11 Lagu Heavy Metal Terbaik Sepanjang Sejarah

Heavy Metal adalah genre turunan dari Rock dan Blues namun diciptakan dalam rupa yang lebih keras dan alunan yang berat, Genre ini dipopulerkan pada dekade 60an oleh tiga band yang menjadi legenda perkembangan musik Heavy Metal dunia, yaitu Led Zepplein (yang saya tau mereka lebih fokus di Rock dari pada Heavy Metal), Black Sabbath dan Deep Purple, menjadikan nama mereka adalah ‘bapak’nya musik Heavy Metal dunia karena karyanya yang begitu cerdas dan cadas tentunya.
Dari banyaknya band Heavy Metal yang telah melahirkan karya-karya yang fantastis, saya merangkumnya dalam 11 lagu heavy metal terbaik sepanjang sejarah.


11. For Whom the Bell Tolls by Metallica
Selain menciptakan musik-musik Thrashy, Metallica pun ikut andil dalam perkembangan musik Heavy salah satunya dengan lagu For Whom the Bell Tolls ini yang kita bisa dengar lebih simple dan gak seribet lagu Metallica yang lainnya, namun kekuatan lagu ini berada pada lantunannya yang begitu berat dan 2 menit pertama kita disuguhkan permainan Riff-riff mereka yang gak perlu diragukan lagi kelasnya dan bagi kamu yang belum sadar suara melody yang mengiringi gitar pada intro awal, sebenarnya itu adalah permainan Bass dari Cliff Burton dan bukanlah suara gitar.


10. The Number of the Beast by Iron Maiden
Salah satu lagu di performa terbaiknya Bruce Dickinson, karena dalam lagu ini Bruce menunjukan salah satu vocal Range paling tingginya dan powernya pun lebih gila dari lagu Iron Maiden lainnya. Dimulai dengan kutipan-kutipan yang menyeramkan di akhiri dengan kata “666” dan mulai lah terdengar Riff gitar yang sangat asik hingga akhir lagu kita dihadirkan dengan keasyikan lagu The Number of the Beast ini ditambah solo yang dipenuhi arpeggio yang harmonis dengan Quote yang terkenalnya berbunyi “Six Six Six ! The number of the beast !!”.


9. Ace of Spades by Motorhead
Pasti yang suka-suka musik 80’an udah gak asing dengan lagunya mendiang Lemmy ini, meski berdurasi 3 menit kurang lagu ini dipadatkan dengan Riff-riff gitar dan Melody yang menjadi terobosan bagi musik-musik Metal ala Motorhead yang menjadi legenda hingga sekarang, simple namun Gila !


8. Holy Diver by Dio
Holy Diver adalah lagu yang paling banyak di puji oleh kritikus musik dibanding lagu ciptaan Dio yang lainnya karena coba saja dengar permainan gitar yang dari awal sudah bikin mengangguk nganggukan kepala seirama dengan alunan musiknya dan saya suka bagaimana cara Ronnie James Dio menyanyikannya yang sangat enak didengar dan juga jangan lupakan tentang gitar solo yang tak perlu dijelaskan pun pasti kamu akan menyukainya.


7. Iron Man by Black Sabbath
Sebuah karya dari Black Sabbath yang menjadi legenda besar bagi musik Metal dunia bahkan saya yakin siapapun yang membaca ini pasti sudah kenal dengan Riffnya yang sangat terkenal mungkin lebih populer dibanding lagu-lagu di list ini, karena selain enak di dengar Riffnya sangat memorable karena sekali kita mendengar awalannya kita akan tau kelanjutannya dan tidak hanya satu Riff bahkan mungkin semua Riff lagu ini menjadi memorable bagi yang sudah mendengarnya. Tidak hanya Riffnya, Solonya pun sangat asik dengan ketukan seperti itu meski hanya berdurasi beberapa detik.


6. Warriors of the World by Manowar

Ngomingin soal kata ‘Heavy’ Manowar lah jagonya yang selalu menciptakan lagu dengan Sound yang bombastis entah itu Effect gitar atau Drum bahkan Bassnya yang sangat berat menjadikan lagu Warriors of the World adalah lagu paling ‘Berat’ dalam list ini dibanding lagu lainnya karena saat intro pun kita sudah mendengar gebrakan Drum yang keras dan permainan Bass yang diikuti gitar yang menambah berat lagu Warriors of the World hingga akhir lagu yang memberi kesan “wow” pada bombastisnya lagu ini.


5. The Trooper by Iron Maiden
The Trooper adalah salah satu lagu bergaya klasik dan Iron Maiden banget karena dari awal kita sudah di buat nyaman dengan permainan gitar yang selalu seragam dengan bass dan kaya akan suara gitar menjadi power tersendiri dalam lagu The Trooper karena tentu saja lagu ini tentang patriotisme, pahlawan dan perang yang membuat adrenaline kita naik dari awal lagu. Menariknya, saat Iron Maiden Live Concert, Bruce selalu membawa bendera British dan mengibarkannya dalam konsernya yang menjadi momen epic disetiap penampilan mereka.

4. Painkiller by Judas Priest
Lagu Judas Priest yang satu ini bisa membuat kamu headbang bahkan pada menit awal, karena ketukan drum dan permainan gitar yang ‘tajam’ membuat kepala kita dengan sendirinya mengikuti alunannya dan lagu ini pun lagu paling keras dalam list ini berkat vokal Rob Halford yang rangenya kita kenal dengan sangat tinggi menjadi faktor sangat ‘Gila’nya lagu ini karena kualitas vocal yang udah gak bisa kita ragukan lagi kualitasnya.



3. War Pigs by Black Sabbath
Lagu Opening Track dari album Paranoid yang sekaligus menjadi Album Heavy Metal terbaik dunia, karena dalam Album Paranoid lah cikal bakal musik Heavy Metal yang telah berkembang pesat hingga sekarang yang menjadi inspirasi bagi musisi-musisi Heavy Metal, salah satu lagu dalam album Paranoid adalah War Pigs yang menceritakan tentang perang Vietnam yang sedang hangat-hangatnya saat itu. Meski gak sekeras lagu-lagu dalam List ini namun menunjukan sisi ‘Heavy’ dari sisi lainnya dan yang akan tau adalah penikmat musik-musik seperti ini. lagu ini berhasil menjadi terobosan dengan gaya musiknya yang sangat unik yang sangat sangat jauh dibanding musik-musik jaman sekarang yang selalu menggunakan berbagai kecanggihan effect-effect musik atau Auto-tune pada vocalnya namun karya yang dilahirkan akan segera ditelan jaman.


2. The Sentinel by Judas Priest
Dalam The Sentinel, kekuatan utamanya adalah pada permainan gitar yang gak mau kalah dengan Painkiller namun lebih simple dan mudah untuk dinikmati karena bergaya sangat klasik ala band 70an atau bahkan 60an. Untuk Vokal dari Rob, saya sudah ampun karena dalam lagu ini seiring durasi berjalan, vocalnya pun semakin menggila dan menggila bikin saya sangat takjub dengan Judas Priest yang tiap personilnya bernilai berlian terutama Judas Priest mempunyai sesuatu yang melebihi berlian, Rob Halford !!



1. Hallowed be thy Name by Iron Maiden
Dalam posisi terbaik, Hallowed be thy Name lah yang pantas mendapat posisi ini karena dari awal lagu pun kita sudah tunjukan dengan gaya Bruce Dickinson menyanyi yang terdengar begitu gagahnya dengan vibra yang selalu melekat dengan suaranya di lanjutkan dengan melody dan Riff gitar yang pasti membuat kamu mencintai lagu ini bahkan memuja lagu ini yang begitu cerdasnya Iron Maiden mengolah musik Heavy Metal menjadi pujaan orang banyak, tak lupa dengan permainan solo dari Dave Murray yang selalu terdengar lembut, di lanjutkan solo yang kasar dari Janick Gers yang menyempurnakan sudah lagu ini, serta diakhiri dengan manis dengan nyanyian “Hallowed be thy Name” yang sangat panjang.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. nice info gan,saya sebagai penggemar lagu heavy metal sangat setuju dengan 11 lagu diatas dan sangat pantas hallowed by thy name by iron maiden jadi yg terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bro, gak salah lagi pengamat musik hebat pun memuja setiap elemen yang ada di Hallowed by thy Name.

      Delete