10 Band Metalcore Terbaik Dunia

Metalcore adalah Sub genre dari metal sendiri yang menawarkan gaya musik metal yang menggunakan teknik vokal Mid-Scream dan terkadang High-Scream atau Growl, meski jarang yang terdapat solo-solo gila didalam musik-musik Metalcore namun kita sangat dimanjakan oleh Riff-riff gitar yang tak jarang membuat kita mengangguk-anggukan kepala dibuatnya.
Band-band yang mengusung genre Metalcore banyak berdatangan saat dekade 90’an mengingat pada tahun-tahun itu banyak sekali perubahan-perubahan jenis musik mulai dari Rock, Pop hingga Metal sendiri. Dalam List 10 Band Metalcore Terbaik Dunia ini, saya akan membahas band-band hebat yang mempelopori genre Metalcore dan menyumbang banyak mahakaryanya kedalam subgenre ini yang membuat subgenre Metalcore sangat digemari khususnya ditelinga kalangan muda.



10. Burgerkill

Mungkin hanya saya yang menempatkan nama Burgerkill pada list band metalcore terbaik karena mungkin namanya yang masih Underrated atau belum dikenal dunia mengingat perkembangan musik cadas di negeri ini pun masih sangat kurang, namun secara kualitas musik-musik Burgerkill memang mampu disandingkan nama-nama band dunia disini dan Burgerkill punya gaya sendiri dalam menghadirkan musik Metalcore yang lebih Oldschool namun berkelas dunia dengan ciri khasnya sendiri, buktinya mereka berhasil merebut nama di salah satu nominasi acara metal dunia yang biasa kita kenal dengan “Metal as F*ck”. Itulah sebabnya meski banyak bermunculan band-band Metalcore saya gak akan melupakan nama Burgerkill sebagai band Metalcore favorit saya. meskipun juga mereka gak merilis lagi album hebat-hebat seperti bersama Ivan Scumbag, namun karyanya dalam Beyond Coma and Despair dan Berkarat gak pernah bisa dilupakan.


9. Bring me the Horizon

Pasti yang remajanya ditahun lalu (2012 atau 2014) kenal dengan Bring me the Horizon karena saat tahun-tahun itu atau mungkin sampai sekarang lagi booming-boomingnya Deathcore, loh tapi kenapa Bring me the Horizon masuk kedalam list ini ? karena beberapa lagu mereka masih tergolong musik Metalcore dan hal itu tergolong hebat juga ditambah kehadiran Oliver Sykes yang mengisi posisi vokal yang mempunyai karakter vokal atau scream yang mudah diterima kaum muda saat ini belum lagi penampilan-penampilan mereka termasuk style mereka yang mudah menarik hati untuk menyukai gaya bermusik mereka yang sering menggunakan drop dan distorsi yang kental.


8. Heaven Shall Burn

Diantara semua nama band disini, Heaven Shall Burn lah band Metalcore yang paling keras. Penggunaan distorsi yang bombastis bahkan terkadang over hingga distorsi gitar menutupi crash dari drum dan kadang gitarnya pun terdengar parau namun komposisinya begitu harmonis dan catchy bagi yang menyukai musik-musik yang berat di telinga dengan mid screamnya sang vokalis yang memiliki karakter scream yang dalam juga, bahkan karena saking kerasnya musik mereka terkadang Heaven Shall Burn disebut-sebut sebagai pengusung genre Extreme Metal.


7. August Burn Red

Dibanding memainkan nada rendah pada distorsi gitar, August Burn Red lebih menyukai penggunaan nada mid yang begitu melodis disetiap alunan lagunya menjadikan style tersendiri bagi August Burn Red, namun tak jarang juga ia menggunakan drop rendah yang biasanya diiringi oleh Growl. Mungkin banyak dari pembaca tau August Burn Red dari lagu yang berjudul Indonesia yang sangat catchy karena menyebutkan negara kita sendiri karena saya pun demikian :D Overall, saya suka dengan scream-nya yang terdengar sempurna di perpindahan nada antara dari growl ke mid-scream sampai ke high-scream dibeberapa lagu, komposisi musiknya pun sangat khas seperti yang saya sebutkan diatas.


6. Parkway Drive

Pertama kali kesan saya terhadap Parkway Drive adalah kematangan scream sang vokalis, Winston McCall yang menunjukan scream yang begitu berat dan rendah atau lebih tepatnya doi lebih suka nge-Growl dengan tensi yang tinggi yang membuat saya langsung mengagguminya. Jika soal musiknya, Parkway Drive sudah mempunyai warna tersendiri dalam jalur Metalcore yang selain Growlnya Winston McCall, Parkway Drive pun mempunyai Riff-riff gitar yang khas modern banget namun tetap dapat mengundang kepala kita untuk mengangguk saat distorsi dimainkan.

5. Bullet for my Valentine

Bullet for my Valentine adalah salah satu band yang mempelopori musik-musik metal modern dengan warna khas disetiap lagunya yang menampilkan clean vocal dan scream yang di kombinasikan bersama-sama menciptakan gaya bermusik sendiri untuk Bullet for my Valentine. Menariknya Bullet for my Valentine menghadirkan lagu Metalcore yang mudah dinikmati karena riffnya yang dibuat se-memorable mungkin serta tempo musik pun gak selalu monoton disetiap lagunya, gak salah jika Bullet for my Valentine memiliki salah satu fans terbanyak diantara yang lainnya karena mereka menciptakan lagu bukan hanya untuk dirasakan sensasi metalnya, namun bisa untuk dinikmati contohnya saja lagu Tears Don't Fall atau Your Betrayal.


4. Trivium

Jika kamu Metalhead yang lebih gemar nonton youtube, pasti udah gak asing lagi sama band ini terutama dengan gitaris sekaligus lead vocal dari Trivium karena pasalnya vokalis Trivium (saya lupa namanya) suka membuat lick-lick atau nge-Shred di youtube bersama Shredder youtube yang lainnya yang biasa disebut dengan Shred War. Karena Trivium memiliki seorang Shredder maka gak usah diragukan lagi tentang Riff-riff yang mereka tawarkan atau solo yang dimilikinya karena hal itu menjadikan lagu-lagu Trivium selalu lebih rumit. Ngomongin soal Trivium, lead vocal-nya selalu mengingatkan saya dengan Vicky vokalis Burgerkill yang baru, karena keduanya memiliki karakter dan suara scream yang sangat mirip.


3. Avenged Sevenfold

Avenged Sevenfold adalah band yang memperkenalkan genre Metalcore pada anak-anak muda saat tahun 2000an karena saat merilis 2 album pertama mereka, nama Avenged Sevenfold banyak digilai oleh masyarakat Amerika saat itu khususnya kalangan muda. Meski mereka telah bertransformasi genre yang lebih fokus pada genre Hard Rock dan gak lagi merilis album Metalcore, namun karya-karyanya dalam 2 album pertama mereka lebih tepatnya Sounding the Seventh Trumpet dan Waking the Fallen benar-benar tidak bisa diabaikan karena lagu-lagunya sungguh gila dan cerdas mengolah riff demi riff ataupun instrumen lainnya, dalam album tersebut juga saya berani menyebutkan bahwa diantara lagu-lagunya ada salah satu lagu Metalcore terbaik yang pernah ditulis.


2. Killswitch Engage

Bagi yang menyukai genre Metalcore pasti udah gak asing lagi sama Killswitch Engage, karena mereka sempat merajai musik Metalcore sedunia dengan lagu-lagunya yang gak sama sekali metal menye-menye diiringi dengan Riff yang berat dan scream yang terdengar Oldschool banget mirip-mirip Corey Taylor sedikit lah hanya ini versi Metalcorenya, terutama saya menyukai clean vocalnya yang nada barritone banget karena kedengarannya saya sudah bosan dengan gaya Metalcore dengan clean vocal yang tinggi. Jika ditanya apa yang bikin saya suka sama Killswitch Engage, saya jawab My Curse ! karena dalam lagu itu Killsitch Engage menunjukan kualitas musik metalcore mereka yang gak akan pernah diragukan lagi, menurut saya My Curse adalah salah satu contoh sempurna dari musik Metalcore.


1. As I Lay Dying

Pasti para Headbangers udah wajar dengan nama As I Lay Dying di daftar playlist mereka, Jika kamu punya band yang mengusung genre Metalcore, ambilah inspirasi dari As I Lay Dying karena bisa di cek dari Riff-riffnya yang selalu siap menghantam habis telinga kita sehingga setiap Riffnya akan mudah bersarang dikepala kita bahkan pada saat pertama kali mendengarnya, belum lagi mereka mempunyai salah satu screamer terbaik dunia. Alasan kuat saya menempatkan As I Lay Dying pada posisi pertama adalah begitu hebatnya mereka menyelaraskan Riff gitar dengan Scream yang selalu tampil hebat, kedua elemen itu adalah yang terkuat untuk menempatkan mereka di posisi yang terbaik karena bukan main Riff dan Scream nya pasti akan menhantam mu sekeras mungkin.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: