11 Lagu Red Hot Chili Peppers Terbaik Sepanjang Sejarah

Red Hot Chili Peppers (RHCP) adalah sebuah band beraliran Funk Rock atau Alternative Rock asal California, mereka disebut-sebut salah satu band Rock paling sukses sepanjang sejarah karena menghasilkan karya-karya yang ‘gila’ dan membawa lagu Rock dengan gaya mereka sendiri yang terkenal frontal dengan sebagian lagu nya yang bertemakan Seks, Politik dan obat-obatan terlarang namun dengan lagu-lagunya yang dikenal asik-asik karena tiap personilnya pun mempunyai ciri khas sendiri-sendiri seperti Flea sang Bassist yang terpengaruh permainan bassnya oleh blues dan funk, Kieds yang bernyanyi dengan gaya Rap-nya, sang Drummer Chad Smith yang terpengaruh dengan gaya Jazz dan Funk serta beberapa gitaris yang pernah bergabung dengannya mempunyai style Blues dan Altern Rock yang sangat kental, semua perbedaan itu disatu padukan menjadi Red Hot Chili Peppers dengan penuh perbedaan namun menjadi gaya musik yang sangat enak.
Mereka telah merilis sebanyak 11 album sejak awal karirnya pada tahun 1984 hingga sekarang mereka masih aktif bermusik dan menulis lagu, dari sekian banyak lagu yang mereka tulis saya merangkumnya dalam 11 Lagu Red Hot Chili Peppers terbaik sepanjang sejarah dalam tulisan ini.


11. Around The World

Jika kamu bertanya di lagu mana permainan bass Flea paling asik ? maka saya akan jawab Around The World ! karena dalam around the world suara bass lah yang paling terngiang di telinga atau bahkan yang paling dominan diantara semua alat musik, dari awal pun Flea sudah bermain di level  Insane-nya dalam bermain bass yang cepat dan menghentak di tambah permainan gitar dari Mr.Frusciante yang agak konyol dan jangan lupakan hal konyol lainnya seperti ‘ning-neng-nong-nong-ning-neng’nya, jadi gak salah Around the World salah satu lagu mereka yang sering dibawakan saat konser.

10. Soul to Squeeze

Salah satu lagu RHCP yang bisa mengantar kamu tidur, karena lagu ini memiliki petikan gitar dengan suara yang lebih pelan dan melodis, ditambah dengan permainan bass yang bisa bikin kamu tidur terlelap namun bukan berarti lagu ini membosankan, karena memang saat part itu membuat kita terbawa dalam ayunan lagunya yang santai namun di tengah-tengah lagu kita ‘dibangunkan’ oleh Chad Smith dengan pukulan Ride yang keras *part favorit saya, oh ya saya suka permainan drum dalam lagu ini yang menampilkan sesuatu yang berbeda yaitu ketukan yang berubah-ubah, mungkin kalo kamu belum pernah denger lagu Dream Theater kamu agak kebingungan dengan ketukannya.

9. Brendan's Death Song

Dalam judulnya berkata ‘Lagu kematian Breandan’ dan nyatanya juga benar lagu ini menceritakan tentang Brendan Mullen seorang Founder dari The Masque sebuah Club punk/rock di Amerika yang telah wafat pada tahun 2009 dan RHCP pun mengabadikan namanya dalam salah satu karya terbaiknya. Bicara soal komposisi lagu, Brendan’s Death Song dimulai dengan petikan acoustic lambat laun fill-in drum pun terdengar dan pada bagian penghujung lagu kita diperdengarkan suara drum yang lebih bombastis yang tentunya menjadi klimaks dalam lagu ini, menurut saya permainan Drum dari Chad Smith lah yang membuat lagu ini sangat hidup meskipun dikatakan disana lagu kematian dan sebagai catatan, Fill-in nya keren-keren !

8. By The Way

Saat pertama kali di rilis lagu ini langsung bertengger dipuncak Mainstream Rock Tracks selama 7 minggu, gila kan ? belum cukup sampai disitu karena lagu ini juga membuat kita gila dengan dentuman Drum yang cepat, permainan Bass dan Gitar yang sangat asik dan vocal dari Kieds pun tak mau kalah dengan permainan teman-temannya, belum cukup sampai disitu kegilaannya karena video klipnya pun menampilkan orang yang gila juga ! kamu liat dan dengar sendiri aja lah tentang kegilaan dalam lagu ini.

7. Otherside

Dalam video klip lagu ini (seperti yang diatas) kita diperlihatkan sesuatu yang aneh-aneh seperti fantasi, khayal ataupun surealis dan pasti dalam pembuatan ide video klip seperti ini ada sebuah pesan yang terselubung dan saya temukan fakta bahwa lagu ini adalah tentang gitaris pertama RHCP yaitu Hillel Slovak yang ketergantungan heroin yang akhirnya wafat. Ok, tentang komposisi lagunya mungkin bisa dibilang lagu ini adalah lagu dengan permainan bass paling mudah di lagu RHCP karena hanya terdiri dalam beberapa chord saja, namun jangan kecewa karena kalian akan dimanjakan oleh Otherside dari ‘sisi lain’ juga, dengan irama lagu yang mudah diikuti dan pasti kamu yang udah tau lagunya akan ikut bernyanyi saat bagian Reff-nya yang sangat enak didengar.

6. Dani California

“California Rest in Peace !” Salah satu lagu yang banyak dianugerahi penghargaan salah satunya yang bergengsi adalah penghargaan dari Grammy Awards sebagai lagu Rock terbaik tahun saat Stadium Arcadium dirilis loh dan mengalahkan ‘prestasi’ lagu By The Way, karena dari awal pun kita sudah ditunjukan sesuatu yang mengasyikan untuk didengar dengan pukulan snare dari Chad Smith dan jangan lupakan solo akhir John Frusciante dengan suara gitar yang lebih bombastis. Uniknya lagi dalam video klipnya RHCP meniru beberapa gaya beberapa Rockstar terbesar di dunia seperti Presley, The Beatles, Jimmy Hendrix, David Bowie, dll. Dan pada bagian terakhir mereka menjadi diri mereka masing-masing seorang Red Hot Chili Peppers.

5. Scar Tissue

Scar Tissue adalah salah satu lagu yang paling banyak menerima penghargaan, dan siapa sangka lagu ini masuk kedalam majalah Guitar World dalam kategori 100 Greatest Guitar Solos ! meskipun solo gitar yang gak begitu rumit namun disebutkan dalam Guitar World, teknik Slide Guitar dari John Frusciante sangatlah sempurna dan menurut saya moment saat masuk ke solo gitarnya sangatlah epic dan terasa ballad-nya. Diluar solo gitar, semua personil bermain sangat rapih dalam lagu ini dan mungkin lagu ini menjadi lagu no.1 sebagai lagu RHCP yang paling difavoritkan oleh semua orang karena alunan santai yang mudah dinikmati oleh siapa saja.


4. Californication

Lagu yang menjadi salah satu lagu favoritnya Anthony Kieds, dengan durasi 5 menit lebih ini kita gak pernah diajak untuk bosan mendengarkannya sampai selesai karena dengan petikan gitar dari Frusciante yang sangat easy listening dan pasti menjadi familiar ditelinga kamu membuat kita betah mengikuti petualangan 4 karakter dalam Californication ini, saya yakin saat dibagian solo gitar disanalah part yang paling bikin kita nyaman karena petikannya yang sangat mudah dinikmati oleh siapapun gak salah lagu ini langsung menjadi puncak billboard di berbagai negara dalam beberapa minggu.

3. Snow (Hey Oh)

Entah mengapa kalo saya denger lagu ini iramanya bikin saya sejuk seperti lagu Air Supply atau George Benson atau karena judulnya Snow ? mungkin sedikit orang yang merasakan sensasi seperti saya, tapi jelas mungkin saking enaknya denger Snow kita jadi hanyut kedalam dinginnya ‘salju’ dalam lagu ini karena lagu ini memiliki petikan gitar yang mudah dinikmati serta backsound atau sound effect dalam lagu ini sempurna menciptakan suasana yang sejuk juga.

2. Give it Away

Pada posisi kedua dalam list ini saya menunjukan lagu yang paling gokil, asik dan ‘gila’ karena dengan dipukulkan drum pada awal lagu udah bikin kepala mengikuti ayunannya atau kaki kita yang menghentak-hentak, yaap memang lagu ini diciptakan seasik itu apalagi jika kamu udah mendengar bass nya lagu ini, sudahlah lengkap ‘ancur’nya lagu ini maka tak heran karena lagu inilah Red Hot Chili Peppers menjadi sangat terkenal saat ini dan jangan ditanyakan tentang penghargaan yang di terima lagu ini karena buanyak banget yang gak mungkin saya sebutkan satu-satu disini dan lagu ini adalah lagu yang bikin saya suka sama Red Hot Chili Peppers yang menampilkan sesuatu yang berbeda dibanding band Rock Punk lainnya.

1. Under The Bridge

Hampir gak mungkin jika kamu pencinta Rock gak suka sama lagu ini, karena gak mungkin telinga kamu nolak lagu seenak ini, semua permainan dalam lagu ini terdengar begitu sempurna dari mulai Drum nya yang lebih lambat namun memainkan ayunannya sangat membawa kita, bass yang sangat melodis dengan porsi yang pas, vocal yang sangat baik dari Anthony Kieds dan jangan ditanya soal permainan gitar John Frusciante yang sangat asik yang merupakan inti enaknya lagu ini, maka gak salah kalo Under the Bridge adalah lagu Red Hot Chili Peppers terbaik sepanjang sejarah.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment