13 Lagu BABYMETAL Terbaik !!

BABYMETAL
Moa - Suzuka - Yui
Mungkin jika teman saya melihat postingan ini saya menjadi bahan ejekan, bukan karena lagunya yang gak “laki” karena mungkin jika kamu pernah membaca laman About saya, saya disana menceritakan sangat tidak menyukai lagu-lagu metal masa kini, tapi postingan ini terdapat nama BABYMETAL !? huft… awalnya pun saya agak skeptis, apaan kok bocah-bocah disatuin sama distorsi ? sampai saya ngetawain mereka, namun karena satu lagu yang diperdengarkan oleh salah satu teman saya, membuat saya bergumam dan mulai mendengarkan lagu lainnya hingga sekarang saya telah mengkoleksi hamper semua lagu mereka dalam laptop saya, I know, I embarrassing myself. Karena saya lupa pepatah klasik “Don’t judge book by a Cover”. Karena skill menyanyi Lead Singer-nya yang mempunyai nama panggung Su-Metal bener-bener gak bisa dibohongin saya pun sering dibuat takjub olehnya, ditambah dengan backing vocal dikedua sisinya Moa-Metal dan Yui-Metal yang memiliki suara kawaii atau imut.
Band pengiringnya pun yang menamai mereka KAMI Band sangat baik membawakan genre baru ini yang katanya disebut genre Kawaii Metal, hmmm.. entahlah yang menamainya siapa, saya lebih suka sebutan J Metal (oh shit, X Japan !!) Ok Ok, Kawaii metal mungkin yang terbaik.
Metal Resistance (2016)
Metal Resistance (2016)
Self Titled (2014)
Babymetal (2014)
Tak butuh waktu lama bagi BABYMETAL untuk meraih permukaan nama band metal dunia, karena mereka punya keunikan bahkan mungkin yang terunik dibandingkan semua band metal, yang pasti metalhead pun lebih mudah menerimanya sebagai list band baru mereka. Lagu-lagu yang mereka tawarkan pun gak asal imut, lucu atau apalah, mereka menanggapi celah ini dengan serius karena sudah dibuktikan dengan album pertama mereka yang sangat sukses karena lagu-lagunya pun layak disebut kualitas dunia, belum lama pun mereka sudah mengadakan tour dunia ! Oh ya, ada yang menarik lagi dari BABYMETAL yaitu warna-warna di album mereka juga mewakili Outfit mereka saat live concert.
Ok, jadi dalam postingan ini saya merangkum lagu-lagu mereka yang telah dirilis sampai saat ini kedalam 13 Lagu BABYMETAL Terbaik (Sejauh ini) karena mereka pun baru merilis 2 album studio dengan lagu terbarunya Distorsion menjadi limit saya untuk mengupdate list ini ketika ada lagu yang menggeser posisi dalam list dibawah.



13. Babymetal Death

Entah apa yang mendasari pembuatan lagu ini saya masih kurang paham karena liriknya hanya terdapat 5 kata yaitu “Babymetal – Death – SuMetal Death – YuiMetal Death – MoaMetal Death” bahkan lagu ini didominasi oleh teriakan yang bukan dari salah satu member BABYMETAL, masing-masing member hanya bernyanyi jika nama mereka sendiri yang menjadi gilirannya yang diakhiri dengan kata “Death” dan seterusnya dilanjutkan dengan teriakan “Death ! Death ! Death !!” mungkin hal ini yang menjadikan lagu Babymetal Death adalah lagu yang paling ‘keras’ yang pernah mereka rilis dengan riff-riff ala band Death metal. oh ya saya baru mengetahui faktanya bahwa Death itu artinya bukan kematian namun 'kami lah BABYMETAL' namun memang digambarkan dengan suasana kematian saat live dan lagu ini salah satu favoritnya BABYMETAL untuk lagu pembuka konser.

12. Gimme Chocolate !!

Lagu ini cocok banget untuk perkenalan dengan BABYMETAL karena bagi yang belum pernah BABYMETAL mungkin akan terkejut karena dalam dentuman drum yang cepat Moa dan Yui bernyanyi dengan kawaii-nya begitu juga dengan tariannya yang seperti anak kecil yang melompat-lompat. Liriknya pun gak menunjukan bahwa mereka sedang membawakan lagu metal, ya kalo dibilang sih mereka menyanyikan J Pop dengan band yang salah :D namun bukan berarti lagu ini payah, justru itulah kekuatan lagu ini, penggabungan musik dan vokalnya sangat baik, bisa dibuktikan Gimme Chocolate!! Menjadi posisi puncak dalam masalah Viewer di Youtube mengalahkan lagu-lagu lainnya, terakhir pun saya lihat viewer sudah mencapai 90 juta !!

11. Awadama Fever

Meski lagu ini diiringi dengan drum yang memburu, tapi lagu ini termasuk salah satu lagu Kawaii-nya BABYMETAL, coba aja dengan nada ala anak-anak dan teriakan Aye !!! lalu Awadama Fever ! menjadikan lagu ini Kawaii Metal banget. Dan sekali lagi karena permainan drumnya yang Hyper dengan tone yang tinggi bikin lagu ini cukup bising seperti yang kita jumpai di lagu Slipknot, yaa kalo candanya sih ini Slipknot dengan lead vocal Suzuka, Moa dan Yui mengisi perkusi + Backing Vocal memakai topeng badut dan Tengu haha. Pokoknya musiknya Nu versi Slipknot banget deh, breakdown-nya juga lumayan loh cukup bikin kita Headbang.

10. Doki Doki * Morning

Lain dengan lagu-lagu lainnya, Doki Doki Morning seperti yang tergambar pada judulnya berirama begitu ceria dan kawaii karena member BABYMETAL nya pun masih bocah banget saat recording lagu ini, kamu bisa melihatnya langsung klip videonya diatas dengan koreo tari yang bocah banget juga menjadikan mereka asik dilihat tetapi aroma metal pun terasa dengan adanya distorsi gitar yang mengiringi sepanjang lagu yang langsung bertabrakan dengan electon berbunyi bell. Inilah yang membuat lagu Doki Doki Morning sangat unik dibanding lagu lainnya dan sepertinya recommended nih buat yang belum pernah denger BABYMETAL. *catatan : jangan sampe siapapun tau kamu nonton video klip nya, it’s something jika ketahuan :D

9. Meta Taro

Metaaa Taro, Metaaa Taro … denger lagu ini serasa lagi nyanyiin National Anthem soalnya chorus yang epic abis dan permainan akordion yang bikin kita kembali ke masa-masa perang Pirates of the Caribbean *asbun unik banget karena gak ada dilagu lain bikin lagu ini seperti lagu kebangsaannya BABYMETAL sendiri, distorsi gitar dan permainan drum pun terdengar lebih ramah dalam lagu ini, nyaman banget di denger bahkan untuk pertama kalinya karena feel lagu pun udah bisa terasa dengan nada yang bener-bener epic meski kamu gak tau arti lagunya dan menurut saya lagu ini paling Underrated yang paling hebat juga.

8. Road of Resistance

Fans Dragonforce mana suaranya ?? jika kamu salah satu fansnya, kamu wajib dengarkan lagu ini ! “loh kok BABYMETAL nyambung ke Dragonforce ?” karena faktanya composer Road of Resistance adalah Herman Lee CS loh ! gak percaya ? coba deh puter lagunya dan kamu akan tersadar dengan efek gitarnya yang Dragonforce banget, belum lagi tempo yang tiba-tiba berubah menjadi speed metal pada intro bagian ke-2, kamu juga bisa mengecek dengan adanya ciri khas permainan Herman Lee yang “gruik gruik gruik” itu loh *gak tau namanya :D pokoknya denger aja di tengah menjelang akhir lagu haha, atau bisa denger jelas lah sama permainan tremolonya. Berkat Herman Lee juga, BABYMETAL memiliki satu-satunya lagu beraliran speed metal namun dengan vocal gak cadas, atau imut lah ya. Namun mungkin lagu ini gak mudah dinikmati bagi sebagian orang karena tempo tinggi sepanjang lagu, seperti kamu tau lah ya gimana DragonForce mainnya, lain bagi fansnya DragonForce atau penikmat Speed metal pasti masuk dalam list lagu baru mereka.

7. Akatsuki

Biasanya denger BABYMETAL kita langsung berspekulasi lagu metal yang ceria dan asik, namun berbeda jika Suzuka menyanikan Akatsuki yang memiliki lirik lebih dalam dengan nada minor yang pastinya gak sama sekali punya irama ceria, mungkin itu alasan mengapa Moa dan Yui gak menari dalam lagu Akatsuki. Makna lagunya sendiri pun sudah gak “Baby” lagi karena menyangkut cinta yang disampaikan dengan kata-kata yang puitis. Saya yakin meski kamu gak tau apa yang disampaikan Suzuka, kamu akan langsung merasakan feel-nya lagu ini, karena nada yang sedih dan gerak tubuh Suzuka mampu mengubah suasana hati meski kita gak tau apa-apa yang dia omongin.

6. Megitsune

Nah ini adalah lagu BABYMETAL pertama saya sekaligus lagu yang bikin saya suka dengan mereka terutama Lead Singer-nya, Suzuka Nakamoto yang kereeeeenn banget dalam lagu ini. Megitsune memiliki icon sendiri dalam lagunya yang berbeda dari pada lagu lainnya yaitu topeng wanita rubah sesuai apa yang diceritakan dalam lagunya. Masalah musiknya juga keren banget dengan memainkan akor yang bernada ceria saat bagian Moa dan Yui lalu berpindah scale saat Suzuka masuk vocal diringi distorsi yang tebal. Jika kamu menantikan Breakdown, Megitsune akan memberikannya dengan cara yang gak biasa karena diawali dengan “name tara ikanze yo” dan chorus double pedal pun dimainkan kembali, sekali lagi waktu Breakdown-nya Suzuka keren banget !!!

5. The One

Selain Doki Doki Morning dengan keunikannya yang membuat lagu itu Kawaii metal banget, The One pun mempunyai keunikan dibanding lagu lainnya karena ini lagu pertama BABYMETAL yang menyuguhkan kesan Epic yang terdengar jelas pada saat melody distorsi dimainkan serta dilengkapi dengan irama seperti lagu-lagu Bilnd Guardian dan makna lirik yang juga sama epicnya seperti permainan gitar yang gak secepat lagu lainnya, hal ini yang menjadikan The One lebih nyaman didengarkan meski mereka yang tidak menyukai lagu metal.

4. Akumu no Rondo

Bagi yang suka musik-musik Deathcore pasti suka dengan Rondo of Nightmare, dengar saja dimulai dari into pun sudah diperlihatkan permainan gitar patah-patah dengan hanya beberapa nada khasnya Djent. Rondo of Nightmare memiliki atmosfer lagu yang gelap dan sendu ditambah iringan piano klasik yang terdengar di tengah distorsi gitar menambah kesan yang bener-bener Nightmare pada lagu ini, ketukannya yang ganjil pun menjadi alasan saya untuk menyukai Rondo of Nightmare karena permainan ketukan yang “seenaknya” seperti Dream Theater atau Animal as Leader menjadi sensasi 'gereget', belum lagi lirik yang menggambarkan seramnya suasana horror yang disampaikan dengan sangat baik. Vocal Suzuka pun terdengar begitu ‘Chaotic’ dalam lagu ini dan jauuuhh dari kata Kawaii. Sejauh ini Rondo of Nightmare adalah lagu BABYMETAL yang paling serius dan gelap.

3. Headbangeeeeerrrrr!!!!!!!

Seperti judulnya lagu ini cocok bagi para Headbanger, mengapa ? berbeda dari lagu yang bikin headbang yang lainnya, Headbangers !! akan menjadi pengalaman Headbang yang asik karena selain irama lagu yang bikin angguk-angguk kepala, kita pun dibuat ‘gemes’ (gw gak tau bahasa lakinya) saat Moa dan Yui meneriakan Hedobang ! Hedobang ! Hedobang !  bang bang bang bang !! sambil geleng-gelengin kepala, Owwww Shiiitt maann Kawaii !! *Okay Sorry for dat Crap. Selain lagunya yang bikin headbang, koreografi tariannya juga menurut saya yang terbaik karena selain energik koreonya pun bersifat interaksional seperti mengajak penonton menggelengkan kepalanya ataupun meniru gaya loncatnya bocah dua itu :D Suzuka pun tampil dengan kerennya dalam lagu ini dengan teriakan tinggi di tengah dan akhir lagu sebagai puncak klimaksnya lagu Headbangeeeeerrrrr!!!!!!!

2. KARATE

Saya pikir Karate akan sama dengan Rondo of Nightmare dengan titel lagu yang gelap karena melihat awal video musik yang menampilkan sosok menyeramkan seperti hantu di film apa gitu, dilanjut dengan intro yang berat dengan permainan bending pada gitar, namun saya salah setelah mendengar Chorus-nya karena lagi-lagi BABYMETAL memainkan scale mayor minor pada lagunya, Minor pada bagian verse dan mayor pada chorusnya dan dapat terdengar begitu jelas. Hal tersebut menjadikan breakdown tersendiri saat chorus dilantunkan, mungkin ini banyak sekali orang yang sangat menyukai bahkan bilang bahwa Karate adalah lagu BABYMETAL terbaik sampai saat ini dan jangan lupakan juga part paling memorable-nya “Oh-Oh-Ooooohh” yang selalu dibimbing Suzuka untuk mengikuti lantunannya, dan “Everybody Jump !!!” Chorus pun menghentak kembali, mungkin hal tersebut yang menjadikan lagu ini menjadi sangat hebat, Epic dan sajian yang “menggerahkan” bagi para Metalhead.

1. Ijime,Dame,Zettai

Diawali dengan string piano klasik yang beradu dengan senandung dudududu dari Suzuka yang terdengar sendu, namun semua berubah ketika distorsi gitar yang tiba-tiba menabrak dengan alternate picking tempo tinggi dilanjutkan dengan ‘drum machine’ yang langsung diikuti oleh teriakan dari Suzuka mengawali klimaksnya lagu ini bahkan saat masih intro dimainkan. Menurut saya lagu ini adalah lagu ‘jantung’nya BABYMETAL karena coba tengok mulai dari Riff gitar, dentuman drum, permainan scale nada yang disebabkan vokalnya yang kawaii, hingga tema lagu yang menggambarkan BABY banget (maksudnya tema lagu yang gak berat) bukankah itu ciri khas BABYMETAL banget ? karena faktanya pun arti lagu ini intinya mengajak “No Bullying Forever”.
Intro sudah keren banget karena seperti yang saya katakan diatas sudah terasa klimaksnya, lalu bagaimana dengan solo gitar ? teknik-teknik yang dipakai banyak, setau saya sih Alternate Picking ada, Sweeping ada, Arpeggio ada, pokoknya mantap deh !! bagaimana dengan vocal dan backing vocal ? udah deh gak usah diragukan kualitas mereka bertiga, meski muka bocah tapi skill jempolan banget, lalu Outro lagu ? nah saya suka dengan part ini saat Suzuka menyanyikan “Ijime,Dame,Zettai” yang menurut saya klimaks banget, lalu ditutup dengan keren juga, solo gitar yang 'rusuh' dan langsung di Bending I Like this Shit !!! Dame ! dame ! dame ! dame !!!
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment