25 Lagu Metallica Terbaik Sepanjang Masa

Metallica, salah satu band Thrash Metal terbesar sepanjang masa yang termasuk dalam The Big 4 (Anthrax, Megadeth, Slayer, Metallica). Dentuman drum yang cepat, solo yang sering dikenal dengan wah-nya yang bombastis, sering menggunakan teknik gitar palm mute yang sangat cepat di banding band Thrash lainnya dan lirik yang sebagian besar bertemakan kritik sosial menggunakan kata-kata yang kasar menjadikan lagu-lagu mereka sangat khas di  dengar oleh sebagian orang.
Aktif sejak dekade 80, Metallica telah merilis 11 Album Studio hingga tahun ini dengan personil band James Hetfield (Rythym Guitar, Vocal), Kirk Hammett (Lead Guitar), Lars Ulrich (Drum) dan Robert Trujillo sebagai bassist menggantikan Jason Newsted pada akhir album Load. di antara banyaknya lagu yang mereka ciptakan, saya merangkumnya dalam 25 lagu Metallica terbaik sepanjang masa.


1. Master of Puppets
Salah satu karya metallica terbaik dan lagu favorit para member Metallica sendiri, gebrakan rythym saat into yang  khas dari metallica  langsung memainkan palm mute nya dengan sangat cepat apalagi dibawakan saat  konser, saya aja pertama  kali nge gitarin lagu ini bikin pegel tangan.  alasan saya  nempatin Master of puppets di No.1 karena aransemen yang  luar biasa dan riff gitar yang cadas bahkan lagu ini menurut  kalangan  pengamat musik adalah lagu thrash metal terbaik  sepanjang masa!  berkat lagu ini dan albumnya Metallica  semakin terkenal di dunia  dengan  band Thrash Metal  terbaik yang pernah ada dan sudah banyak  band dunia  yang coverin lagu ini seperti Sum41, Dream Theater, Bullet  For My  Valentine dan lain - lain. Master !! Master !!


2. One
Suara tembakan dan teriakan tentara perang mengawali lagu ini yang sudah membawa suasana perang yang mencekam di lanjutkan dengan petikan gitar yang sangat epic. dalam majalah musik dunia seperti Rolling Stone atau Kerrang ! menempatkan lagu One ini sebagai permainan gitar solo terbaik yang pernah di tulis oleh Metallica. dalam liriknya sendiri menceritakan tentang seseorang yang kehilangan indera penglihatan dan pendengaran karena perang sehingga ia hanya hidup dengan otak saja, dari segi liriknya ini memang sangat despressive karena tidak bisa terbayangkan oleh kita bagaimana kita hidup tanpa bisa melihat dan mendengar ? namun dibalik semua itu, One adalah salah satu karya bombastis Metallica karena dari awal kita diajak depresi dan pada paruh akhir kita di ajak untuk gila (Headbang) karena Riff nya sendiri sudah mengajak kita untuk mengikuti irama ayunannya hingga akhir lagu.




3. Enter Sandman
lagu ini adalah salah satu favorit saya sama temen-temen waktu nge jam, Enter  Sandmanterdengar tidak se agresif pada lagu di album sebelum Black  Album, hal ini menjadi kekecewaan beberapa fans karena lagu ini  terdengar jauh dari ciri khas Metallica sebelumnya, tetapi kebanyakan  yang bilang bahwa lagu inilah yang mengkatrol nama Metallica lebih naik  lagi dan albumnya sangat laku di pasaran katanya terjual sampai jutaan  copy di seluruh dunia. lagu ini mudah untuk di mainkan bahkan untuk  pemain musik  pemula, seperti yang di sebutkan Lars Ulrich (Drummer  Metallica) pada wawancara "mungkin lagu Enter Sandman  adalah lagu termudah yang pernah kami buat" tuturnya. Meski terkesan tidak agresif  dan cepat namun lagu ini sangat Enjoy Listening dan recomended bagi  yang  suka jamming lagu-lagu 90an, hal yang susah dari lagu ini adalah vocalnya papa Hetfield :v


4. Fade to Black
Sebuah karya Power Ballads Metallica dan salah satu karya Metallica  terbaik yang lagunya sendiri sangat emosional dengan lirik yang dalam  tentang kematian. Fade To Black adalah perpaduan sempurna yang di  awali petikan gitar klasik James Hetfield di iringi melody lembut dari  Kirk Hammet yang membuat pendengar terbius masuk ke dalam lagu  tersebut dan di akhiri dengan riff & solo yang cadas menjadikan lagu  yang memorable bagi pendengarnya, tak salah jika lagu ini mendapat segudang penghargaan internasional dan ada seorang pengamat musik  menilai bahwa Fade To Black memiliki gitar solo terbaik dalam sejarah  heavy metal.


5. The Four Horsemen
The Four Horsemen adalah single ke 2 dari album  pertama mereka Kill 'em All, di lagu ini kita dapat mendengar Alternate Picking khas  gitaris dari Dave Mustaine karena lagu ini di tulis bareng dengan lead  vocal Megadeth itu sebelum Hetfield dan Ulrich  melakukan pemecatan  karena ketergantungan obat terlarang. lagu dengan panjang 7 menit  lebih ini gak akan bikin bosen, karena unsur dalam lagu ini gak itu-itu  Aja riff yang di tunjukin dan nyaman di telinga. memang jarang di  bawakan ketika konser tapi waktu di jakarta tahun lalu  beruntung lagu  ini  di bawakan, lagu ini juga menjadi  inspirasi bagi musisi-musisi  contohnya  Bullet for my valentine yang terinspirasi lagu ini bisa kita  dengan  kemiripan riff gitar di tengah part lagu Tears Don't Fall. Menurut  saya  Lagu ini adalah lagu terbaik dari album Kill 'Em All.


6. For Whom the Bell Tolls
Salah satu lagu yang paling sering di bawakan oleh Metallica yang tergolong simple dan mudah di pelajari, meski lagu ini belum pernah menang dalam  menyabet penghargaan hanya masuk nominasi saja, namun lagu  ini punya tempat sendiri di hati penggemarnya yang membuat lagu ini istimewa. di awali dengan suara lonceng  mendengung, permainan musik yang heavy, liriknya yang  exploding that make you soulless plus permainan bass saat  intro  dari sang legenda Cliff Burton bikin lagu ini epic dan  selalu di kenang oleh metalhead karena biasanya Cliff unjuk gigi nya saat konser dengan lagu ini.


7. Creeping Death
Lagu paling cocok buat lagu pembuka konser "yea I'm  Creeping Death !!:  Katanya awal mula lagu ini di tulis  karena celetukan si Burton "Whoa - It's  like Creeping death  !!" waktu nonton bareng film apa gitu saya lupa  tentang  kerajaan pemuja matahari, atau ada yang bilang dari buku  Exodus. Lagu ini special banget di kalangan penggemarnya  karena sesudah Blistering solo si bang Hammet, penonton  akan berteriak " Die !  Die ! Die !"  mengikuti irama riff nya dan  dilanjutkan Bang Hetfield dengan  "Die by my hand ! .. "  yap itu bagian seru waktu nonton Metallica bahkan  lagu yang wajib di bawakan pokoknya soalnya dari pertama  riff yang  di palm mute cepat memecahkan suasana konser bikin penonton teriak  menyambutnya, lagu ini juga telah di cover 12 band metal, jadi gak salah jika creeping death banyak menyabet penghargaan.


8. Battery
salah satu lagu paling keras milik Metallica, saat  intro pendengar  di suguhkan dengan permainan gitar yang  ada bau-bau spanyol nya, lagu berubah dengan sangat  menghentak dan cepat di menit 1 lebih, lagu  ini bikin saya  salut sama suara si Hetfield apalagi waktu konser di seattle  (1989) di tahun itu menurut saya golden age nya Metallica.  vokal James Hetfield sangat berat dengan menyanyikan  irama yang cepat sambil  maen gitar thrashy pula, Gile lo  James !! solo dari Kirk The ripper juga gak kalah gile, dan  sesudah solo di bikin makin gile lagi oleh performa rythym  sangat  heavy dan thrash, 99,99% Metalhead pasti headbang  pada part ini :v lagu ini menunjukan taring nya Metallica meski gak pake scream atw  growl segala lagu ini bener-bener total cadas nya. btw, album Master Of Puppets masuk ke dalam 10 besar Heaviest Album  Of All time !!


9. Seek and Destroy
Lagu Metallica pertama saya !  "Searchiiiinnngg ..  Seek And Destroy !!" Penggemar Thrash Metal pasti tau  lagu ini, Album  Kill 'Em All memang  menghadirkan lagu - lagu yang selalu di rindukan bagi  penikmat lagu Thrashy karena dari bagian awal  hingga  akhir penonton gak henti-hentinya berpogo atau ikut  bernyanyi  sama lagu ini.  sering terdengar di konser  meneriakan "Kill 'Em All !" mungkin inilah  lagu yang di  tunggu-tunggu oleh penonton karena kata  member-  member Metallica Seek and Destroy adalah lagu favorit mereka  (penonton),  bahkan saking meledaknya lagu ini dijadikan theme song  Balapan Nascar  dan WCW (Kalo gak  salah). Yap Metallica berhasil menyajikan sajian  yang sederhana namun enak di telinga, hingga saat ini  sudah puluhan jumlahnya band metal yang mengcover atau me- Remastering lagu ini.


10. Fight Fire with Fire
Petikan gitar akustik mengawali lagu ini dan tempo menjadi sangat  cepat pada detik ke 36 gara-gara rif gitarnya Hetfield, vokal James  Hetfield terdengar datar dalam lagu ini dan double pedal Lars Ulrich  juga di tunjukan di lagu ini tepatnya pada pertengahan lagu pastinya  lagu ini bakal bikin sesak kalo lagi konser solonya pun gak kalah killer  sama riff nya. overall lagu ini bertempo cepat mungkin lagu ini  tergolong dalam Speed Metal, jadi kalo kamu suka aliran yang speed metal recomended buat denger ini lagu, Enjoy bro !


11. The Unforgiven
The Unforgiven adalah salah satu lagu Metallica yang  mempunyai Sekuel,  yang terdapat pada album Re-load  (The Unforgiven II) dan album Death  Magnetic (The  Unforgiven III) ketiganya enak di dengar tapi menurut saya  The Unforgiven lah yang terbaik dari semua sekuelnya,  kenapa ? karena  The Unforgiven mempunyai lirik yang  emosional dan dalam menceritakan  penyesalan seorang  manusia yang telah menyia-nyiakan hidup nya, dan makna  dari lagu ini juga bisa terlihat jika melihat official video nya (diatas).  dimulai dari petikan gitar di lanjutkan suara vokal  menghentak James  Hetfield di iringi rythym yang berat  dan berubah menjadi slow pada  bagian chorus. part yang saya paling suka adalah saat kirk hammet unjuk  gigi dengan gitarnya yang memainkan solo power ballad banget setelahnya di hentakan dengan solo yang thrashy.


12. Welcome Home Sanitarium
Lagu yang kata orang "Such Great and Meaningful lyric !!" memang benar jika lagu ini di katakan demikian, soalnya saya suka banget sama solo Kirk Hammet yang power ballads tentunya, lagu yang terinspirasi dari novel karangan Ken Kesey berjudul one flew over the cuckoo's nest dan sempat  dibuat film juga dengan judul yang sama, btw saya suka banget sama filmnya. Sanitarium bercerita  tentang seseorang yang hidupnya terkurung dalam sebuah rumah sakit  jiwa, tentu saja lirik yang gelap tentang keadaan seseorang tersebut menjadi sangat meaningful di tulis langsung oleh mendiang Cliff Burton dan membuat kita terbawa oleh lagunya dengan pertikan gitar yang slow  di awal dan menghentak di bagian refrain menjadi lagu yang powerfull juga.


13. Nothing Else Matters
 Lagu yang dikenal soulfull dan biasanya di pake buat  belajar gitar untuk  pemula :D Metallica Family di hadirkan  dengan gaya musik baru hal ini  cukup membuat takjub  sebagian orang karena Metallica bisa membuat  warna baru  dalam karya nya, meski warnanya baru lagu ini gak akan  buat fans kecewa bahkan kurang asik kalo lagi konser gak  bawain lagu  ini, solo gitar James Hetfield di menit-menit  akhir menjadi klimaksnya  lagu ini. katanya awal mula lagu  ini tercipta waktu Bang Hetfield lagi  nelfon istrinya dia lagi  megang gitar, sambil iseng aja dia petikin gitar  senar E G B  E, setelah udah beres nelfon, salah satu personil Metallica  (saya lupa siapa) bilang kalo itu bisa jadi intro lagu yang hebat, Alhasil  mereka nulis lagu Nothing Else Matters. rencananya lagu ini gak masuk sama album Black tapi karena desakan salah satu personil dan manager  (katanya) di masukan lah lagu ini, katanya lagu ini nangkring di 10 besar  billboard berminggu-minggu menjadikan lagu ini sangat terkenal, dan  pasti kamu juga gak asing kalo udah denger intronya doang.



14. ...And Justice for All
Lagu yang satu ini bisa saya katakan lagunya Freak, karena dari awal  para pendengar juga dapat menilai sendiri tentang ...And Justice For  All. meski begitu lagu ini tetap aja ganas pada riff dan solo, saya kurang  suka sama ending lagu ini tapi ada bagian yang paling saya suka adalah  saat menit ke 06:21 karena saat selesai solo dan rythym yang garang terdapat perubahan tempo yang bikin lagu ini epic abiss !!
Lirik yang bertema kritik sosial tentang korupsi, pemerintahan dan kemanusiaan sama seperti patung yang terdapat di cover Album bahwa  keadilan adalah hak semua orang dan hukum itu buta gak ngeliat yang  tinggi atau rendahnya derajat manusia karena hukum harus di tegakkan  seadil-adilnya, dan lagu ini adalah lagu terpanjang yang pernah Metallica tulis.



15. The Day That Never Comes
Dalam lagu ini bassist baru Metallica Robert Trujillo ikut andil menulis  lagu ini, lagu yang bercerita tentang perang dan perdamaian dapat di  buktikan dalam lirik dan video clip nya sendiri. seperti biasa Metallica  mengawali lagu dengan petikan gitar dengan riff slow yang enak di  dengar, tempo makin cepat seiring berjalannya lagu dan klimaks pada  saat di akhir lagu, part yang paling saya suka dalam lagu ini adalah pada  final solo Kirk Hammet dan  penutupan yang sempurna dengan dentuman  Drum Lars Ulrich, jadi gak salah kalo lagu ini langsung melejit ketika  album Death Magnetic di rilis  apalagi video klipnya masuk salah satu nominasi majalah Kerrang!



16. Damage Inc
Lagu Underrated bisa bikin yang dengernya angguk-anggukin kepala dan berpogo ria, Damage Incorporated kepanjangannya. di awali dengan  suara gitar yang parau hingga di menit 1 lebih lalu Drum dari Lars Ulrich  langsung menggebrak di iringi rythym cadas dan gak salah kalo banyak yang headbang karena lagu ini.
Permainan  gitar dan gebukan drum yang cepat menjadi sebabnya lagu ini selalu bikin ber pogo pogo. Vocal James Hetfield pun tak kalah garangnya, semua  part dari lagu ini gak akan bikin bosen deh pokonya karena ciri khas  Metallica pecah banget dalam lagu ini.
Sayangnya lagu ini jarang di bawakan saat konser lagi tahun - tahun ini  mungkin karena James Masterfield yang sudah berumur.



17. Blackened
Blackened adalah salah satu lagu dengan teknik Palm Mute tercepat dari Metallica yang sama-sama bikin pegel tangan kalo baru sekali memainkannya.  melody  yang harmonis mengawali lagu dan serentak tempo menjadi  cepat di  ikuti dengan pukulan Drum, di tengah-tengah lagu terdapat  Break yang di awali dengan kick drum setelah chorus bikin tempo menjadi lebih  lambat lalu di teruskan dengan nyanyian dan solo yang semakin lama  semakin cepat dan cepat, hingga tempo berubah seperti di  awal lagu  lagi menjadi sangat cepat.


18. Wherever I May Roam
Pertama saya denger lagu ini, kesannya "lagunya gagah bener !" yap  emang bener kalo kamu udah denger lagunya mungkin sependapat :v  intro dengan petikan gitar khas india gitu dan langsung Drum menggebuk  keras di ikuti dengan rif yang berat, vokal dari James Hetfield pun tak kalah gagah nya dengan geraman khas nya dan seperti biasa banyak  berteriak "yeaah !!" :v berisikan lirik tentang seseorang yang menentukan  hidupnya sendiri bisa di bilang "terserah ane mau kemana-mana juga ini  hidup ane" gitu kira-kira, maksudnya kita jangan mau di atur-atur oleh siapapun tentang jalan hidup kita


19. Disposable Heroes
Berisikan lirik yang menceritakan tentang seorang serdadu yang menentukan hidupnya, gebukan floor Lars Ulrich dan rythym yang berat mengawali lagu ini lagu di teruskan dengan tempo yang berat dan cepat di part - part tertentu. Disposable heroes, saya sangat suka dengan solo nya mungkin itu salah satu alasan kenapa lagu ini enak di dengar dan outro lagu yang unik.
bagi kamu yang belum denger solo nya, coba denger deh bikin kamu Back to the front !!


20. Dyers Eve
Lagu ini masuk dalam 20 besar lagu Metal tercepat di dunia, salah satu sumber juga mengatakan kalo lagu ini  adalah lagu yang paling sulit dari Metallica, mungkin kamu punya pendapat sendiri yang udah mainin lagunya karena saya belum pernah nge jam lagu ini haha, diluar dari topik di atas, yang membuat saya applause sama lagu ini adalah permainan drum Lars Ulrich, selain  temponya sangat cepat Lars juga berhasil ngejar tempo waktu di rif   detik ke 40an terdapat ketukan ganjil, juga secara keseluruhan menurut  saya permainan drum nya yang terbaik di bandingkan lagu-lagu lainnya, rythym, solo dan vokal yang masih matang juga gak kalah saing di lagu ini.


21. The Unforgiven III
Sekuel The Unforgiven ini berhasil menyajikan instrumental yang lembut  pada intro dan berubah garang pada saat riff, saya suka banget sama  intronya perpaduan denting piano, gesekan biola dan trompet yang  membuat Metallica terlihat semakin cerdas mengaransemen lagu, di lagu  ini pun vokal James Hetfield mengeluarkan suara Emas nya (menurut saya), nada tinggi pun di tunjukan pada saat di tengah part lagu dan itu  bikin saya takjub banget langsung di hentakan dengan solo nya Kirk  Hammet yang powerfull karena wah nya.
Lirik yang merupakan lanjutan dari prekuel lagu ini menceritakan  tentang seseorang yang mencoba memaafkan semua yang telah  berpengaruh terhadap kehidupannya karena dengan memaafkan ia bisa melepaskan semua amarah dan mendapatkan ketenangan, pastinya emosi pun lebih berasa di lagu The Unforgiven III apalagi dengan adanya simponi.


22. Sad But True
Pasti udah gak asing lagi kalo udah denger intronya, sad but true adalah  lagu yang Heavy dari Metallica berkat rythym gitar dan bass picking dari mantan bassistnya dulu Jason Newsteed, temponya yang cenderung lambat namun berat kental akan Palm Mute-nya, saya kurang paham meaning dari  lagu ini saya hanya menangkap kalo lagu ini adalah tentang seseorang  yang bergantung atau di perbudak oleh seseorang yang memiliki  kekuatan atau kekuasaan jadi dalam lagu ini kita yang berperan sebagai  "aku", lirik di tulis oleh Lars Ulrich dan komposernya  James Hetfield.


23. Hit The Lights
Lagu yang udah gak asing lagi bagi orang-orang tua karena lagu ini yang  nge booming di jaman nya (Tahun 80an) Liriknya kebanyakan menceritakan tentang ketadatangan Metallica  untuk start to rock dengan fans nya yang insane ikut teriak-teriak  denger lagunya dan seperti membius fans nya untuk ikut meramaikan   lagu ini. solo dari lagu ini di isi oleh Dave Mustaine atau ada yang bilang  salah satu past member nya Metallica sebelum Dave (saya lupa siapa).  dalam lagu ini kita bisa mendengar scream nya James Hetfield muda,  jadi siap-siap ikut teriak juga bro.


24. Hero of the Day
Salah satu yang unik dari Metallica, mengapa ? Karena lagu ini lagu yang  gak Metal dari Metallica, tapi jangan dulu kecewa coba denger lagunya  dulu, lagu yang easy listening dan emang enak di denger bahkan  beberapa sumber memposisikan lagu ini di Top 10 bahkan situs Loudwire menempatkan Hero of a day ke dalam 10 besar solo gitar terbaik Kirk  Hammet ! saya sendiri tercengang karena solo gitar di lagu ini gak  dominan banget sih dan durasi solonya juga pendek hanya beberapa detik  tapi di luar itu semua memang solo yang enak di dengar dalam lingkup  lagu jenis ini.


25. Fuel
"Gimme fuel Gimme fire Gimme that which I disire, Uhh !!" teriakan  James Hetfield mengawali lagu yang underrated ini, lagu ini udah  banyak di cover juga bahkan band yang bukan metal sekalipun, Avril  Lavigne juga pernah nyanyiin lho dalam rangka Tribute Of Metallica, saya lupa tahun berapa itu. lagu ini asik di bawakan, solo nya pun  tergolong mudah di bandingkan dengan lagu yang lain dan bisa di bilang  lagu modern nya Metallica, mungkin lagu ini juga yang di tunggu-tunggu  saat konser. oh ya saya sengaja ngasih video versi live nya karena lebih asik !

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment