11 Lagu Rammstein Terbaik Sepanjang Sejarah

Rammstein adalah grup band asal negara Jerman yang mengusung genre Industrial Metal. Musik-musiknya yang Catchy dengan gaya yang kaya dan padatnya elemen musik dalam setiap lagu mereka menjadikan Rammstein salah satu band Industrial terbesar sepanjang masa. Uniknya, mereka tetap teguh dalam bahasa mereka sendiri yaitu bahasa Jerman dan jarang sekali atau bahkan tidak ada lagu yang memakai bahasa Inggris kecuali lagu Amerika dan itupun hanya beberapa bait saja.
Menariknya lagi, mereka mempunyai Frontmen atau vokalis yang memiliki ciri khas memainkan nada yang rendah disetiap lagunya serta jika kamu belum pernah livenya pasti tercengang dengan kemegahan konsep dan dekorasi disetiap performnya.
Nah, jadi dalam tulisan ini saya akan merangkum lagu-lagu mereka kedalam 11 Lagu Rammstein Terbaik.


11. Waidmanns Heil
Suara terompet khas kolonial2 gitu mengawali lagu ini dan langsung ditabrak dengan riff gitar sangat menonjok karena gitar yang selama ini menurut saya terimbangi permainannya dibandingkan Keyboard, disini menurut saya gitar adalah inti dari lagu ini karena riffnya mantep sangat, tempo yang ditawarkan pun tak kalah gilanya.

10. Keine Lust
Terkenal dengan Video klipnya yang nyentrik karena disana menampilkan semua personilnya berbadan sangat gendut bahkan ada satu konser dimana mereka menjadi segendut itu juga ! diluar itu, dalam lagu Keine Lust ada nuansa yang berbeda dimana biasanya mereka memainkan musik yang begitu berat, dalam Keine Lust mereka sedikit lebih ringan meskipun distorsi gitar yang ditawarkan sama ‘beratnya’ dan faktor itupun ditambah kuat dengan permainan keyboard yang porsinya lebih sedikit, maksudnya gak semegah lagu lainnya namun megahnya itu ditunjukan pada saat Chorus, mungkin maksudnya untuk menciptakan klimaks dalam lagu Keine Lust.

9. Mutter
Jika kamu bertanya adakah lagu Rammstein yang mempunyai kesan epic ? Mutter lah jawabannya, karena dalam lagu Mutter mempunyai komposisi yang sangat nyaman didengarkan mulai dari riff gitar, melody yang mengiringinya dan permainan keyboard yang dibuat semegah mungkin dalam lagu ini hingga mengundang nuansa epicnya lagu ini. dan pasti yang bikin epicnya adalah melody gitar yang simple namun sangat kental dan berenergi hingga saya membayangkan seorang choir bersuara soprano menyanyikan lagu Mutter dengan begitu hebatnya.

8. Buck Dich
Jika kamu kriteria pendengar yang gampang dibawa Headbang, kamu bohong jika gak Headbang dengan lagu ini. Buch Dich di compose dengan sedikit aneh namun tetap nyentrik dengan Riff gitar dan Drum yang bikin kita headbang. Dalam lagu ini juga kental akan nuansa Industrial nya yang kasar karena keyboardist yang menurut saya berperan penting disetiap lagu Rammstein bermain sangat kasar dalam lagu ini dan bisa kita dengar saat solonya namun tetap hebat dalam memainkan Efek-efek nya yang sakit.

7. Mann Gegen Mann
Saya sangat menyukai alur lagu ini, dimulai dengan lambat hingga terus menanjak hingga klimaks dan saya suka bagaimana Rammstein membuat saat lagi klimaksnya tiba-tiba tempo kembali turun dengan berhentinya permainan drum dan keyboard, beberapa saat lagi mereka buat ‘pesta pora’ itu kepada tensi yang sesungguhnya hingga akhir lagu.

6. Ich Will
Salah satu keunikan lagu ini yang menjadi pembeda dari lagu lainnya adalah kata-kata Ich Will yang terus dilontarkan yang dipadukan dengan Riff gitar dan tentunya permainan keyboard yang padat hingga lagu ini bisa membuat kita Headbang seiring dengan berjalannya “Ich Will”, mungkin hal inilah yang menjadikan Ich Will lagu Rammstein yang paling populer.

5. Feuer Frei!
Pasti sebagian dari pembaca mengenal lagu ini dari film XXX, Vin Diesel kan ? :D Menurut saya Fueuer Frei! Adalah lagu yang paling hits dan paling ‘menggoyang’ dengan Riff-riff nya yang gila, jika diibaratkan Disturbed punya Down with the Sickness, Metallica punya Creeping Death maka Rammstein punya Fueuer Frei! Dan saya dibikin jatuh cinta dengan keyboardist nya karena aduhh permainan keyboardnya dalam lagu ini kriteria yang saya harapkan banget, padat, kaya dan Insane !

4. Links 2 3 4
Saya gak pernah berhenti menyukai Links 234 karena jika kamu ingin tau jenis musik yang saya banget ada pada Links 234, Riff gitar yang sakit, keyboard yang epic hingga vokal Til Lindemann waduuhh saya suka banget ! gelap, rendah dan berdesis atau apalah itu namanya. Berkat Links 234 pun saya menjadi suka banget sama Rammstein, belum lagi video klipnya yang kreatif banget sumpah, mungkin Links 234 juga mempunyai video klip yang paling bagus dibanding lagu lainnya. Sedikit catatan, waktu perform di Paris itu epic banget ! sayangnya aja Til Lindemann gak pake vokal berdesisnya waktu live.

3. Mein Herz Brennt
Pertama mengenal lagu ini adalah waktu saya nonton film Lilya 4-Ever karena lagu ini memang mengejutkan saya dari suara distorsi gitar dibarengin sama permainan Violin dan Til Lindemann pun langsung meneriakan Mein Herz Brennt !! disamping kesan depresif atau horrornya lagu ini, lagu ini lebih mirip musik Industrial Symphony karena kesan simponi datang dari piano dan violinnya yang begitu kental menjadikan lagu ini begitu berat jika dibilang Rock Symphony karena Rammstein tetap berpegang teguh dalam musik Industrialnya dengan efek distorsi yang berat dan dentuman drum yang keras.

2. Du Hast
Satu lagi, Jika kamu pernah nonton Matrix pasti kenal sama lagu ini, dengan gaya musik menggunakan efek keyboard yang terasa Millenium dan dihantam dengan riff gitar yang mantep menjadikan lagu ini sangat difavoritkan masyarakat dunia belum lagi efek-efek keyboard yang luar biasa hebatnya seperti suara Choir wanita pada bagian Chorus serta lirik dan nada yang memorable menjadikan lagu ini menempati posisi puncak dibanyak situs Billboard dunia.

1. Sonne
Dimulai dengan menghitung maju hingga 9, dan Out ! Duarrr !!! Riff Gitar dan efek keyboard langsung bersatu padu menjadi kesatuan yang mantep dan megah gila. Mungkin hanya saya yang menempatkan Sonne di posisi puncak yang lainnya pada nempatin Du Hast, karena entah kenapa menurut saya kecerdasan dalam bermusik tiap personil Rammstein ada dalam lagu ini, mulai menciptakan riff gitar yang sangat sederhana hingga disempurnakan dengan keyboardnya yang sangat sangat megah dan epik lalu dilengkapi dengan sosok vokalis bernada sangat rendah menjadikan Sonne lagu Rammstein lagu yang paling sempurna menurut saya.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment