10 Drummer Metal / Hardrock Terbaik Dunia

Drummer adalah anggota terpenting dalam sebuah band metal atau hard rock karena fungsi utama drummer adalah menentukan atau menstabilkan tempo dalam bermusik, bisa dibilang seorang drummer itu tokoh sentralnya sebuah band metal atau hard rock.
Jadi dalam tulisan ini saya akan membahas para drummer yang hebatnya tuh gak dimiliki drummer lainnya khususnya drummer beraliran metal dan hard rock yang kualitas dan kreatifitas setiap dentumannya pun lebih dari luar biasa. Drummer-drummer tersebut saya rangkum kedalam 10 Drummer metal / hardrock terbaik sepanjang masa.


10. Igor Cavalera from Sepultura
Diantara drummer yang lain, Igor Cavalera adalah drummer yang paling Underrated karena mempunyai dentuman drum yang sangat riuh saking cepatnya double pedal yang ia mainkan namun sangat jarang muncul dipermukaan dalam jajaran drummer dunia. Berkarir bersama Sepultura, ia selalu memasukan fill-in yang gak terduga disetiap lagunya dengan timing yang sempurna.

9. Joey Jordinson from Slipknot
Dikenal sebagai Drummer yang banyak terkait oleh band ternama di dunia seperti ia pernah berkolaborasi dengan Metallica, Korn, Rob Zombie dan menjadi drummer utama di Murderdolls dan Slipknot namun karir bersama Slipknot berakhir di tahun 2015. Tempo permainan yang cepat terutama permainan double bass pedal + gebukan toms nya yang gila banget tak heran banyak band yang meliriknya untuk diajak bergabung atau sekedar ‘membantu’ di konsernya. Selain itu ia memiliki salah satu Signature Moves yang gila yaitu bermain solo drum sambil diputer-puter hingga dibalik hampir 180 derajat dan hebatnya ia tetap rapih dan bisa menstabilkan tempo !

8. Dave Grohl from Nirvana
Dave Grohl adalah salah satu drummer favorit saya, mulai dari gayanya karena saya suka yang rusuh-rusuh, permainan yang dewa grunge banget, kasar, dan nonjok banget lah pokoknya kalo doi udah mainin solo drum nya. Merintis karir sebagai musisi band alternative rock yang paling populer di Dunia, Nirvana hingga saat sang frontman tewas ia membuat gebrakan terbaru dalam band nya sekarang Foo Fighter dalam mengisi posisi vokal dan Rythym, mungkin itulah ia sering di sebut “The Good Guy” karena dalam posisi apa yang ia pegang pasti terlihat maksimal.

7. Bill Ward from Black Sabbath
Lahir dari band bapaknya para bapak heavy metal yaitu Black Sabbath. Sebagai sang ‘bapak’ memang Bill Ward adalah contoh yang sangat baik bagi drummer heavy metal, dengan memainkan drum set yang sederhana Bill Ward berhasil menciptakan dentuman yang jauh dari kata sederhana. Yang istimewa dari Bill Ward adalah ia selalu main di Snare, dan saat waktu ia main di snare itulah yang saya tunggu-tunggu, kecepatan dan variasinya luar biasa, video rekomendasi lainnya untuk melihat kemampuan fill in Bill Ward bisa di cek di lagu War Pigs yang versi live nya, mantep banget lah pokoknya.

6. Mike Portnoy from Dream Theater
Disebut-sebut sebagai drummer modern terbaik saat ini, karena jika kamu mendengar setiap lagu Dream Theater pasti kamu akan sependapat yang kasih pernyataan itu. Permainan Mike Portnoy selalu rapih, agresif, dan ketukan ganjilnya itu loh yang bikin ia digilai oleh sebagian metalhead termasuk saya karena apa yah, gilaaaaa deh pokoknya dalam musik Dream Theater seperti mereka main solo sendiri2 aja tapi hebatnya saya gak pernah liat doi miss 1 kali pun apalagi doi posisi drum yang merupakan posisi yang paling utama dari sebuah band.

5. Ginger Baker from Cream
Apa jadinya jika drummer Jazz bermain di grup musik Hard Rock atau Heavy Metal ? Ginger Baker telah membuktikan bahwa drummer-drummer terbaik dunia lahir dari Jazz. Mukanya emang kalem-kalem aja, tapi jika ia sudah memegang stick dan duduk di drum set nya hal luar biasa pun akan terjadi, permainan tom dan crashnya sangat lah agresif dan terstruktur rapih, kamu bisa denger kegilaanya Ginger Baker di lagu Toad oleh Cream.

4. Keith Moon from The Who
Jika kamu sering baca majalah-majalah musik terutama Rolling Stone, pasti udah gak asing deh sama drummer legendaris ini karena namanya menjadi salah satu drummer terbaik di dunia versi majalah Rolling Stone, gelar itupun sudah menjelaskan bagaimana hebatnya ia dalam memukul drum. Selain itu gaya doi memainkan drum sangat nyentrik bagaimana ia menabuh sambil bergaya seperti orang yang sedang dalam pengaruh alkohol, atau konyolnya doi punya jurus mabuk yang bisa bikin kita dimabuk juga karena drum solo nya.

3. Dave Lombardo from Slayer
Temponya super cepet, fill-in nya berantakan sumpah (baca:gila) dan permainan double pedalnya ? jangan ditanya lagi, ia adalah dewa nya ! namun apa sih yang catchy banget sama Dave Lombardo ? ia bersama Slayer selalu perform live rata-rata 40menit keatas, dan tau kan lagu-lagu Slayer kayak gimana ? t*i banget lah dia sumpah gak ada cape-capenya !! bayangin aja konser selama 1 jam lebih dengan lagu yang temponya thrash metal semua ! yang luar biasanya di tengah kecepatan seperti baling-baling helikopter itu ia gak pernah miss 1 pukulan pun selama yang saya tau ! bener-bener edan nih orang ! saya tadinya pengen nyertain video waktu doi perform di Big 4 Sofia Bulgaria tapi taunya di youtube gak ada yang upload, jadi kalo ada yang niat beli aja DVD The Big 4 live in Sofia Bulgaria seperti yang saya sebutkan di postingan lagu Slayer terbaik sepanjang masa.

2. Neil Peart from Rush
Siapapun yang melihat dia menabuh drumnya pasti akan terpesona, siapapun itu ! karena permainan dan nadanya sungguh bisa membuat setiap orang menganguminya bahkan jika kamu punya temen yang gak suka genre Hard Rock atau heavy metal, kasih salah satu drum solonya Neil Part pasti ia akan suka karena setiap fill-in nya sungguh enak di dengarkan dan begitu harmonis setiap gebukannya. Dengan Drum set yang selalu melingkarkan raganya dan berpenampilan yang menarik yaitu dengan memakai kopeah, ia bersama Rush berkarya dengan hebatnya sama seperti Dream Theater yang personilnya pada stress (baca:bagus). dan kayaknya Neil Peart adalah drummer yang paling unik jika kamu udah nonton video diatas.

1. John Bonham from Led Zepplein
Mungkin ada yang berkata, Loh kok John Bonham ? bukannya ia mainnya kalem-kalem aja ? eittsss tunggu dulu ! coba klik video diatas dan kamu akan percaya mengapa saya tempatkan Bonham di nomor 1. Dibalik kalemnya dia dalam bermain di lagu-lagu Led Zepplein, namun drum solonya sangat agresif, beradrenaline, rapih, kuat, dan gila banget deh pokoknya ! karena dibalik drum set yang sederhana juga ia selalu bersembunyi menunjukan keliaran dan kekejaman sebenarnya, coba deh klik video diatas, saya pun dibuat terkejut olehnya karena kegilaan yang dibuatnya dan pasti langsung setuju jika John Bonham adalah salah satu drummer terbaik sepanjang masa.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment