Talk About : Album Baru Avenged Sevenfold "The Stage"

Hello Readers !! setelah hiatus karena sibuk di masa semester akhir (yang mungkin akan hiatus lagi) akhirnya saya punya kesempatan lagi untuk mengisi blog ini, special format nya dalam tulisan ini saya pertama kali ngomongin soal album dalam Blog karena biasanya saya berdebat dengan teman saya yang sekaligus menjadi hobi apabila keluar album baru haha, namun saya coba discuss dengan para pembaca Blog ini karena seperti yang kamu tau lah ya tulisan saya penuh dengan sok tau :D yaaa mungkin saya di beberapa point masih salah mengomentari tentang album.
Jadi buat posting Blog kayaknya udah telat banget nih ngomongin album baru Avenged Sevenfold yang udah rilis setahun sebelum tulisan ini dibuat tapi yaaa memang blog ini selalu telat update, yea but here I am ngomongin yang mau di omongin aja haha. Ok langsung aja cek list dibawah ini tentang album Avenged Sevenfold ini dari sisi yang saya perhatikan, setuju atau engga ? isi kolom komentar dibawah and Rock On The Stage !!.

1. Gaya Musik

Karena di album ini mereka ganti drummer lagi, pastinya perubahan formasi ini pun berpengaruh dengan gaya musiknya karena seperti sebelumnya di album Hail to the King mereka mengambil gaya-gaya dari Metallica soalnya dilansir dari laman Rolling Stone, Arin Illejay (ex A7x’s Drummer) katanya ia ngefans banget sama Lars Ulrich yang mungkin sangat berpengaruh dalam pembuatan lagu di Hail to the King, ini hanya pendapat aja sih. Nah hal itu pun terulang kembali saat Brooks Wackerman mengambil kursi drummer, karena menurut saya basicnya doi tempo cepat jadi dalam album ini pun permainan bertempo lebih cepat lagi dan Fill-in nya gila saya suka banget sama permainannya, sebuah keputusan yang sangat baik untuk menginvite mantan drummer Bad Religion itu kedalam Avenged Sevenfold. Hal yang menarik lainnya pun datang dari Effect gitar yang diganti menjadi lebih terdengar Catchy yang menurut saya lebih baik dari album sebelumnya yang dilengkapi dengan Back Sound bikin nyaman ditelinga, hal-hal itu pun membuat gaya musik A7x menjadi baru lagi, namun untuk instrument Bass sepertinya masih belum terlihat permainan gila dari si Johnny.

2. Performa M. Shadows

Nah ini mungkin yang ditunggu-tunggu saat rlisnya album The Stage dan mungkin hal yang paling sering diperbincangkan oleh Sevenfoldism karena kita bisa dengar jelas ada perbedaan yang sangat mencolok dari kualitas vocalnya, mungkin akibat umur menyanyi M. Shadows yang sudah tua yang berpengaruh pada vocal range-nya juga, karena kamu bisa dengar setiap lagu dalam album ini, doi jarang banget menunjukan Barritone tinggi khasnya seperti dulu, dan contoh kualitasnya agak menurun pun bisa dinilai jelas pada lagu Dose yang meurut saya terdengar ‘capek’, namun bukan berarti M.Shadows gak bisa nge-Rock On kamu lagi coba aja puter lagu Goddamn, Overall M.Shadows masih pantas untuk bernyanyi lagu Avenged Sevenfold yang mungkin gak bisa lagi bawain lagu MIA atau I Won’t See you Tonight.

3. Synyster Gates Solo !!

Dalam album ini rata-rata Syn sering memainkan Sweep Picking yang menurut saya ini keputusan yang sangat baik, hingga saya berspekulasi “apa sebelum membuat lagu-lagu The Stage Syn berguru dulu ya sama Petrucci ??”. dengan efek gitar yang Catchy dan Fresh banget dibanding album sebelumnya, Synyster Gates main gila-gilaan di album ini, pokoknya album ini gila banget instrumentalnya, dan solonya pun berhasil di support oleh permainan drum yang juga mantep. Zacky sepertinya berperan lebih sedikit dalam solo yang biasanya banyak menggunakan nada Major-Minor, namun keputusan yang baik untuk tetap mensupport pada Rythym-nya yang distorsi banget tapi kali ya oper-operan solo mungkin sama Syn mencegah terjadinya Solo Envy haha * :D

4. Sedikit Review Tentang Lagu

Bagi yang ingin Avenged Sevenfold gak mengalami perubahan mungkin akan gak suka dengan album ini, tapi bagi yang mencari pengalaman baru atas karya-karya meraka pasti akan sangat terhibur !! karena lagunya seperti terlahir kembali era baru Avenged Sevenfold, dengan Drummer barunya dan efek gitar baru menciptakan lagu-lagu yang unik dan lebih bertempo tinggi dari album sebelumnya namun bagitu sensasi yang diberikan Back Sound nya sering membuat nyaman telinga contohnya dalam lagu Exist, meskipun durasinya yang terpanjang sekitar hampir 16 menit kamu akan merasa betah meski ditawarkannya solo dan Drum yang memburu. Adapun lagu Slow didalam album ini yaitu Angel, As Tears Goes By (Cover Rolling Stone kalo gak salah) dan God Only Knows bagi kamu yang merindukan karya slow rock yang lainnya. Cari yang keras ? ada Goddamn, Dose, Paradigm, dll. Lalu ada lagu yang paling unik bahkan terunik yang pernah mereka cover yaitu Malaguena Salerosa yang jauh dari kata Hard Rock, lagu ini seperti lagu gaya Western gitu deh atau corak-corak Mexico namun saya terlalu males untuk ngebahas lagu ini haha :D

5. Album Art

Ngomongin Covernya, jujur ini adalah Cover album A7x terbaik menurut saya. Gak jauh dari maskotnya yaitu Death Bat, Avenged Sevenfold masih memajangnya di Album ini namun gak sejelas album lainnya yang terpampang jelas, namun kita lebih difokuskan dengan refleksi warna yang seolah-olah kita di antariksa yang jauh dari bumi yang mungkin menggambarkan Death Bat yang dulu berbeda dari yang ‘Sekarang’ yang terbukti dari lagu-lagunya dan hal tersebut pun menjadikan Cover album ini sangat pantas disebut nge-Art banget, jika menyindir sedikit gak seperti album Self Titled atau Waking the Fallen yang nempelin mascot doang. Dan entah kenapa suasana yang ditimbulkan saat memandang cover album ini berbeda. Btw, bagi yang belum menyadari Death Bat-nya, bumi itu bola matanya dan petir adalah sayapnya.
...

OVERALL

Semua elemen dalam album ini sudah pantas dikatakan dengan album dengan kualitas sangat baik, mungkin hanya kekurangan dari album ini terdapat di vokalnya M.Shadows yang saya sudah bahas diatas dan gak mungkin kita menyalahkannya karena suara yang lelah adalah proses alamiah, bukan berarti jelek loh ya namun hanya dibeberapa lagu aja kurang nendang karena suara doi, namun berkat Gates dan Wackerman album ini sangat hebat disisi instumentalnya.
Ok, jika menentukan lagu terbaik dalam album ini saya lebih miring ke Exist daripada The Stage, karena selama 15 menit lebih kamu akan disuguhkan sebuah instrumental yang luar biasa meski M. Shadows kebagian dikit di lagu ini. Pokoknya Feel­-nya dapet banget deh !! Langsung aja deh cek lagunya di bawah.
SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment