10 Lagu Akustik Metal Terbaik

Lagu Akustik tapi metal ? loh gimana dong ? mungkin itu yang banyak dikatakan orang yang belum pernah mendengar musik akustik metal. Jadi konsep dari akustik metal sendiri adalah memakai instrumen gitar akustik sebagai pengiring musiknya namun tetap membawakan genre metal, jadi lain daripada lagu akustik pada umumnya, lagu semacam ini tentu alunannya lebih berat karena pasti diawali dengan minor key yang biasanya diberi sentuhan sedikit distorsi pada solonya atau pada chorus dan bassnya sengaja di tune dengan tebal namun beberapa lagu full dengan instrument akustik.
Karena namanya akustik metal, maka vokalisnya pun pasti vokalis metal yang kamu pasti tau vokalnya padat dan berat, bahkan terkadang menggeram dibeberapa part. Sebenarnya lagu semacam ini bukan sesuatu yang baru, hanya saja sedikit musisi metal yang menciptakan lagu yang memakai instrument akustik, hal inilah yang membuat lagu-lagu semacam ini sangat Underrated.

Dalam tulisan ini saya sharing tentang lagu-lagu tersebut dalam list 10 Lagu Akustik metal Terbaik yang saya tau sampai saat ini, jika kamu lagu lainnya selain lagu yang saya paparkan kamu bisa langsung taruh dalam kolom comment dibawah list ini agar menambah koleksi saya juga haha.


10. The Bleeding by Five Finger Death Punch

Sebenernya lagu Originalnya adalah lagu Metalcore murni hanya saja Five Finger Death Punch (5FDP) menciptakan versi akustiknya dan hasilnya memuaskan fans 5FDP yang sering disebut versi akustiknya adalah yang terbaik dari sisi vokal Ivan Moody (vokalis 5DFP) karena dalam lagu ini Ivan Moody bener-bener clean vocal dibandingkan versi Metalcore-nya yang banyak menunjukan geraman dan Screaming. Jika kamu sendiri ingin membandingkannya, silahkan langsung aja setelah liat video diatas dengarkan versi Metalcore-nya yang gak kalah gila juga.

9. Trail of Tears by Testament

Sama seperti lagu The Bleeding, Trail of Tears juga sebenarnya diciptakan dengan gaya Heavy Metal namun Testament membuat versi akustiknya yang menurut saya lebih baik dibandingkan originalnya. Karena kadar keasyikan lagu ini menjadi bertambah dengan hadirnya lantunan tanpa distorsi yang enak banget ditambah memang alunannya yang enak banget. Jadi hanya merubah rythym guitar distorsi dengan akustik bisa membuat perubahan yang mantep banget.

8. Roulette by System of a Down

Jika kamu pikir System of a Down Cuma bisa bikin lagu-lagu gila dan freak, kamu salah karena lagu Roulette ini sama sekali jauh dengan lagu-lagu System of a Down yang lainnya karena dalam lagu ini hanya petikan akustik saja yang mengiringinya dengan irama yang berat. Berbeda juga dengan lirik-lirik lagu SOAD yang lain, Roulette mempunyai lirik yang lebih serius. Dengan dual vocal Serj Tankian dan Daron Malakian sepanjang lagu, pasti deh lagu ini enak banget di denger Cuma agak berat aja jika yang belum biasa dengan lagu seperti ini.

7. Vermilion, Pt. 2 by Slipknot

Lagu yang menceritakan tentang patah hati ini dibuat dengan begitu emosional karena lantunannya yang berat mewakili cerita yang berat juga. Diiringi dengan akustik dan instrument pendukung lainnya seperti violin dan keyboard yang begitu bernada sendu. Berbeda dengan lagu Slipknot lainnya, Corey Taylor menunjukan vokal baritone murninya yang enak banget didenger meskipun bermain monoton di nada rendah. Dan bagi kamu yang baru belajar gitar pun, lagu ini sangat mudah untuk dibawakan mengingat lagu akustik ini hanya terdiri dari beberapa chord dan variasi serta nada vokalnya pun rendah.

6. Voice of the Soul by Death

Sebenernya ini adalah instrumental saja, namun kekerenan didalamnya gak mungkin saya lupakan. Terbagi dalam 3 bagian yang semuanya sama menggunakan gitar distorsi yang keren banget efeknya sebagai pengiring gitar akustik. Mungkin Voice of the Soul salah satu lagu yang terberat dalam list ini berkat gitar efeknya yang ‘tajem’ banget. Btw, lagu inilah yang mengenalkan saya ke akustik metal kalo curhat sedikit sih berkat waktu SD dikenalin sama om dan berpikir efeknya gila banget, malah sampai sekarang saya mengidam-idamkan efek-nya si Chuck (gitaris dan vokalis Death) keren banget lah pokoknya.

5. Journeyman by Iron Maiden

Mungkin Jorneyman adalah lagu yang paling ringan diantara lagu dalam list ini. Karena tema lagunya sendiri pun gak terlalu gelap seperti yang lainnya dan bisa terjemahkan sendiri dalam judulnya yang menceritakan tentang apa lagu ini. Jika kamu menunggu solo distorsi yang ganas, kamu gak akan menemukannya dalam lagu ini karena lagu ini bener-bener pure lagu akustik metal yang enak banget didenger. Sengaja saya share video waktu mereka perform live-nya karena epic banget lah hingga penontonnya pun kompak menyanyikan lagu ini, mungkin kamu pun akan dibuat merinding.

4. Suicide Notes, Pt. 1 by Pantera

Berbeda dengan lagu sebelumnya dan seperti apa yang tertulis dalam judulnya juga sudah terbayang lagu ini begitu gelap dan berat untuk didengarkan ditambah background music parau dari awal lagu hingga akhir lagu membuat lagu ini makin gelap. Sama seperti Corey Taylor juga, Phil Anselmo memakai nada yang sangat rendah dalam lagu ini. Jadi untuk yang mencari lagu yang enjoy-enjoy, Suicide Note adalah tempat yang salah karena tidak bisa dinikmati dengan mudah apalagi jika kamu langsung denger part 2 nya yang bikin ‘gila’ dari awal lagu. Tapi, Overall lagu ini sangat bagus dan cerdas secara komposisi karena berhasil menggambarkan tentang dimana orang yang ingin Suicide itu memang gelap banget.

3. The Bard's Song by Blind Guardian

Sama seperti Journeyman lagu ini beraroma begitu epic dan “Wow” banget jika dibawakan saat live bikin yang dengernya pun terkadang merinding karena saking melodisnya tiap-tiap nada yang dilantunkan. Jika ngomongin genrenya, lagu ini lebih ke power metal yang pasti dibuat dengan “power” didalamnya, pokoknya kamu akan punya pengalaman sendiri setelah merasakan apa yang ada di lagu ini saking epic-nya.

2. Silent Lucidity by Queensryche

Sebenernya saya belum lama kenal dengan Queensryche, namun sekali saja saya lihat penampilan Live-nya saya langsung suka dengan Queensryche terutama vokalisnya yang luar biasa, sama seperti Mike Patton yang terlalu Underrated bagi vokalis metal yang sangat hebat. Salah satu penampilan hebat Geoff Tate (vokalis Queensryche) ada dalam lagu Silent Lucidity. Berbeda dengan penampilan lainnya, ia memainkan nada yang rendah banget di lagu ini. Jika vokalis metal yang lain menyanyikan dengan karakternya sendiri yang sama saat menyanyikan lagu yang lebih keras, Geoff Tate berbeda, vokalnya bener-bener merdu di lagu yang slow, jadi seperti mempunyai 2 karakter. Selain itu, lantunan petikan akustiknya bener-bener enak dan saat chorus kerasa banget lah feel-nya.

1. Fade to Black by Metallica

Mungkin Fade to Black lah salah satu akar dari musik Akustik metal. Meski gak pure sebuah lagu Akustik, namun part akustiknya lah part yang terbaik dan mungkin yang membuat lagu ini begitu sangat diminati hingga sekarang karena petikan akustiknya bener-bener enak banget. Untuk solonya sendiri gak usah diragukan lagi, banyak orang hingga pengamat musik sekalipun sering mengatakan bahwa solo Fade to Black adalah salah satu solo Heavy metal terbaik sepanjang sejarah, mulai dari Intro hingga Outronya memang bener-bener Kirk Hammet jago banget bikin solo-solo klasik. Dengan alunan yang Power Ballad banget lagu Fade to Black pasti menjadi favoritnya pecinta musik klasik.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment