13 Lagu Ter'Berat' Sepanjang Sejarah

Definisi lagu berat menurut saya adalah lagu yang memberi kesan ‘berat’ pada telinga ataupun otak (karena saya yakin kalo kamu dengerin semuanya satu-satu sekaligus bakal puyeng) dan lagu berat berbeda dengan lagu keras, karena lagu berat lebih kearah alunannya yang tentu saja berat dengan sound effect yang bombastis, atau dengan teknik gitar yang di drop serta riff yang membawa kesan berat juga.
Dalam tulisan ini, saya mengurutkan lagu yang berat-berat tersebut kedalam 13 Lagu terberat sepanjang sejarah, dan jika menurut kamu ada yang belum saya masukan lagu yang menurut kamu paling berat, silahkan untuk comment dibawah karena honestly saya kurang menjelajahi lagu-lagu seperti ini. dan siap-siap untuk tidak nyaman, karena makin kebawah makin berat dan berisik !!




13. Recreants by Chelsea Grin
Meski Chelse Grin pendatang baru (dibentuk pada tahun 2007) lagu Recreant sukses menghadirkan lagu yang berat dengan alunan yang lambat dan menggunakan drop rendah ditambah dengan Scream yang digabungkan dengan menggerutu (Pig Squeal) menambah beratnya lagu ini tiap berjalannya durasi.


12. Into the Void by Black Sabbath
Mungkin ada yang gak sepedapat dengan saya bahwa lagu ini dimasukan kedalam list lagu terberat, namun ketahuilah jika saat tahun 70 Black Sabbath sudah mempunyai efek-efek gitar, bass atau mastering yang sudah sangat memadai seperti sekarang, maka lagu ini akan tercipta sangat berat karena kesan berat terletak pada alunan yang lebih lambat dan Riff gitar yang menambah kesan beratnya yang lebih powerful.


11. The Thing that Should not Be by Metallica
Selain menciptakan lagu yang cepat, Metallica pun menciptakan salah satu lagu yang menjadi lagu terberat yang pernah diciptakan yaitu The Thing that Should not Be “TTTSNB”. Meski gitar gak begitu bombastis namun TTTSNB ini mempunyai riff yang di palm mute dengan sangat berat. Selain memberi kesan berat, lagu ini juga cocok bagi kamu para headbangers.


10. Painless by The Berzerker
Lagu Deathcore ini mungkin pembeda diantara deathcore lainnya, karena melibatkan efek-efek musik modern, namun jangan menyangka kalo lagu ini meninggalkan nama “deathcore” justru lagu ini menjadi salah satu lagu deathcore yang paling berat karena alunannya yang begitu memberatkan telinga.


9. Freezing Moon by Mayhem
Datang dari salah satu rajanya Black metal yaitu band Mayhem yang telah menciptakan lagu yang sangat berpengaruh juga dalam perkembangan black metal namun lagunya cukup aneh bagi sebagian orang yang gak biasa denger lagu seperti ini dan bikin gak nyaman ditelinga karena beratnya alunan yang ditawarkan Freezing moon, tapi overall lagu ini sangat hebat karena komposisi musik dalam ruang lingkup Black metal yang sempurna.


8. Gemini by Slayer
Tak hanya Metallica band thrash metal yang menciptakan lagu yang sangat berat, Slayer pun berhasil menciptakan hal tersebut dalam salah satu lagunya Gemini. tak seperti biasanya juga Slayer yang bermain dengan tempo yang sangat cepat, dalam Gemini mereka mengesampingkan hal tersebut dengan memainkan musik dengan tempo lambat dan heavy serta perbedaan dengan lagunya yang lain juga dengan adanya musik dan vokal yang terdengar parau.



7. Like Rats by Godflesh
Meski sound effect gak terlalu bombastis, Godflesh berhasil menciptakan efek ‘berat’nya dalam musik Like Rats ini mulai dari vokal yang menggerutu seram, riff gitar dengan drop rendah dan permainan drum yang sangat berperan sebagai pemberat dalam lagu ini.



6. Combat by Heaven Shall Burn
Mungkin lagu Combat adalah lagu bergenre Metalcore terberat yang pernah diciptakan karena jarang band Metalcore yang menghadirkan sound yang sangat keras seperti ini karena sebagian besar menampilkan Riff-riff yang hebat bukan sound yang bombastis. Dan jangan lupakan peran vokalis yang gak kalah bombastisnya yang menurut saya sangat cocok menyanyikan musik-musik seperti ini.


5. Cephalopod by Cobalt
Dengan intronya pun yang mencapai 1 menit setengah sudah membuat kita ‘ngos-ngosan’ karena saking beratnya alunan yang ditawarkan oleh Cobalt karena efek gitar, bass dan drumnya sangat gila kerasnya mengalahkan suara vokal yang hingga akhir lagu kita diperdengarkan hal itu yang membuat kesan sangaaaaatt berat.


4. Born Again by Overmars
Band yang sangat dan sangat underated karena pasti sebagian pembaca asing dengan band ini, namun ketahuilah bahwa band ini telah menciptakan lagu yang sangat berat meski efek yang di tawarkan sederhana serta dengan gaya musik yang agak horror memberikan kesan yang lebih berat lagi dalam lagu ini dan saya gak tau apakah lagu ini 1 album full set atau hanya sekedar 1 lagu berdurasi 39 menit ? yang pasti dari awal hingga akhir lagu kamu akan diberatkan oleh alunan musik gelap ini.


3. Hopscotch by UFOmammut
Saya gak tau pasti subgenre metal apa yang cocok untuk lagu Hopscotch ini, namun yang pasti lagu ini adalah lagu yang benar-benar berat karena coba kalian bayangkan jika bass yang sudah terdistorsi dibuat sangat bombastis hingga teriakan vokalisnya pun lebih dikalahkan oleh suara bass yang gila itu menjadikan lagu ini begitu berat dan band yang namanya aneh ini sepertinya suka bereksperimen musik yang aneh-aneh juga.


2. Disemboweled engorgement By Extermination Dismemberment
Saya berani bilang kalo lagu Disemboweled Engorgement lagu paling gila kalo kata orang-orang death metal tuh paling brutal paling nyiksa amplifiernya yang kedengarannya hampir pecah karena sound effect yang ditawarkan sangat super over tingginya volume pada amplifier tersebut dan tentu saja lagu ini susah dinikmati karena hal tersebut yang menjadikan kesan berat, sangat sangat berat di telinga kamu terkecuali kamu suka lagu seperti ini.

* Dan bersiaplah untuk yang terberat, terbising dan ter-tidak nyaman didengar ...


1. Pandemonic Hyperblast by Anaal Nathrakh
Nah dalam list no.2 saya udah bilang kalo lagu death metal paling brutal atau apalah itu sebutannya, namun masih ada yang menandingi lagu death metal barusan yaitu lagu Death metal + metalcore atau biasa kita sebut deathcore. Pada saat musik dimainkan dan vokalis mulai berteriak dan saat itulah kegilaan lagu ini dimulai, bagaimana tidak efek gitar dan vokal yang super duper bombastis bikin berisik dibanding lagu lainnya menjadikan lagu ini adalah lagu terberat yang pernah ada, dan jangan coba-coba memutar lagu ini saat tengah malam karena kamu akan diusir dari rumah karena saking gak nyamannya denger lagu ini.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment