10 Lagu Korn Terbaik Sepanjang Sejarah

Korn adalah band Nu Metal yang terkenal dengan lagu-lagunya yang banyak mengandung Breakdown seperti Pantera namun dengan genre Nu Metal. Yang membuat Korn lebih gila lagi adalah dengan adanya salah satu vokalis terbaik sepanjang masa yaitu Jonathan Davis yang vokal dan gayanya sangat keren, ia pun salah satu vokalis yang bisa menyanyi clean vokal dan scream dengan sangat sempurna tanpa kualitas yang jelek di salah satunya, lalu jangan lupakan nge-Scatnya Jonathan Davis yang membuat ia semakin yakin untuk disebut vokalis metal yang bener-bener gila.

Kita baik lagi ke Korn, jadi selama ini mereka udah merilis album studio sebanyak 12 album. Semakin berkembangnya jaman, Korn pun gak diem disitu aja dengan musik-musiknya, baru-baru ini ia udah menggabungkan unsur-unsur modern kedalam musik-musiknya seperti memasukan elemen turn table, keyboard, dan sample semacamnya, hasilnya pun tidak sama sekali mengecewakan malah membuat fans musik-musik Nu Metal begitu antusias dengan musik-musik Korn yang selalu mengejutkan penggemarnya.
Jadi seperti judul diatas, saya akan sharing pendapat saya sendiri tentang lagu-lagu Korn khususnya dalam lingkaran 10 lagu Korn Terbaik yang telah saya rangkum dalam tulisan ini.


10. Evolution

Evolution adalah lagu Korn pertama saya yang membuat saya langsung jatuh cinta dengan musik-musik Korn. Karena untuk perkenalan dengan Korn, lagu Evolution sangat recommended karena dibanding lagu lain, Evolution tidak terlalu agresif dalam ukuran subgenre Nu Metal itulah mengapa orang-orang lebih mudah menikmati lagu Evolution dibanding lagu Korn yang lainnya. Distorsi gitar pun tidak terlalu tebal dalam lagu ini, vokal dari Jonathan Davis pun sedikit ramah dan tidak ada scream dalam lagu ini. Pokoknya gampang dinikmati deh bagi kamu yang baru mau masuk kedalam Nu Metal-nya Korn.

9. Good God

Good God adalah salah satu lagu yang mempunyai Breakdown yang paling saya favoritkan, karena begitu sampai ditengah-tengah mereka menurunkan tensi permainannya dilanjut dengan vocal Whisper-nya J. Davis yang memberi tanda-tanda ‘sesuatu’ akan dating menghantam kamu. Lalu benar saja ketika ia berteriak keras tensi langsung naik 180 derajat membuat yang menunggu-nunggu salah satu Breakdown paling hebat merasa begitu dipuaskan dengan permainan tensi musik seperti ini.

8. Get Up !

Saya awalnya agak skeptis liat Korn berkolaborasi dengan Skrillex soalnya saya bukan tipe penikmat musik seperti itu, namun karena penasaran saya coba streaming di youtube. Mungkin karena Korn maupun Skrillex sudah sangat ahli dengan alat musik yang mereka pegang, lagu Get Up ! menjadi sangat menggila dengan elemen musik electronic ala Skrillex memberi warna baru pada lagu Get Up ! menurut saya ini adalah keputusan yang tepat bagi Korn untuk berkolaborasi dengan Skrillex karena saya mendengar banyak kegilaan dalam lagu ini, tentu saja menyatukan musisi gila dengan musisi gila lainnya akan menghasilkan sesuatu yang lebih gila, apalagi saya suka banget bagian “Shut the F**k Up ! Get Up !

7. Love & Meth

Jika kamu penasaran bagaimana hebatnya Growl dari Jonathan Davis, Love & Meth akan memberikan kamu itu. Lagu ini adalah lagu Modernnya Korn yang paling saya gemari karena dari mulai verse, Bridge dan Chorus semuanya seperti tangga yang terus naik hingga Chorus lalu turun lagi lalu naik lagi yang membuat kita gak bosen-bosen dengan Love & Meth. Selain itu irama lagunya sangat enak dibagian Chorus setelah dihentak oleh Growl di bagian Bridge. Namun jika kamu mencari sesuatu yang Oldschool kamu gak akan menemukan di lagu ini, but I don’t care, this is really Rockin me Hard !!

6. A.D.I.D.A.S

Mendengar judulnya saya tau apa yang terlintas dipikiran kamu, yang bukan lain selain sebuah Brand Merchandise olahraga dunia kan ? mengingat Korn pun saat tahun 90’an sering memakai jaket brand tersebut lalu jika kamu berpikit lagu ini tentang brand tersebut, itu adalah salah besar. Karena faktanya A.D.I.D.A.S adalah sebuah singkatan yang kamu pasti menemukannya dalam salah satu bait lirik lagu ini dan maaf saya gak bisa menjelaskan karena terlalu Vulgar Display of Power, Loh !? :D diluar tentang lirik maupun judul lagu ini, elemen yang membangun lagu ini sangat asik untuk dinikmati khususnya penikmat gaya-gaya musik Nu Metal yang jadul, bagaimana tidak kamu bisa langsung lihat kerumunan orang dalam konser diatas kompak menyanyikan lagu ini.

5. Shoot and Ladders

Bagi kamu yang baru mendengarkan lagu ini, mungkin musik yang ditawarkan di awal lagu begitu membosankan, namun sabarlah tunggu sampai Korn memberi kejutan yang gak kamu duga dan silahkan nikmati kejutan itu sendiri tanpa saya harus menjelaskannya, It’s gonne be Boom !! :D dan kejutan tersebut berhasil menyelamatkan lagu ini dari lagu yang rendah.

4. Got the Life

Jika kamu minta lagu Korn yang paling asik, saya akan kasih salah satunya adalah Got the Life. Karena mulai dari awal lagu hingga akhir gak ada sesuatu yang membosankan dengan lagu ini karena Korn berhasil mempertahankan tensinya dari Intro hingga Outro, saking asiknya pun Jonathan Davis sering dibuat ‘gila’ saat membawakan lagu ini. Selain Falling away from me, lagu Got the Life juga menjadi salah satu lagu Korn paling populer sepanjang masa berkat unsur-unsur dalam lagu ini yang bikin nge-Hits banget.

3. Falling Away From me

Mungkin Falling Away From me adalah salah satu lagu dengan Riff yang kalian udah denger, meskipun sebelumnya kamu gak pernah tau lagu apa itu karena pasalnya lagu ini adalah salah satu lagu yang paling populer dari semua musik Korn. Diawali dengan clean gitar dengan aroma sedikit horror, lalu berlanjut dengan menghentaknya distorsi gitar dan dentuman drum lalu ketika vocal masuk permainan Hi-hat pada drum pun begitu catchy. Selain elemen yang mengiringi Jonathan Davis, ia sendiri pun menunjukan salah satu performa terbaiknya dalam lagu ini, meskipun ia gak nge-Scream ataupun nge-Scat dalam lagu ini namun semua unsur yang saya jelaskan barusan sudah sangatlah memuaskan.

2. Blind

Are you READY ????? Here’s the one of the Sickest Breakdown Ever !!!!! Blind adalah salah satu lagu yang menunjukan tensi maksimalnya pada saat awal-awal lagu setelah Ride dan clean guitar yang memberikan tanda-tanda lagi ada sesuatu yang akan datang menimpa kepalamu saat distorsi dinyalakan, kamu bisa membuktikan sendiri dengan melihat video diatas saat Korn live membawakan lagu ini bagaimana gilanya kerumunan saat mendengar J. Davis memberi aba-aba “Are you Ready ??”. yup, Selain Breakdown-nya yang sangat gila-gilaan banget diawal lagu, lirik lagu Blind pun sangat keren, oh ya btw lagu ini pun saya sudah pernah bahas di artikel 10 Lagu untuk Headbangers.

1. Freak on a Leash

Umumnya lagu ini dikenal dengan video klipnya yang sangat mengartikan banyak sesuatu didalamnya, begitu juga dengan lagunya sendiri yang memiliki unsur luar biasa di dalamnya karena lagu ini adalah alas an mengapa nama Korn bisa sampai sebesar sekarang. Semua ciri khas Korn pun dituangkan dalam lagu ini mulai dari penggunaan guitar effect yang catchy, Bass Effect yang setau saya gak ada musisi lain yang memakainya, vokal menggeram dan scatting-nya yang terkenal itu lalu permainan tensi musik merendah yang akhirnya dipecahkan dalam suatu Breakdown yang tiba-tiba. Alasan berikut sudah cukup menjadikan lagu Freak on a Leash menjadi lagu Korn yang paling baik dibandingkan lainnya. Btw, judul lagu ini menjadi inspirasi saya menamakan blog ini karena menurut saya keren banget kalimatnya meskipun dalam arti berbeda jauh :D

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment