My 10 Favorite Screamers Ever !! (So Far..)

Dalam musik Metal, kita sering mendengar istilah teriakan atau ‘Scream’ yang biasanya digunakan dalam subgenre metal seperti Black Metal, Metalcore, Heavy Metal dan yang lainnya. Teknik Scream ini adalah teknik bernyanyi dengan menekan jalan suara kita untuk menciptakan suatu suara yang kasar, keruh atau apa sebutannya. Nah para vokalis metal semacam ini banyak sekali difavoritkan oleh sebagian orang yang menggemarinya, dan dalam tulisan ini saya hanya sekedar berbagi soal Screamers2 itu yang saya favoritkan dan saya rangkum menjadi 10 besar dalam list dibawah ini.


10. Tim Lambesis from As I Lay Dying
Tim Lambesis adalah satu-satunya Screamers “Modern” yang saya favoritkan karena ketika saya menganggap bahwa Screamer2 modern selalu ‘cengeng’ Tim Lambesis membantah itu dengan performa scream yang luar biasa dan berhasil membuat saya kagum karena low scream atau Growl dan mid-scream nya sangat baik.


9. Max Cavalera from Sepultura/Soulfly
Max Cavalera mempunyai tipe scream yang agak kegaya-gaya Oldschool macam Tom Araya (Slayer) atau vokalisnya Mayhem saya lupa siapa, dan gaya Cavalera ini menjadi suatu faktor yang mengangkat nama Sepultura saat itu yang sangat cocok dengan gaya musiknya yang lebih ‘keruh’ dengan lantunan yang berat mengikuti vokalnya yang kasar.


8. Winston McCall from Parkway Drive
ia adalah salah satu kategori screamer yang banyak menggunakan teknik Growl dengan sangat rapih dan sangat berat, bahkan saya kira Winston McCall tampang atau badannya seperti Phil Anselmo karena suaranya sangat berat. Bersama band Metalcorenya, Parkway Drive ia berhasil menjadi salah satu prionir band Metalcore saat itu dengan gaya yang lebih modern.


7. Phil Anselmo from Pantera/Down
Memiliki tampang paling menyeramkan dari semua vokalis metal (menurut saya sih) yang juga memiliki scream yang menyeramkan dengan beratnya suara yang selalu ia bawakan. Jika kamu mengira M. Shadow lebih baik dari Phil Anselmo, kamu harus tonton video di atas untuk memperjelas bahwa pernyataan itu salah.


6. Chester Bennington from Linkin Park
Bukan hanya vokalnya yang selalu bikin kita ternganga karena hebatnya dan kualitasnya yang gila, sang legenda musik Nu ini pun mempunyai scream yang pasti bikin kamu tercengang ‘kok bisa Chester Bennington Scream segila itu ?’ dan saya pun salah satu orang yang dibuat tercengang olehnya.


5. Corey Taylor from Slipknot
Jika kamu belum tau siapa dia, cukup lihat lehernya dan kamu akan tau kalo dia screamer yang luar biasa. Meskipun hanya sering menggunakan mid-scream namun scream sambil nge-rap itu sangat jarang vokalis metal menggunakannya dan mid-scream nya Corey Taylor adalah satu hal yang bikin ia luar biasa dan gila saat On Stage.


4. Randy Blythe from Lamb of God
Dia adalah pemilik scream paling unik di dunia, karena saya belum pernah denger ada vokalis metal dengan scream semodel Randy Blythe. Selain faktor itu, saya memfavoritkan Randy Blythe karena ia memiliki range tinggi yang bisa ia pertahankan dalam waktu lama serta teknik growlnya pun terdengar sempurna di telinga saya.


3. Rob Halford from Judas Priest
Jika kamu penyuka Screamer dengan nada yang melengking, maka Rob Halford lah yang kamu cari. Bersama Judas Priest yang menjadi salah satu band heavy metal terbesar sepanjang masa ia juga menjadi salah satu legenda musik heavy metal terbesar karena range vokal yang sangat tinggi bahkan tanpa menggunakan teknik scream pun ia tetap bisa melakukannya.


2. Jonathan Davis from Korn
Menurut saya Jonathan Davis adalah vokalis Nu Metal terbaik yang pernah ada, karena mulai dengan gaya ia bernyanyi yang terdengar vokal ‘Insane’nya membuat ia sangat mempunyai ciri khas dalam yang selalu membedakannya dengan vokalis lainnya. Selain clean vokalnya, Jonathan Davis pun mempunyai Scream yang sangat membuat saya jatuh cinta karena kualitasnya melampaui ekspektasi saya saat ia live bahkan lebih baik dibanding versi studio. kamu bisa cek dalam lagu Korn yang berjudul Good God karena video di atas sebagian besar hanya Growlnya yang epic saja.



1. Mike Patton from Faith No More
Vokalis yang mungkin gak begitu seterkenal Rob Halford atau Corey Taylor, atau bahkan masih asing ditelinga kamu ? Mike Patton adalah Screamer yang paling saya idolakan diantara semuanya bahkan menurut saya ialah yang terbaik karena mungkin saya berpendapat seperti itu karena saya menyukai gaya musik yang ‘berat’ atau susah untuk dinikmati sebagian orang dan setiap perform livenya ia selalu tampil gila, maksimal dan sangat jauh melampaui ekspektasi saya terhadapnya sebagai seorang Screamer. Masalah kualitas ? jangan ditanya, range vokal yang sangat tinggi dan sangat rendah bukan masalah baginya.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment