11 Lagu Black Sabbath Terbaik Sepanjang Masa

Black Sabbath adalah band metal nomor 1 di Inggris sekaligus band yang disebut-sebut sebagai pencipta pertama kali genre Heavy Metal, jadi jangan salah jika banyak orang yang bilang kalo Black Sabbath adalah bapaknya dari para band-band Metal sedunia. Namun Black Sabbath sendiri tidak terlalu focus dalam genre Heavy Metal, mereka sering juga menciptakan lagu dari genre Doom Metal dan Stoner Metal yang turunan dari subgenre heavy metal itu sendiri.
Yang membuat mereka sangat hebat juga setiap menciptakan lagu karena anggota Black Sabbath sendiri adalah orang-orang yang sangat hebat dalam bermusik, ada Tony Iommi si raja Riff sedunia, Bill Ward dengan Fill-in nya yang gila banget, Geezer Butler di posisi Bassist yang terkenal dengan wah dengan tone yang berat dan Ozzy Osbourne atau Ronnie James Dio di posisi vocal yang udah gak diragukan lagi kualitasnya.
Ok, Langsung aja saya bahas lagu-lagu mereka yang terbaik dari tahun 60an sampai akhir perjalanan mereka berempat tahun lalu yang secara resmi mengumumkan pembubaran grup musik heavy metal terbaik dunia ini. Goodbye Tony, Ozzy, Geezer and Bill, I fucking miss you all :(


11. Supernaut

Sama seperti judulnya, lagu ini pun Cathchy banget dengan permainan wah gitar dan bass yang dimainkan sepanjang lagu. Bagi penikmat musik klasik pun kamu akan disuguhkan solo yang era 70 banget. Karena inilah lagu Supernaut salah satu lagu yang paling digemari oleh fans-nya, karena campuran antara Catchy dan Heavy-nya itu sangat bikin betah.

10. Sweet Leaf

Uhuk Uhuk Uhak Uhak… Yapp begitulah batuk yang mengawali lagu ini sebelum ditabrak oleh Riff yang berat dan asik. JIka kamu bertanya Fill-in Bill Ward yang paling gila itu bagaimana, maka saya akan jawab salah satunya ada di dalam lagu Sweet Leaf karena dengan hanya 1 bass pedal dan beberapa Toms, Bill Ward sudah bisa menjadi gila yang awalnya pun saya gak nyangka lagu dengan tempo rendah gini tapi Bill Ward masih bisa ngegebuk Snare secepat itu.

9. Into the Void

Nah ini lagu yang pertama kali saya dibikin suka banget sama Black Sabbath, karena dijamin lah meski lagu ini tergolong panjang pasti gak akan ngebosenin, apalagi dengan Riff yang enak-enak banget dari mulai detik pertama hingga akhir lagu. Selain itupun tempo lagu ini gak rendah-rendah aja, ada part dimana kita diguncangkan dengan tempo yang lebih cepat lalu kembali lagi ke tempo rendah dan berat, ah pasti jika tipe musik kamu seperti saya akan enjoy banget lah denger lagu ini.

8. N.I.B

Satu lagi lagu yang asik banget dari Black Sabbath yaitu N.I.B, diawali dengan bass solo dengan wah, lalu dilanjut dengan Riff sebenarnya yang akan mengguncang leher kamu segera. Mungkin N.I.B adalah lagu yang paling asik diantara semua lagu Black Sabbath, karena jika kamu metalhead pasti kamu akan langsung bisa menikmati lagu ini bahkan untuk pertama kali mendengar.


7. Symptom of the Universe

Banyak yang menyebutkan bahwa lagu ini adalah cikal bakalnya atau akarnya dari genre Thrash Metal, karena saat pertama kali saya denger pun saya langsung berpikir wah ini mah Thrashy banget lagunya ! selain itu juga dalam lagu ini saya pertama kali mendengar Ozzy Osbourne yang biasanya memakai clean vocal aja, di lagu ini dia menggeram lebih dalam dari biasanya, maka dari itu Teori di baris pertama bisa diterima sebagai teori yang ‘kena’ banget.

6. Heaven and Hell

Heaven and Hell adalah lagu satu-satunya Black Sabbath era Dio yang berada di List ini, pasti sebagian dari pembaca disini akan berpikir “kayaknya aku tau, Cuma lagu apa ya ?” haha, memang lagu ini memiliki Riff yang sangat memorable, dan lagu ini pun adalah salah satu lagu Black Sabbath yang Easy Listening. Sebagai guyon aja, jika kamu fans Anthrax, pasti kamu akan menemukan serpihan Joey Belladona juga di lagu ini karena menurut saya vokalnya mirip banget sama doi haha :D

5. Children of the Grave

Kamu butuh lagu yang bikin Headbang ? Children of the Grave adalah jawaban Black Sabbath yang pertama kali mereka berikan, diawali dengan petikan gitar dan bass lalu dilanjutkan dengan Riff yang perlahan-lahan akan mengejutkan mu saat drum mulai ditabuh dan kamu akan mulai berheadbang ria. Tak heran jika Black Sabbath memainkan lagu ini, The Crowd pun langsung menjadi kacau seketika.

4. Black Sabbath

Lagu yang berjudul band ini sendiri merupakan lagu yang paling berat yang pernah mereka ciptakan, karena hanya dengan 3 nada utama di ¾ lagu mereka sudah bisa menciptakan lagu yang begitu berat di telinga. Namun jika kamu gak suka dengan jenis lagu seperti ini, jangan khawatir Black Sabbath gak akan ngebiarin kamu mendengar lagu ini tanpa kesan, karena di ¼ lagu ada kejutan Riff yang begitu asik ditambah dengan vocal Ozzy Osbourne yang juga enak banget, hal ini menjadikan lagu Black Sabbath sama sekali gak hambar dengan sekedar modal berat doang, gak akan nyesel deh denger lagu ini jika kamu emang suka yang Heavy banget.

3. Iron Man

Jangan ngaku metalhead kalo kamu gak tau lagu ini ! Karena lagu ini memiliki Riff yang pasti kamu ingat selamanya, lalu saking mendunianya Riff ini buktinya coba kamu tunjukan ke temen kamu yang gak tau apa-apa soal metal, pasti mereka pernah mendengarnya walau lupa kapan. Iron man adalah salah satu faktor mengapa Black Sabbath namanya bisa sebesar sekarang, karena dengan hanya beberapa nada simple dan klasik, mereka udah bisa bikin lagu berkelas sangat tinggi seperti ini. Jika ada yang berpikir lagu ini tentang super hero, maka pernyataan itu salah besar karena lagu ini memang tentang Sci-Fi namun dihadirkan dengan makna yang lebih gelap.

2. Paranoid

Menurut saya Paranoid adalah lagu metal yang paling banyak di cover baik itu musisi dunia seperti Megadeth, Avenged Sevenfold, Queen of Stone Age ataupun band-band lokal dan Youtubers dengan berbagai versinya masing-masing, bagaimana tidak lagu Paranoid adalah lagu yang mudah dinikmati, mudah dimainkan, vocal dan solonya pun gak terlalu sulit. Lagu yang simple banget ini berhasil menjadi Top ke satu diberbagai List majalah metal sebagai lagu terbaik yang pernah Black Sabbath ciptakan.

1. War Pigs

Di posisi puncak yang berhak mendudukinya menurut saya adalah War Pigs, karena menurut saya meski lagu ini terbilang gak terlalu terkenal dibanding lagu lainnya namun lagu ini seperti seruntun nada musik Heavy metal klasik yang kompleks mulai dari permainan gitar khususnya yang paling terkenal Fill-in drum dalam lagu ini sangat jenius penempatannya dan hebat pula meski Bill Ward jarang menggunakan Bass Pedal yang sangat cepat, namun komponen drum yang lainnya seperti bersatu padu melengkapi lagu ini disetiap detiknya. Vocal dari Ozzy pun patut diacungi banyak jempol untuk salah satu performa terbaiknya yang ada dalam lagu ini meski peran alat musik lebih banyak mengambil alih dalam War Pigs. Selain itu pun lagu ini sepertinya menyangkut pautkan kritik pada saat sejarah Perang Babi di masa lalu.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment