11 Dewa Riff Dunia

Genre metal atau sub genre ataupun Hard rock pun selalu lekat dengan riff gitarnya yang sangat catchy yang membuat para penikmat musik tertarik dengan permainan gitarnya yang sangat kreatif dan hebat, menurut saya bahkan riff-riff musik terbaik khususnya yang asik-asik datang dari genre metal ini. Dalam tulisan atau list ini saya akan membahas tentang para musisi yang jago bikin-bikin Riff yang sangar dan berkelas lebih dari luar biasa hingga saya menamakan list ini dengan 11 Dewa Riff dunia.


11. Matt Pike from High on Fire

Namanya mungkin gak terlalu terkenal, namun jika kamu penyuka musik-musik metal yang berbau fantasi atau perang kolosal semacamnya seperti Manowar, pasti kamu akan tau nama High on Fire dan jika yang belum kenal pun akan tersentak oleh High on Fire khususnya riff buatan gitaris sekaligus lead vocal-nya High on Fire, Matt Pike. Karena dengan tempo yang cepat dan diisi oleh distorsi gitar yang hampir membuat speaker pecah pasti membuat kamu tergila-gila akan keasyikan Riffnya yang begitu liar yang pastinya juga siap-siap dengan leher mu yang akan mengikuti tempo lagunya, karena Matt Pike lah pembuat musik-musik Headbang paling ampuh contohnya saja lagu The Black Plot yang distorsinya berat banget.

10. Mark Morton from Lamb of God

Siapa yang gak kenal salah satu anggota inti Lamb of God ini, saya sebut anggota inti karena mungkin tanpa tangan seorang Mark Morton Lamb of God gak mempunyai Blacken the Cursed Sun, Redneck, 11th Hour atau yang lainnya yang berhasil membuat kita semua ber-Headbang dibuatnya karena memang riff-riff buatannya selalu mengundang para metalhead untuk langsung bisa menikmatinya dan menghantam habis kepala mereka. Penuh nada rendah, berat dan cepat itulah ciri khas riffnya Mark Morton.

9. Bill Kelliher from Mastodon

Bagi yang menyukai Riff metal yang gak rusuh-rusuh amat, lebih tepatnya simple dan melodis Bill Kelliher lah salah satu ahlinya karena meskipun demikian ia berhasil menciptakan suatu riff yang sederhana namun kompleks. Dengan alunan yang berat dan distorsi yang tebal, ia yang sebagai lead guitar dari Mastodon berhasil menciptakan karya-karya yang spektakuler dengan ciri khas palm mute dan alunan yang berat, meskipun gak begitu diprioritaskan dalam sebuah lagu Mastodon, namun hal ini menjadi style tersendiri bagi riff buatan Bill Kelliher dan hasilnya pun juara abisss. Uniknya Mastodon pun memiliki vokalis yang mirip suara Godzilla, kamu bisa mendengar jelas di lagu Megalodon dan lihat aja versi livenya.

8. Tom Morello from Rage Against the Machine

Pasti yang mengenal Tom Morello, mengenal juga dengan efek-efek gitarnya yang sangat catchy dan unik hingga ada yang mengklaimnya raja efek. Selain efeknya yang catchy banget, riff ciptaannya pun sangat dibuat sememorable mungkin bagi pendengarnya, sebagai contoh lagu di atas Killing in the Name yang pasti para penggemar musik Alternative Rock pernah mendengarnya karena selain faktor demikian, riff cetakan Tom Morello asik-asik dan ringan-ringan jika dibandingkan dengan dewa-dewa riff dalam list ini.

7. Jeff Hanneman from Slayer

Riff-riff ciptaannya selalu bertempo sangat cepat, namun bukan asal cepat saja tapi udah luar biasa gak salah jika riff ciptaannya membawa nama Slayer ke dalam 4 besar band Thrash metal sepanjang masa, ambil contoh saja lagu Angel of Death yang mempunyai alternate pick yang sungguh cepat hingga saya pun gak selalu kuat membawakan full lagunya karena saking cepatnya, namun bagi yang menyukai riff semacam ini kamu pasti akan tertantang dengan lagu-lagu Slayer yang lebih tepatnya di tulis oleh Jeff Hanneman. Meskipun tahun kemarin ia menghembuskan nafas terakhirnya karena infeksi yg di tularkan oleh laba-laba, lagu-lagunya akan selalu abadi menghiasi kepala para Headbangers.

