11 Lagu Pantera terbaik sepanjang masa

Pantera adalah sebuah Grup band asal Texas yang menjadi pelopor genre Groove Metal pada era 90an dan menjadi band Groove Metal terbaik sepanjang sejarah yang beranggotakan Phillip Anselmo (Vocal), Dimebag Darrel (Lead Guitar), Vinnie Paul (Drum) dan Rex Brown dalam posisi Bass. Setelah meraih kesuksesan disetiap albumnya karena selalu meraih Platinum dan Gold menjadikan Pantera salah satu band yang mengusung genre Groove Metal terbaik sepanjang sejarah.
Meskipun Pantera telah bubar pada tahun 2003 karena perselisihan pribadi setiap anggotanya dan kematian tragis sang gitaris karena ditembak saat On Stage membuat keputusan bulat untuk Pantera resmi membubarkan diri, namun begitu karya-karyanya tetap menjadi sejarah yang dikenang sepanjang masa oleh para Metalhead dan saya akan merangkum karya-karyanya dalam 11 Lagu Pantera terbaik sepanjang masa.


11. This Love
Pada album Vulgar Display of Power untuk pertama kalinya Pantera menunjukan sisi emosionalnya pada sebuah lagu dan lagu itu adalah This Love karena lagunya sendiri tentang relationshipnya Phill Anselmo ucap sang Drummer, Vinnie Paul serta dilengkapi solo yang begitu soulful. Namun gak selama lagu ini kamu mendengar tentang emosinya Phill, tapi lagu ini diberi sentuhan Riff-Riff yang bikin kamu Headbang oleh Dimebag Darrell.

10. I'm Broken
Jika kamu suka model Riff gitar yang patah-patah maka I’m Broken adalah lagunya, karena dalam lagu ini Riff-Riff gitarnya dan bahkan Drumnya pun patah-patah mengikuti alunan gitarnya seperti judul lagunya ‘I’m Broken’. Untuk yang biasa memainkan lagu seperti ini adalah sebuah tantangan tersendiri karena cukup sulit untuk menseragamkan gitar dan drum yang seperti ini.


9. Slaughtered
Dalam 5 Minutes Alone, Phil Anselmo menunjukan kualitas Growl-nya yang gak kalah dengan vocal mid-scream nya menjadikan Slaughtered lagu yang bergaya sedikit kearah musik Post-Hardcore dan berhasil menjadi lagu yang alunannya membuat kepala mu Headbang dengan sendirinya mulai dari detik pertama ! Slaughtered mempunyai tempo yang standar groove metal namun semakin berjalannya durasi, tempo semakin dipercepat dan semakin berat oleh permainan gitarnya Darrell. Menurut wawancara majalah musik pun faktanya lagu ini adalah salah satu lagu favoritnya Matt Shadows, vokalis Avenged Sevenfold.

7. Suicide Note, Pt.1 & Pt.2
Salah satu lagu acoustic Pantera (untuk Part 1) sama seperti judulnya, Suicide Note adalah lagu yang mengandung lirik yang depresi yang disampaikan baik oleh Phill Anselmo, diiringi dengan petikan Acoustic yang kental dengan Power Ballad. Berbeda dengan Part 1, Part 2 adalah part dimana depresi itu berubah menjadi ‘kegilaan’ yang tentu saja Suicide Note pada Part 2 diiringi dengan musik yang sangat keras yang sangat mengentak bahkan pada detik-detik pertama dan ini menjadi pestanya metalhead karena Part 1 dan Part 2 sangatlah berbeda jauh perbandingannya bahkan bisa saya bilang bahwa Suicide Note, Pt.2 adalah lagu terkeras yang pernah ditulis Pantera.


7. Floods
Floods adalah lagu yang memiliki solo gitar terbaik yang pernah di tulis oleh Dimmebag Darrell bahkan Guitar World Magazine menempatkannya dalam posisi 15 dalam 100 Greatest Guitar Solo of All Time, jadi bagi kamu yang suka dengan gaya-gaya musik Power Ballad, Floods lah lagunya. Liriknya sendiri menceritakan tentang tindakan yang dilakukan oleh umat manusia seperti pembunuhan, pemerkosaan dan peperangan jadi Floods merupakan suatu karya yang terbilang aneh dengan lantunan yang berat namun menjadi menakjubkan karena gitar solo yang memanjakan para penikmat Power Ballad.

6. Mouth for War
Salah satu Riff terbaik yang pernah dibuat Dimebag Darrell ada dalam lagu Mouth for War karena semua Riff yang terpampang dalam Mouth for War sangat enak di dengar bagi para Metalhead dan yang membuat lagu ini sangat ‘gila’ ada pada bagian outro yang pantas dinobatkan sebagai salah satu Riff nya yang terbaik.

5. Fucking Hostile
Mungkin Fucking Hostile adalah lagu paling cepat yang pernah diciptakan Pantera, baik itu Tempo gitar, ketukan Drum ataupun Vocalnya maka lagu Fucking Hostile seperti layaknya lagu Thrash Metal. Meski memiliki durasi yang lebih pendek pendek, Fucking Hostile berhasil menghadirkan sisi yang lebih agressive dari Pantera bahkan solonya pun bisa disebut paling keras dibanding lagu Pantera lainnya.

3. Walk
Lagu Walk memiliki yang tersimple yang pernah dibuat oleh Pantera, namun cara menikmati lagu ini gak se-simple itu karena saya berani menjamin bahwa lagu ini adalah lagu Pantera paling asik sepanjang masa, karena saya yakin sepanjang lagu ini Fansnya Pantera gak berhenti Headbang karena saking asiknya lagu Walk dengan Quote yang paling terkenal juga yang berbunyi “Re !! Spect !! Walk !!” dan “Welcome Home Boy” pada bagian Outro.

4. Domination

Mendengar Phill Anselmo berteriak “This is call Domination !!” pun sudah membuat adrenaline kita berada dipuncaknya, karena Domination mempunyai Riff gitar dan dentuman Drum yang sangat asik gila yang menjadi fokus utama dalam lagu ini, berkat lagu ini juga saya menjadi menyukai Pantera, jika kamu seorang Metalheads, kamu telah berbohong jika mendengar Riff setelah solo pada pertengahan lagu Domination dan kamu gak Headbang sama sekali. This is the one of most brutal breakdown ever !!

2. Cowboys from Hell
Pasti kamu udah gak asing lagi dengan lagu Cowboys From Hell karena lagu ini adalah lagu Pantera yang paling terkenal dan paling sering dibawakan saat konser, alasannya Pantera berhasil menciptakan lagu yang paling memanjakan para Headbangers karena dengan Riff yang disebut-sebut sebagai 10 besar Riff metal terbaik sepanjang masa yang tentunya gak henti-hentinya digilai oleh Metalhead yang sepanjang lagu mengajak kamu untuk mengikuti alunan musiknya.

1. Cemetery Gates
Dan yang berhak menempati posisi pertama adalah Cemetery Gates, alasannya Cemetery Gates adalah karya Pantera yang memiliki semua aspek mulai dari emosional,’gila’, Riff yang dimainkan dengan Pinch Harmonics-nya yang sangat rapih dan sangat baik, solo yang tak kalah Power Balladnya dari lagu Floods dan jangan lupakan vocal range yang sangat tinggi dari Phillip Anselmo yang menjadi klimaks dalam lagu ini, saya sendiri pun dibuat takjub dengan Phill yang bisa menyanyikan lagu nada rendah hingga nada yang sangat tinggi seperti dalam lagu Cemetery Gates ini.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: