 12 album studio, 1 album cover dan beberapa album live atau demo . Jadi langsung aja, inilah Peringkat Album Metallica !!

13. Lulu (2011)

Ada yang bilang begini “Metallica itu band metal hebat dunia, Lou Reed pun rocker dunia dengan hitsnya yang rock banget tapi jika mereka disatukan menjadi sesuatu yang payah” dan saya setuju dengan pernyataan orang ini, karena terbukti dengan dirilisnya album Lulu memang keduanya terlihat sangat tidak pas, tidak singkron dan menjadikan lagu yang buruk juga. Kamu bisa langsung dengerin lagu-lagunya dalam video diatas, mungkin kamu juga akan setuju dengan saya.

12. St. Anger (2003)

St. Anger adalah album Metallica yang memuat lagu-lagu yang agak gak nyaman ditelinga karena gaya Oldschool-nya Metallica ditunjukan di album ini dan hal ini menjadi faktor mengapa banyak orang yang gak suka bahkan membenci album St. Anger karena gaya asli Metallica pun sama sekali gak ada dalam lagu ini belum lagi Drum set Lars Ulrich yang begitu dibenci sebagian orang terutama snarenya yang begitu nyaring, maka dari itu banyak orang yang mengklaim termasuk saya bahwa St. Anger adalah album terburuk yang pernah Metallica tulis. Namun saya tetap bisa sedikit menikmatinya dengan adanya lagu Frantic, Somekind of Monster dan Dirty Window yang saya sering gunakan untuk nge-Jam karena masih terbilang asik untuk dibawakan Jam.

11. Beyond Magnetic (2011)

Sebenernya ini hanya mini Album karena dalam Beyond Magnetic hanya terdapat 4 lagu namun kualitas lagunya cukup hebat karena saya melihat potensi itu di lagunya yang berjudul Hate Train, underrated dan riffnya yang gak bakal bikin kita bosen dengernya. Dalam album ini juga kita dapat mendengar suara James Hetfield yang lebih menjadi Clean vocal mengingat James Hetfield yang telah menua namun tetap dengan range yang cukup tinggi, dan 1 lagu lagi yang asik adalah Hell and Back !!

10. Reload (1997)

Dalam album Reload terdapat salah satu lagu yang paling difavoritkan yaitu Fuel dan selain itu juga dalam album ini terdapat lagu yang bikin penasaran seluruh fans Metallica yaitu sekuelnya The Unforgiven yang berjudul The Unforgiven II, selain itu Metallica membawa kita untuk ikut bernyanyi di performnya dalam lagu Memory Remains yang terdapat bagian paling memorable saat outro lagu. Overall, Reload sudah masuk kedalam album yang baik sejauh list ini.

9. Load (1996)

Menurut saya album Load adalah titik awal Metallica melakukan perubahan, mulai dari penampilan fisiknya yang bisa kita lihat mereka mencukur rambutnya, gaya bermusiknya yang sedikit menurunkan tingkat agresifitasnya dan yang paling mencolok adalah suara James Hetfield yang sangat berbeda jauh dengan album-album sebelumnya atau kebanyakan orang bilang album dimana James Hetfield kehilangan suaranya. Namun kualitas lagu-lagu pada album ini sudah baik karena meski gak seagresif dulu, mereka tetap jago meng-compose musik-musik hebat seperti dalam lagu Bleeding me atau Hero of the Day yang petikan gitarnya bikin kita rileks.

8. S&M (1999)

Sebenernya ini adalah album live-nya Metallica Cuma saya sangat gereget jika tidak memasukan album S&M kedalam list ini karena ini bukan sekedar live biasa namun Metallica meramu lagu-lagunya lagi bersama team orchesta menjadi lagu yang kaya akan musik dan hasilnya hebat ! hanya 1 lagu yang asli ada dalam album ini yaitu No Leaf Clover dan wah saya dibuat tercengang dengan kegagahan performa vokalnya James Hetfield karena sungguh keren banget ! apalagi waktu nyanyi lagu One waktu part “no ! no !! oh god no !! no ! no !! no !!!!” ah gila pecah banget lah part ini, belum lagi lagu pembuka yang gak kalah epicnya yaitu The Ecstacy of Gold dan The Call of Ktulu, emang cerdas banget tuh punya ide menyatukan musik Metallica dengan Simponi, hasilnya sangat memuaskan !

7. Hardwired... To Self-Destruct (2016)

Siapa sih yang gak tau album yang satu ini ? album yang sangat booming di tahun rilisnya bahkan sampai berada pada urutan nomor 1 di billboard dunia karena saking boomingnya belum lagi lagu pembukanya yang berjudul Hardwired yang sangat menjadi breakdown saat itu karena saya mengira jika Metallica merilis album baru mereka akan lebih lambat dibanding album sebelumnya karena mengingat usia mereka yang harusnya udah gantung alat musik tapi lagu Hardwired sungguh menganggetkan saya sebagai penggemarnya karena tempo drum dan alternate picking yang begitu tinggi belum lagi vokal James Hetfield yang seperti kembali segar dan permainan double bass pedal yang juga menganggetkan saya. Secara keseluruhan, album ini menawarkan lagu-lagu yang sangat hebat dan hal ini menjadi batu loncatan bagi mereka setelah para penggemarnya menunggu selama 8 tahun untuk menunggu album barunya.

6. Death Magnetic (2008)

Death Magnetic adalah album era baru mereka yang terbaik karena dalam album ini memuat lagu yang kualitasnya gak perlu diragukan lagi bahkan banyak yang menyebutnya Masterpiece terutama dalam lagu All Nightmare Long ataupun The Day That Never Comes yang menunjukan kualitas Metallica sebenarnya setelah reputasinya dihancurkan oleh album St. Anger. Dan dalam album ini pun terdapat sekuelnya ke-3 The Unforgiven yang sama sekali gak mengecewakan sebagai sebuah lagu sekuel apalagi saat bagian solonya yang nonjok banget hingga saya berpendapat kalo solo The Unforgiven III adalah salah satu solo terbaik yang pernah dibuat Kirk Hammets. Oh ya, cover albumnya juga gila keren abissss emang bener-bener ngegambarin “Death Magnetic”.

5. Black Album (1991)

Dalam album Black Album, Metallica sedikit menurunkan tempo bermainnya disini mulai dari Palm Mute James Hetfield dan juga drummingnya Lars Ulrich, namun disinilah tempat lagu Metallica yang asik-asik sebagai contoh Enter Sandman atau Sad But True yang menampilkan Riff-riff yang sangat mengundang Headbang dan breakdown, vokal James Hetfield pun sangat saya sukai di album ini. dalam album ini juga Metallica lebih menonjolkan sisi Heavy-nya ketimbang Thrash-nya karena alunan yang ditawarkan begitu berat ditambah dengan dalam album ini adalah album dimana Kirk Hammet mulai menjadi ‘Wah Destroyer’.

4. ...And Justice for All (1988)

Album ...And Justice for All adalah album pertama mereka berkarya dengan bassist baru Metallica saat itu yaitu Jason Newsteed dan yang berbeda dari album lainnya bisa terdengar dari permainan bass pickingnya yang berbeda dengan Cliff Burton yang memakai jari telanjang. Ngomongin soal musik-musik di ...And Justice for All semua musik di dalamnya sangat baik bahkan beberapa tergolong masterpiece nya Metallica seperti One dan ...And Justice for All sendiri, dan bumbu Thrash dalam album ini sangat begitu terasa mengingat lagu yang berjudul Dyers Eve adalah lagu tercepat yang pernah ditulis mereka dan bukan hanya tercepat, tapi tersulit juga. Dan menariknya lagi dalam cover album yang terlihat sesosok perempuan yang memegang timbangan dan ditutupi matanya (saya lupa lagi namanya) menjadi suatu icon baru dalam konser mereka karena saat tahun-tahun itu mereka sering memajangkan patung raksasa perempuan tersebut dalam konsernya dan memang keren banget cover albumnya.

3. Kill 'Em All (1983)

Kalo ngomongin Kill em All pasti ingetnya Dave Mustaine karena semua lagu-lagu dalam lagu ini seperti ada bumbu-bumbu Megadeth-nya mulai dari solo gitarnya yang emang Dave Mustaine banget dan permainan alternate picking mereka sebelum beralih ke palm mute bersama Kirk Hammet karena faktanya album ini memang semua lagu diramu bersama Dave Mustaine sebelum akhirnya dikeluarkan karena ketergantungan obat-obatannya dan dari sinilah fans Metallica terbagi 2 ada yang tetap mencintai ada juga yang membenci dan akhirnya menjadi fans Megadeth. Ok, balik lagi ke lagu-lagunya, jadi dalam album ini kita bisa mendengar juga suara Hetfield yang masih seger-segernya untuk melakukan Scream dan vokalnya yang masih kasar banget, kamu bisa dengerin di lagu Phantom Lord, dan hasil formasi James Hetfield, Dave Mustaine, Lars Ulrich dan Cliff Burton membuah banyak maha karyanya yang asik-asik seperti Seek and Destroy, The Four Horsemen, atau Hit the Lights dan hal ini membuahkan hasil sejarah besar yaitu bangkitnya musik-musik Thrash Metal pada tahun 80 seperti Anthrax, Overkill ataupun Testament berkat album Kill em All !

2. Ride the Lightning (1984)

Ride the Lightning adalah album studio kedua yang mereka rilis, dalam Ride the Lightning adalah kumpulan masterpiece-nya Metallica sebut saja Fade to Black yang memiliki salah satu solo heavy metal terbaik sepanjang sejarah dan mendapat predikat sebagai lagu akustik metal terbaik, lalu lagu instrumental terbaik yang pernah mereka tulis yaitu The Call of Ktulu, serta Creeping Death yang Riff dan Breakdown-nya sangat memorable dan banyak lagi lagu lainnya. Hal lainnya yang hebat di album ini saya sangat menyukai pemilihan effect gitarnya dan juga bass dalam album ini suaranya selalu sempurna hal ini membuat saya berpendapat bahwa Cliff Burton adalah salah satu Bassist metal terbaik yang pernah dimiliki Dunia.


1. Master of Puppets (1986)

Pemuda-pemuda tahun 80 pasti akan tau nama album Master of Puppets karena album ini adalah album yang paling Booming di antara album-album lainnya, bagaimana tidak musik-musik yang di tawarkan dalam album ini gak ada yang gagal satu pun bahkan menurut saya semua lagu di Master of Puppets adalah karya-karya besarnya Metallica berada dan lagu-lagu dalam album ini keras-keras semua ! makanya jangan heran kalo ada majalah musik dunia menempatkan Master of Puppets di The Heaviest Metal Album of All Time belum lagi lagunya yang berjudul sama dengan albumnya, Master of Puppets banyak mendapat predikat sebagai lagu Metallica terbaik sepanjang masa ! dan dalam album ini pun kita mulai dikenalkan dengan teknik andalan Metallica yaitu Palm Mute yang sangat cepat. Lalu mengapa Master of Puppets dibilang album Metallica yang paling baik ? karena menurut saya ‘jantung’nya Metallica ada pada Album ini, maksudnya lihat saja lagu-lagunya yang begitu mengeluarkan ciri khas Metallica banget dan album ini aransemennya begitu liar, keras, apik dan semua personil di era Master of Puppets seperti sedang gila-gilanya seperti vokal James Hetfield, gebukan drumnya, Bassnya Oke banget dan salah satu lagunya pun mempunyai solo terbaik yang pernah Kirk Hammet buat. So Master of Puppets adalah album paling berkelas tanpa ada 1 lagu pun yang buruk, bukan hanya itu Album ini pun disebut sebagai salah satu album metal terbaik sepanjang masa.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment