10 Lagu Manowar Terbaik Sepanjang Sejarah

MAN O WAR
Joey Demaio - Eric Adams - Karl Logan - Scott Colombus (on drum)
Jika kamu melihat kerumunan orang dengan otot sixpack dengan busana The Lord of the Ring yang memakai helm besi seperti siap untuk berperang namun pergi ke tempat konser musik, pasti itu fans-fansnya Manowar haha, karena fansnya Manowar sering menyebut mereka sebagai Metal Warriors sama seperti band itu sendiri yang sering menciptakan lagu tentang fantasi, kolosal atau perang dengan sajian musik metal yang epic dan itu juga mengapa mereka nyentrik banget dengan dandanan perangnya.

Band yang aktif sejak decade 80an ini memang gak seterkenal dengan Metallica, Slayer atau yang lainnya karena mungkin hanya penggemar The Lord of the Rings aja yang suka haha, hal tersebut membuat Manowar adalah salah satu band Underrated terbaik dunia dengan ciri khas mereka yaitu musik yang bombastis.
Setelah dirilisnya banyak album metal kolosal oleh Manowar, saya mengelompokan 10 lagu terbaiknya dalam tulisan ini, 10 Lagu Manowar Terbaik Sepanjang Sejarah. Siapkan dan angkat pedangmu Metal Warriors !!


10. All Men Play on 10

Semua pria bermain dalam 10, saya kurang mengerti tentang isi lagu ini namun kata teman dalam media sosial berkata bahwa Manowar memiliki masalah dengan mereka-mereka yang ‘kurang laki-laki’ dengan musik-musik yang mereka dengarkan. Meskipun musiknya gak begitu Manowar banget, namun lagu ini tetap asik dengan bombastisnya suara yang mereka timbulkan terutama pada drum yang selalu menghadirkan kesederhanaan namun ‘ledakan’nya kerasa banget.

9. Courage

Salah satu karya ‘slow’nya Manowar yang mellow dengan dihadirkannya dentingan piano lembut sepanjang lagu yang akan disambut dengan bumbu epic oleh permainan violin sebagai background sound-nya belum lagi suara choir yang bikin jiwa metal kita bangkit. Distorsi gitar pun dalam lagu ini dibuat lebih ramah karena mendukung irama vokal yang enak banget yang bikin sekali denger langsung suka.

8. Die for Metal

Salah satu nyanyian favorit para Metal Warriors yang menyebutkan bahwa mereka berani mati untuk metal karena Metal Warriors adalah satu kesatuan yang garang dalam musik. Tempo yang rendah dan berat mengiringi sepanjang lagu namun sangat memburu ketika solo bermain dengan ledakan pada chorusnya yang mantep banget. "They can't stop us ! let 'em try ! for heavy metal we will die !!"

7. Heart of Steel

Kebanyakan orang yang baru mengetahui Manowar pasti denger lagu ini duluan, karena faktanya Heart of Steel adalah lagu Manowar paling populer. Dalam lagu ini, kita akan dibawa dengan musik Manowar yang kolosal banget mulai dengan lirik, vokal, tune gitar begitu juga permainan drum yang duarrr banget di chorus. Bagi yang sudah merasakan feel di lagunya, pasti akan dibuat merinding disetiap detiknya.

6. Kings of Metal

“True metal people want to rock, not pose !!” haha sepertinya lagu ini menyinggung penggemar metal yang hanya gaya-gayaan saja, namun selebihnya lagu ini adalah tentang Manowar itu sendiri yang menyebutkan bahwa mereka siap untuk ‘menendang bokong’ kamu dengan musik mereka yang bombastis, karena jika kamu penggemar genre metal pasti merasakan asiknya lagu ini dengan permainan gitarnya yang kickass banget, begitu juga dengan vokalnya yang teriak-teriak yang membuat lagu ini menjadi lagu yang paling di favoritkan fansnya.

5. The Dawn of Battle

Salah satu lagu Manowar dengan tempo cepat, The Dawn of Battle terasa begitu powerful diawal lagu dengan double pedal yang langsung menyambut dan alternate picking ala band thrash metal. Seperti ciri khas Manowar yang terdapat pada kebanyakan lagu-lagunya, ditengah-tengah cepatnya tempo, terdapat bagian dimana semua instrument keras dimatikan dan hanya vokal yang epic terdengar lalu kamu akan dikejutkan kembali oleh distorsi yang langsung menjerit dan tempo kembali cepat, menjadikan breakdown sendiri bagi penikmatnya.

4. Call to Arms

Distorsi keras langsung akan langsung menabrak speaker mu dengan riff yang badass. Call to Arms adalah salah satu karya Manowar dengan musik terberat baik itu dari lantunan dan tune-nya makanya sebelum memutar lagu ini, silahkan turunkan dulu volume laptop atau smartphone mu haha. Selain berat akan riff-riff gitarnya, liriknya pun keren-keren, coba aja tengok sepenggal lirik ini “I swear by the brothers who stand before me, to no man shall I kneel” yang menunjukan semangat jiwa persatuan mereka sebagai 1 batalion yang siap berperang.

3. Hail and Kill

Dimulai dengan melodi gitar yang sudah epic diawal dan petikan akustik yang berat pun dimainkan seiring dengan vokal yang masih berteriak, lalu kamu akan dikejutkan dengan permainan drum dengan ketukan yang terasa asik yang akan membimbing kamu ke chorus yang sangat memorable “Hail ! Hail ! Hail and Kil !!” begitu juga dengan riff gitarnya, canda teman saya sih permainan gitar pada chorusnya mirip dangdut yang di metalkan haha *GTFO man. Lagu ini pun menjadi lagu Manowar terfavorit sepanjang masa.

2. Warriors of the World

Percaya atau engga saya pernah dibuat nangis waktu nonton video live-nya karena feel dari lagunya baik banget disampaikan dengan alunan yang berat, satu lagi yang bikin saya merinding adalah liriknya yang menggambarkan kita adalah Warriors of the World yang akan pergi berperang dengan sesuatu disana, dan ternyata bukan hanya saya saja yang dibuat menangis oleh lagu ini karena temen-temen dari fans musik ini juga merasakan feel yang sama sebagai Metal Warriors. Bisa jadi lagu ini adalah lagu paling epic yang pernah mereka ciptakan karena saat Manowar membawakan lagu ini, semua kompak satu suara  menyanyikan Warriors of the World. Dengan drum dan distorsi keras sepanjang lagu menjadikan lagu ini selalu diminati bagi penikmat musik dengan suara bombastis.

1. Battle Hymn

Petikan clean guitar mengawali lagu ini yang disambut sesekali oleh distorsi, namun kejutan sebenarnya bukan disana, saat fill-in drum dimainkan untuk menyambut distorsi gitar lah kejutan dimulai dengan permainan drum yang bener-bener powerful dan kerasa banget pukulan disetiap lirik yang dinyanyikan terdengar begitu megah bagaikan benar-benar sebuah himne kebangkitan perang. Selain itu, bagian slow pada tengah lagu mengingatkan saya tentang film TLoTR saat perang akan dimulai lalu dipertajam oleh permainan solo yang gila banget. Pokoknya instrument dan vokal dalam lagu ini Over the Top banget lah dibanding lagu lainnya, mantep dan kuat. Untuk Outronya pun terbilang unik karena hampir ¼ lagu isinya outro yang meskipun lama tapi bikin betah karena poin powerful masih terasa hingga akhir lagu.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Dibanding all man play on 10 fighting the world atau kingdom comes lbih cocok d daftar ini

    ReplyDelete