11 Lagu Instrumental metal Terbaik Dunia

Myung - Petrucci - Mangini
Metal adalah salah satu genre musik yang tinggi kelas seninya sama layaknya Jazz, classical, Opera dan lain-lain, itu sebabnya instrumen yang bermain di genre metal gak boleh diragukan karena musisi-musisi terbaik dunia pun sebagian ada pada lingkup musik metal. Dalam karya-karya mereka, musisi metal terdapat lagu-lagu non-vocal yang umum disebut sebagai Instrumental, dalam tulisan ini saya akan membahas lagu-lagu Instrumental metal terbaik yang pernah diciptakan oleh komposer-komposer metal dunia yang semuanya rata-rata sinting (baca : hebat banget banget) oh Instumental disini saya gak memuat lagu yang solo gitar aja seperti soloist Joe Satriani, Yngwie Malmsteen, Jason Becker atau shredder yang lainnya, karena lagu Instrumental disini saya pilih yang membangunnya tuh bukan hanya solo gitar aja. mungkin topik seperti itu akan saya bahas dilain postingan.


11. Rise of the Pentagram by Cradle of Filth

Karena genre-nya Black metal dan judulnya pun agak serem, maka instrumental ini pun memang berbau horror karena awalnya pun sudah dimulai dengan dialog tentang pentagram lalu dilanjut pada detik ke 42 dengan dentuman drum dan distorsi gitar yang beradu, meski gak ada solo gitar permainan piano dan pendukung simponi horror dalam lagu ini selalu menarik karena membuatnya kaya dengan nada meski gak ada.

10. Losfer Words (Big Orra) by Iron Maiden

Losfer Words (Big Orra) tanpa banyak lama, langsung ditabrak oleh riff yang asik banget namun dengan sajian Traditional metal. Seperti yang kamu tau juga, Iron Maiden pasti punya bagian epic disetiap lagunya, dalam Losfer Words ini pun meski solonya sangat simpel dan tekniknya cukup biasa namun epic-nya tuh kerasa banget.

9. Orion by Metallica

Salah satu karya Metallica yang paling terkenal atau paling populer karena Orion setiap riff-nya mudah untuk digemari dengan intro bass yang di distorsikan. Waktu solo dipertengahan lagu adalah momen yang Soulful banget, dan hal itulah yang membuat Orion menjadi sangat digemari masyarakat dunia yang merasakan feel-nya saat solo yang sangat simpel itu dimainkan.

8. Transylvania by Iron Maiden

Entah kenapa waktu denger lagu ini saya inget Megadeth haha karena intronya Megadeth banget, Ok lupakan Megadeth, sama seperti Losfer Words tadi epic disini langsung terasa pada riff waktu masuk drum dan pasti banyak dari pembaca akan langsung “kok kayak pernah denger dimana gitu” haha itulah spesialis Iron Maiden, menciptakan riff epic yang langsung nempel dikepala. Rekomendasi juga nih lagu ini untuk pemula untuk melancarkan updown picking-nya, tergolong mudah kok.

7. The Call of Ktulu by Metallica

Jika kamu hanya tau Orion yang merupakan karya terakhir sang bassist Cliff Burton, maka jangan lupakan juga lagu instrumental yang bahkan menurut saya lebih keren, The Call of Ktulu yang lebih Underrated di album keduanya, Ride the Lightning karena riff-riff dalam The Call of Ktulu lebih kickass, fill-in drumnya mantep-mantep lalu solo yang diciptakan Kirk Hammet pun adalah salah satu solo terbaik yang pernah dia buat loh karena selain feeling, tekniknya pun dapet.

6. Yste Jam by Dream Theater

Untuk yang belum pernah dengan musik Dream Theater, mending denger lagu ini deh karena lagu ini ciri khas Dream Theater banget karena kamu bisa lihat transisi antar riff atau solo yang unik banget. Dan kenapa lagu ini menjadi rekomendasi ? karena gak kayak instrumental DT lain yang kadang bikin pening kepala karena ketukan ganjilnya, Ytse Jam mempunyai irama yang lebih ringan namun gak bener-bener ringan karena Mike Portnoy selalu siap dengan fill-in gilanya.

5. Mr Scary by Dokken

Gak butuh waktu lama bagi Mr Scary untuk mengejutkan mu dengan riff yang berat dan asik dengan effect yang menurut saya enak banget. Solonya pun gak mau kalah dari Paul Gilbert yang kaya akan alternate picking. Mungkin diantara semuanya, Dokken adalah band yang sedikit asing ditelinga saya pun baru tau baru-baru ini dan udah di bikin suka aja sama komposisi musik simpel namun padat.

4. Techincal Difficulties by Racer X

Alternate Picking ? pasti ingetnya Paul Gilbert dong, dalam bandnya yang bernama Racer X membuat karya yang fenomenal akan altern pickingnya dan selain itu permainan drum di awal lagu dan tabrakan riffnya pun mantep banget, kerasss!! Saya yakin kamu yang baru pertama denger, gak butuh waktu lama untuk menyukai lagu ini, kalo bahasa jijiknya cinta pandangan pertama lah ya haha karena berbeda dengan Paul Gilbert di Mr.Big, disini thrash metal bangeeett.

3. Stream of Consciuosness by Dream Theater

Jika ditanya Instrumental metal favorit saya, pasti akan saya jawab Stream of Consciousness karena dari lagu ini saya belajar banyak tentang penjarian dan picking gitar. selain itu alasan saya menyukainya adalah fase lagunya dimana riff-nya dibuat dengan begitu berat lalu solonya aaahh gila sampe sekarang saya belum bisa mengimbangi kecepatan sweep picking-nya gilaaaaa berapa note persecond tuh, lalu diakhiri dengan manis oleh solo yang feel-nya masuk banget menjadikan klimaksnya lagu ini.

2. CAFO by Animals as Leaders

Dari detik pertama lagu ini udah menunjukan kesintingan atau kegilaan yang dibuat om Tosin Abasi ini dengan ditunjukannya permainan legato yang powernya berat banget lalu gak lupa bagi om Tosin buat nunjukin ciri khasnya, yap picking unik dari jari bengkoknya. Ah susah banget jelasin lagu ini karena full teknik yang bikin saya terus sumpah serapah sama om Tosin, sakit gila ! dari planet mana sih lu om !?

1. Dance of Eternity by Dream Theater

Bagi yang pertama denger lagu ini apalagi yang baru denger Progressive-nya Dream Theater pasti akan “kok gini ya ? kok gitu ya ?” haha wajar kok karena siap-siap dengan musik yang aneh dan nyentrik dari Dream Theater karena bisa dibilang kayak kumpulan nada-nada yang mereka temuin dijalan terus dipungutin dan di campurkan namun yang mencampurnya adalah jenius-jenius musik yang emang otaknya udah kayak langit dan bumi sama kita-kita, so.. untuk menggemarinya pun butuh waktu menemukan titik ‘ledakan’ agar kamu bisa merasakan nikmat dan luar biasanya Dance of Eternity.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment