12 Vokalis Metal Terbaik Sepanjang Sejarah

Ngobrolin musik beraliran keras atau biasa kita sebut Metal, tak luput dari seorang yang sangat penting dibagian musik itu yaitu sang vokalis yang bertugas menyampaikan isi dan makna dari lagu tersebut. Banyak sekali vokalis metal di dunia ini yang terkenal dengan kegilaannya di panggung serta kualitas vokal yang gak bisa diragukan lagi. Dalam tulisan ini, saya rangkum vokalis metal Insane tersebut kedalam 11 Vokalis Metal terbaik sepanjang sejarah.



  
12. Michael Kiske
(Helloween)
Michael Kiske adalah vokalis dari salah satu band Power metal yaitu Helloween, terkenal dengan clean vocalnya yang begitu merdu menyanyikan tiap lagunya dan inilah keunikan Michael Kiske yaitu menyanyikan musik metal yang gak terlalu kasar serta vokal range yang cuku tinggi mendukungnya sebagai vokalis power metal yang sangat powerful di setiap performanya.


  
11. Ozzy Osbourne
(Black Sabbath)
Datang dari bandnya bapak Heavy Metal sedunia, Black Sabbath. Ozzy Osbourne mempunyai keahlian vokal yang lebih kalem dan gak seagressive vokalis lainnya, namun itulah spesialisnya dalam menyanyikan tiap lagu namun dengan kesan power yang berat juga. Kualitas suaranya pun gak usah diragukan lagi karena salah satu faktor Black Sabbath menjadi Bapak Heavy Metal dunia pun tak lepas dari peran Ozzy Osbourne.


   
10. Joey Belladonna
(Anthrax)
Namanya terkenal dengan sebutan “Indian”, bersama band Thrash metanya Anthrax, Joey berhasil menciptakan hits-hits lagu thrash metal yang gak lepas dari peranan vokalnya dalam setiap lagu, memiliki vibrato dalam vokalnya dan Range yang tinggi dalam bernyanyi membuat Joey dipuja sebagai salah satu vokalis thrash metal terbaik yang pernah ada.

9. Corey Taylor
(Slipknot / Stone Sour)
Siapa yang tak kenal dengan salah satu Screamer terbaik di dunia ini ? Corey Taylor memang pantas disebut demikian karena tak diragukan lagi, teriakannya sangat keras dan berat yang sangat sulit di jangkau oleh sebagian vokalis metal lainnya. Selain scream nya, clean vocal nya pun sangat baik seperti dalam lagu Vermillion, Pt.2 yang menampilkan vokal barritone-nya yang sangat enak didengar. Bersama Slipknot dan Stone Sour, ia berhasil meraih banyak penghargaan yang rata-ratanya penghargaan dalam kategori Best metal performance. And Look what a big his neck !!



8. Phil Anselmo
(Pantera/Down)
Terkenal dengan gaya “The Stomp” nya, Phil Anselmo memiliki kualitas scream dan growl yang luar biasa, karena ia bisa menyanyikan scream yang tinggi ala Black metal dan growl yang super rendah ala Death metal dengan sangat baik. Setelah berpisah dengan Pantera, Phil Anselmo bergabung dengan Down yang lebih menampilkan vokal yang lebih ‘down’ nya juga dibanding saat era Pantera dulu. luar biasanya Phil Anselmo jika ia Scream ia seperti menyanyi juga, satu lagi Phil adalah musisi metal paling Badass yang pernah saya lihat.


7. Jonathan Davis
(KoRn)
Siapapun yang udah pernah dengar musik Korn pasti kesan pertama mereka adalah “Vokalisnya gila banget suaranya” dan itupun kesan pertama saya saat pertama mendengar Jonathan Davis mempertontonkan skill vokalnya. Selain dikenal dengan vokal yang sangat gila khasnya, Davis pun terkenal dengan vokalnya yang tak jarang menyanyikan lagu yang depresif dan ia salah satu vokalis yang berhasil menyanyikan lagu tersebut dengan sangat depresif. Selain itu Jonathan Davis memiliki keunikan dibanding vokalis lainnya yaitu sering nya ia nge ‘scat’ di sebagian lagunya.


6. Serj Tankian
(System of a Down)
Salah satu vokalis yang datang dari negeri timur dengan bandnya System of a Down, Serj Tankian memiliki karakter vokal yang paling unik dibanding yang lainnya karena jika kamu mendengarnya, maka kesan pertama kamu akan seperti “timur banget” dan memang seperti itu, karena keunikannya ini gak salah jika System of a Down banyak diminati oleh warga dunia karena disaat yang lain ber’hijrah’ dengan gaya barat, Serj Tankian tetap fokus di jalur musik Metal ala Timur. dalam video itu, bagian terbaiknya ada di 1:30 dimana Serj Tankian membuat saya kaget dengan Growl yang sama hebatnya dengan Jonathan Davis.


5. James Hetfield
(Metallica)
James Hetfield adalah vokalis dan seorang Rythym gitar dari band thrash metal, Metallica. dengan berbekal skill bernyanyi kelas ‘Insane’, dengan gayanya bernyanyi yang serak kasar dan power yang gak kalah gilanya juga, memang patut nama James Hetfield sebagai salah vokalis metal terbaik yang jarang sekali diketahui masyarakat dunia atau kita bisa menyebutnya underrated. gak sampai disana, James Hetfield pun terkenal dengan Cool-nya yang disetiap penampilan panggungnya yang selalu mengatakan "yeah !" dengan begitu lantang dan keras disela-sela lagu atau sekedar menyapa penonton.


4. Mike Patton
(Faith no More)
Michael Allan Patton memang dilahirkan dengan bakat yang luar biasa, bagaimana tidak kamu bisa langsung cek video diatas dan dengarkan vocal range dari Mike Patton yang sangat gila tingginya. Mungkin kamu sebelumnya gak bisa ngebayangin ia bisa menjangkau range setinggi itu. Selain seorang vokalis dari band Faith No More, Mike Patton adalah seorang aktor, produser, pengisi suara di video game, komposer film dan ia bisa memainkan banyak alat musik, namun hal itu gak mengesampingkan gilanya dia saat bernyanyi dan saya akui ia adalah salah satu contoh orang yang berbakat disegala macam hal karena ia pun tidak hanya mempunyai bakat menyanyi pada genre Metal, Hip Hop, Alternative, musik klasik, Noise music dan yang lainnya ia pun tekuni. Gak salah jika kamu pun kagum terhadap sosok Mike Patton.


3. Ronnie James Dio
(Dio)
Dikenal sebagai mantan vokalis band-band terbaik dunia seperti Rainbow, Black Sabbath dan Dio, Ronnie James Dio adalah salah satu vokalis metal yang bertipe Tenor dan selalu digilai oleh penggemarnya karena setiap menggelar konser, Dio menyanyikan setiap lagunya dengan sangat baik. Saat ia tutup usia adalah saat para band metal dunia berkabung karena mereka telah kehilangan salah satu vokalis tipe tenor terbaik yang dimiliki dunia.


2. Rob Halford
(Judas Priest)
Kamu yang suka musik metal klasik pasti udah gak asing dengan namanya. Rob Halford adalah vokalis yang selalu memakai Range tinggi dan power yang bukan main dalam menyanyikan setiap lagunya. Bersama dengan bandnya, Judas Priest ia berhasil menjadi legenda yang dikenal dengan musik Heavy metalnya yang lebih keras dan lebih powerful dalam menciptakan tiap lagunya, serta vokal yang lebih agressive dibanding dengan vokalis metal lainnya.

1. Bruce Dickinson
(Iron Maiden)
Seorang vokalis dari band Heavy Metal terbaik, Iron Maiden, seorang pilot juga dan seorang multi instrumentalist, siapa lagi jika buka Bruce Dickinson. Ia adalah salah satu pemilik suara terbaik dalam sejarah, karena pasti siapapun mendengarnya akan berdecak kagum meski itu pendengar musik awam ataupun pengamat/kritikus musik dan karakter vokalnya yang benar-benar langka yang memberi kesan ‘gagah’ jika ia bernyanyi, serta tak luput dari Range vokal yang begitu tinggi dan vibrato yang selalu mengiringi saat ia menyanyi.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 comments:

  1. Matt Shadow dari avenged sevenfold mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. M. Shadows emang vokalis hebat sama power dan suara barritone tingginya yang juga gila, namun dibandingkan mereka diatas, M. Shadows blm bisa ada di 12 besar diantara mereka, coba maen2 dulu ke tahun 70 atau 80an bro..

      Delete
    2. matt shadow vokalist modern metal. sebemernya bukan dia doang yang gamasuk konteks ada chester bennington vokalist three days grace adam siapa lupa. terus banyak lagi band modern

      Delete
    3. ada oliver sykes ada vokalist nya suicidal silence juga yang edan parah

      Delete