6. Dave Mustaine from Megadeth

Sama seperti Jeff Hanneman, Dave Mustaine sang Frontmen Megadeth ini juga suka menulis riff yang cepat, meski gak secepat Jeff Hanneman, Dave menciptakan riff yang lebih kompleks dan penuh variasi nada hingga riff yang diciptakannya pun sangat kaya dengan nada belum lagi ia selalu ditemani Shredder kelas dunia seperti Marty Friedman ataupun Chris Boderick yang menambah gilanya ia menulis Riff atau solo.

5. Ritchie Blackmore from Deep Purple

Gak mungkin jika kamu gak tau riffnya Smoke on the Water, dan tahu kah kamu dalang dari sebuah riff yang sangat memorable tersebut ? siapa lagi jika bukan Ritchie Blackmore yang berhasil menciptakan sebuah riff-riff yang sederhana namun ia menaruh bumbu rahasia kedalamnya yaitu efek memorable bahkan bagi yang baru pertama kali mendengarnya hingga saya pun berani ngomong jika kamu mustahil gak kenal dengan salah satu Riffnya yang sangat terkenal yaitu Smoke on the Water ataupun Woman from Tokyo.

4. Dimebag Darrell from Pantera

Distorsi gitar yang tajam dan permainan gitar yang liar itulah ciri dari Riff-riff ciptaan sang Shredder dunia ini. Bersama Pantera ia berkarir menembus apa yang dibayangkan sebuah band Groove metal saat itu, salah satu faktor terpenting dari kemajuan musik Groove metal pun dipengaruhi peran penting dari Dimebag Darrell yang berhasil menulis lagu dan menciptakan riff yang luar biasa hingga bermunculan lah band seperti Lamb of God, Sepultura dan yang lainnya. Selain riffnya yang ia buat, saya juga menggemari solo gitar dengan nada nyaringnya.

3. James Hetfield from Metallica

Jika kamu bertanya mengapa musik thrash metal bisa berkembang sepesat ini ? salah satu jawabannya terdapat pada tangan seorang James Hetfield yang membuat Riff begitu ganas dan sangat cepat. tak jarang ia menciptakan riff yang simple namun sangat memorable, salah satu contohnya adalah Enter Sandman yang bahkan menurut saya semua lapisan mudah menerima apa yang ditawarkan oleh lagu tersebut, apalagi dengan irama yang super asik itu. Namun gak jarang juga James Hetfield menciptakan riff dengan teknik palm mute yang super cepat, contoh saja lagu Blackened atau Master of Puppets, maka jika kamu bilang lagu thrash metal yang lain sudah membuat tangan kamu cape nge-picking, jangan coba-coba riff Metallica di masa klasiknya apalagi saat konsernya, hingga saya pun tak jarang berkeringat banyak jika bawakan lagu Metallica.

2. Angus Young from AC/DC

Siapa bilang sebuah riff yang simple gak bisa menjadi suatu gebrakan era rock terbaru ? Angus Young lah pembantah pernyataan tersebut, karena dengan kesederhanaan Riffnya orang lebih mudah menerima musik-musik yang ditawarkan oleh AC/DC karena iramanya sendiri sangat easy listening untuk takaran musik Rock, gak butuh distorsi yang memecahkan speaker, Riff ciptaan Angus Young begitu asik diikuti iramanya dan setiap konsernya selalu dibuat epic oleh permainan Angus Young serta style ‘Duck Walk’nya yang sangat menarik.

1. Tony Iommi from Black Sabbath

Jika saya menyebutkan diatas tadi musisi-musisi yang membuat sub genre metal yang mereka pegang menjadi sangat populer, lalu siapakah ‘bapak’ dari mereka-mereka diatas ? Tommy Iommi lah seorang bapak dari segala jenis musik metal dan sub genrenya, karena tanpa Black Sabbath khususnya peran seorang Tommy Iommi mungkin genre metal gak akan sepopuler sekarang karena Tommy Iommi lah akar dari semuanya. Ciri khas Riffnya Tommy Iommi cukup signifikan, yaitu jika kamu mendengar suatu riff berat, langsung enak didengarkan (khususnya bukan pecinta metal modern), dan sederhana namun padat dan berat itu pasti Tommy Iommi contohnya saja lagu Iron Man atau Children of the Grave yang pasti sekali dengar akan langsung tercetak dikepala mu karena begitulah cara Tommy Iommi mempopulerkan nama Metal.

SHARE
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment